Select Page

Jika Anda rindu dengan suasana sejuk khas pegunungan, tempat wisata ini cocok untuk Anda. Jika Anda ingin wisata air yang seperti meremajakan kulit, tempat wisata ini juga cocok untuk Anda. Jika Anda ingin wisata yang memiliki nilai historis, tempat wisata ini bisa menjadi pilihan untuk Anda. Tempat wisata ini adalah Air Terjun Mudal Kulonprogo.

Seru dan Indahnya Berwisata di Air Terjun Mudal Kulonprogo

Air Terjun Mudal menarik untuk Anda kunjungi. Airnya yang jernih kebiruan akan membuat Anda betah berlama-lama melihat air terjun ini. Apalagi, suasana sekitar air terjun cukup tenang dan sejuk. Ini karena Air Terjun Mudal berada di kawasan Pegunungan Menoreh.

air terjun mudal kulonprogo

Aliran Air Terjun Mudal cukup deras pada musim penghujan. Debit airnya juga tidak akan habis pada musim kemarau. Hanya saja, jumlahnya sedikit berkurang. Tapi tentu, air terjun ini tetap mengalir sepanjang tahun. Inilah yang diam-diam membuat Air Terjun Mudal memiliki daya tarik tersendiri. Lalu daya tarik apalagi yang dimiliki oleh air terjun ini?

Tebing Batu Gunung Kelir

Air Terjun Mudal mengalir dari tebing yang cukup tinggi. Tebing ini tidak hanya eksotis, tetapi juga menyimpan nilai historis yang menarik. Secara fisik, tebing batu yang disebut dengan Tebing Batu Gunung Kelir ini mampu menghalau sinar matahari datang langsung di kawasan Air Terjun Mudal. Sehingga kawasan air terjun ini menjadi lebih sejuk lagi.

Lalu apa nilai historisnya? Tebing batu ini pernah menjadi media dakwah walisongo pada zamannya. Tebing batu ini menjadi tempat walisongo menggelar pewayangan dengan menyisipkan nilai-nilai keislaman yang halus dan mudah diterima oleh masyarakat.

Kolam Alami Air Terjun Mudal

air terjun mudal kulonprogo

Mandi di kolam mungkin sudah menjadi hal biasa. Tetapi tidak untuk mandi di kolam-kolam alami. Tempat wisata Air Terjun Mudal memiliki kolam-kolam alami yang akan memanjakan Anda. Biru dan jernih airnya tentu akan membuat Anda tidak ingin beranjak. Belum lagi dengan nuansa pegunungan dan suara kera dari kejauhan. Semua itu memberi nuansa tenang yang menentramkan.

Berkemah di Kawasan Air Terjun Mudal Kulonprogo

Kawasan Air Terjun Mudal Kulonprogo ini sudah dikembangkan menjadi tempat berkemah yang cocok. Lokasinya berada di dekat air terjun. Jadi, Anda bisa berlama-lama menikmati keindahan Air Terjun Mudal. Bahkan saat hari beranjak malam dan Anda bersiap untuk tidur. Tentu saja ini menjadi liburan yang menyenangkan.

Harga Tiket dan Fasilitas

Air Terjun Mudal sudah memiliki fasilitas yang layak untuk sebuah tempat wisata. Anda ingin membilas badan setelah mandi di air terjun, kamar mandi sudah tersedia di tempat wisata ini. Tetapi, karena jumlahnya masih terbatas, mungkin Anda harus sedikit mengantre jika pengunjung sedang membludak.

Anda yang tidak ingin repot membawa bekal dari rumah, akan sangat terbantu dengan adanya penjual makanan. Tidak sulit Anda menemukannya. Harganya pun sangat bersahabat. Jadi, berlibur di Air Terjun Mudal bisa menjadi rekomendasi yang menarik untuk Anda.

Lalu, berapa harga tiket masuknya? Harga tiket masuk Air Terjun Mudal hanya Rp6.000 perorang. Harga itu akan belum termasuk retribusi parkir kendaraan. Setiap satu sepeda motor ditarik retribusi sebesar Rp2.000. Sedang untuk parkir mobil, retribusi yang ditarik sebesar Rp3.000. Air Terjun Mudal buka mulai pukul 8.00 hingga pukul 15.00.

Rute Menuju Air Terjun Mudal

Secara alamat, Air Terjun Mudal Kulonprogo terletak di Dusun Banyunganti, Jatimulyo, girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Jika Anda berada di Pusat Kota Yogyakarta, Anda bisa Jalan menuju air terjun Mudal cukup mudah. Dari Jogja, Anda bisa menuju Kulonprogo lewat Jalan Godean. Jalan Godean akan mengantar Anda masuk wilayah Kabupaten Kulonprogo.

Setelah melewati Jembatan Sungai Progo, silakan pacu kendaraan dan mengikuti petunjuk arah ke Goa Kiskendo. Sampai di pertigaan menuju goa, baru lah Anda mengambil arah lurus dan mengikuti papan petunjuk ke Air Terjun Mudal Kulonprogo.

Membaca rute tersebut mungkin cukup membuat Anda memikirkan kendaraan yang cocok untuk Anda digunakan. Sebab, bagaimana pun membawa kendaraan sendiri lebih efisien daripada mencari-cari kendaraan umum menuju ke sana. Anda akan lebih hemat waktu dan mengatur jadwal wisata anda dengan nyaman. Selain itu, jangan lupa untuk mampir sekalian ke Taman Pintar Yogyakarta.

Karena itu, silakan anda PM kami. Kami adalah penyedia jasa rental motor yang bisa Anda andalkan. Dengan senang hati kami akan membantu Anda menyediakan kendaraan yang Anda butuhkan menuju Air Terjun Mudal Kulonprogo. Anda cukup order melalui kontak kami, Jogja Rental Motor. Dan kami akan mengantar kendaraan yang Anda inginkan. Mudah, bukan?