Select Page

Air Terjun Kedung Pedut Yogyakarta dibuka sebagai tempat wisata sejak Februari 2015. Dinamakan Kedung Pedut karena air terjun memiliki kedung atau kolam di bawahnya yang diselimuti kabut. Air yang mengalir ke kedung ini berasal dari mata air di Gunung Kelir yang terletak di antara Kabupaten Kulon Progo dan Purworejo.

Air Terjun Kedung Pedut Yogyakarta, Dari Tempat Mistis Menjadi Objek Wisata Hits

Sebelum dijadikan tempat wisata oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alam Menoreh Curug Kedung Pedut dan warga, tempat ini dibiarkan dan dianggap kawasan angker. Namun, sejak kedatangan mahasiswa KKN di dusun tersebut pada tahun 2013, Kedung Pedut menjadi ramai. Tersebarnya keindahan air terjun ini di media sosial membuat penasaran masyarakat, hingga banyak yang berkunjung ke sini.

air terjun Kedung Pedut yogyakarta

Selanjutnya warga setempat pun sepakat untuk mengelola kawasan ini menjadi tempat wisata. Keadaan kedung yang tidak terlalu dalam membuat tempat ini aman untuk bermain anak-anak, arus air juga tidak deras dan tidak memiliki pusaran air. Air Terjun Kedung Pedut Yogyakarta mempunyai beberapa riam dengan tinggi mencapai 15 meter.

Untuk mendukung kawasan ini menjadi tempat wisata, warga membangun jalan setapak sepanjang 500 meter dari tebing menuju tepi sungai untuk mempermudah akses menuju curug. Pemandangan di sepanjang jalan setapak ini dipenuhi tebing berlumut, pepohonan di satu sisi, dan jurang di sisi lainnya. Mereka juga membuat pegangan dan pengaman di sepanjang jalan ini untuk menjamin keamanan. Selain jalan setapak, dibangun juga jembatan yang melintang antara tubir satu dengan yang lain.

Fasilitas ini dibangun di atas 22 bidang tanah warga dusun. Sebagai gantinya, pemilik tanah mendapat bagi hasil setiap tiga bulan sekali. Modal pembangunan fasilitas didapat dari swadaya masyarakat didukung oleh praktisi pariwisata dan kelompok mahasiswa.

Keindahan Air Terjun Kedung Pedut

Keindahan Air Terjun Kedung Pedut Yogyakarta berupa lembah, hutan, dan air yang jatuh dari tebing nampak seperti lukisan. Tak sekadar mengamati, siapa pun yang datang ke tempat ini pasti langsung ingin mencicipi kesegaran airnya.

Dari jembatan, Anda dapat melihat air yang mencurah memenuhi kedung, cipratan air yang membuat efek kabut di atasnya, serta suasana kolam yang ramai. Batu-batu kapur sebesar kerbau yang tergolek di sungai yang menciptakan jeram dan semua objek di sekitarnya, sangat indah jika diabadikan dengan kamera.

air terjun Kedung Pedut yogyakarta

Ketika berada di kawasan ini, sebaiknya Anda memakai sandal gunung yang nyaman dan tahan air. Bebatuan kapur di tepi sungai agak tajam sehingga Anda harus memakai alas kaki ketika berjalan di kawasan tersebut. Jangan lupa membawa pakaian ganti jika Anda datang ke air terjun ini untuk bermain air atau berendam.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Objek wisata alam ini mempunyai fasilitas yang cukup lengkap seperti gardu pandang, toilet, kursi, jembatan bambu, dan pancuran buatan dari bambu. Area parkir yang tersedia juga cukup luas.

Untuk masuk ke dalam kawasan Air Terjun Kedung Pedut Yogyakarta, Anda perlu membayar retribusi sebesar Rp5.000 per orang untuk sekali kunjungan. Sedangkan parkir kendaraan, Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Warga dan Pokdarwis sebagai pengelola tempat wisata mengembangkan 7 buah warung makan yang menyediakan menu sederhana dengan harga terjangkau, tiga toilet bersih, tiga gazebo, dua buah gardu pandang, dan musala. Makanan yang dijual di sini diseragamkan, seperti mie instan goreng atau rebus Rp6.000, segelas kopi Rp3.000, dan air mineral isi 60 ml Rp3.000. Ada juga menu nasi kucing dan jajanan geblek khas Kulon Progo.

Lokasi dan Rute Perjalanan

Air terjun ini berlokasi di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Rute ke tempat wisata ini yaitu dari Tugu Jogja ke arah barat hingga perempatan Ringroad Barat Demak Ijo, kemudian lanjutkan ke arah Pasar Godean. Sampai di sana, teruskan perjalanan melewati jembatan Sungai Progo ke Perempatan Nanggulan, lalu menuju ke Pasar Kenteng.

Sampai di tanjakan Pegunungan Menoreh, Anda akan menemukan pertigaan, ambil arah kiri. Setelah sampai di pertigaan Grojogan Mudal, belok ke kiri hingga menemukan Air Terjun Kembang Soka. Melewati air terjun ini Anda akan menjumpai pertigaan yang terakhir, belok kiri dan di sanalah lokasi Air Terjun Kedung Pedut berada.

Berwisata ke Air Terjun Kedung Pedut Yogyakarta dengan sepeda motor sangat nyaman dan cepat sampai ke tujuan. Kegesitan kendaraan ini mampu menembus kemacetan dan melewati jalan-jalan sempit. Pilihlah tempat sewa motor yang menawarkan kendaraan dengan performa mumpuni dan model trendy seperti Jogja Rental Motor. Kami siap memberikan pelayanan memuaskan dengan harga bersahabat.