Select Page

Mencari sebuah rileksasi dan ingin melepaskan stress pada liburan kali ini. Anda dapat mencoba mendengarkan suara jatuhnya air yang bergemuruh, diiringi suara hewan, serta pemandangan hijau. Benar-benar perpaduan yang pas untuk menendang stress seketika. Perpaduan tersebut dapat ditemui di Air Terjun Sri Gethuk Jogja. Bahkan suara gemuruhnya teramat dasyat karena ada tiga air terjun yang berdampingan di sini.

Serunya Berwisata Alam di Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Lokasinya juga cukup dekat dari pusat kota, menjadikan objek wisata Jogja satu ini sering disinggahi para wisatawan. Pastilah, Anda ingin mengetahui bocoran, apa saja kegiatan yang dapat dilakukan di sini, bukan? Berikut ini ulasannya.

Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Menyusuri Aliran Air Menggunakan Rakit

Untuk sampai ke lokasi air terjun, ada cara yang unik dibandingkan jalan kaki, yaitu naik rakit. Tentu Anda harus siap basah menantang deburan air sungai ketika memilih menuju lokasi dengan cara ini. Anda akan diajak untuk menyusuri Sungai Oya yang sangat jernih sampai-sampai bebatuan di bawahnya serta ikan-ikannya terlihat dari permukaan. Airnya juga bersih dan sangat segar. Anda bisa meminta nakoda melambat laju rakit ataupun mempercepatnya. Wah, seru dan pengalaman tak terlupan pasti!

Menantang Adrenalin dengan Lompat dari Atas Tebing

Berenang saja pastilah membosankan. Di air terjun ini memiliki kolam yang dalam, jadi cocok sekali untuk tempat mendarat ketika melakukan lompatan dari atas pinggir tebing.

Memanjat Tebing di Antara Derasan Air Terjun

Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Ingin lebih menantang adrenalin, cobalah untuk memanjat tebing di mana air terjun jatuh. Terdapat untaian tali yang dapat membantu Anda untuk naik ke atas. Gunakan pelampung untuk menjamin keselamatan. Dan tentu kehati-hatian sangat perlu agar tidak tergelincir. Tinggi tebing tersebut sekitar 5 meter yang tentu saja mudah bagi para profesional, tetapi tetap saja perlu dijajal.

Lokasi dan Rute ke Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Lokasi air terjun indah ini berada di Jalan Air Terjun Sri Gethuk, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Menuju lokasi tersebut dapat ditempuh dengan mudah dan cepat menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil, bus, atau motor. Kira-kira jarak yang akan ditempuh sekitar 35,1 kilometer saja dari Malioboro. Dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 14 menit. Waktu dan jarak yang tidak terlalu jauh untuk menemukan cuilan surga yang tersembunyi, bukan?

Untuk lebih mudah sampai di lokasi tersebut, Anda dapat menggunakan rute berikut ini dari Malioboro. Berjalanlah ke arah selatan menuju Jalan Brigjen Katamso. Setelah itu, lanjutkan menuju Jalan Nasional III. Setengah kilometer berikutnya, akan ada perempatan, beloklah ke kanan menuju Jalan Imogiri Timur. Kemudian lanjutkan perjalanan ke Jalan PleretĀ  hingga Pathuk, lalu ke Dlingo. Anda akan menemukan papan petunjuk menuju Jalan Air Terjun Sri Gethuk. Sampailah di tujuan.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Menikmati kesejukan Air Terjun Sri Gethuk tidak perlu ditebus dengan harga yang mahal. Hanya membayar tiket masuk seharga Rp10.000 per orang, baik dewasa maupun anak-anak. Tiket tersebut juga termasuk tiket masuk ke Gua Rencangkencono yang tidak boleh dilewatkan untuk disinggahi. Selain itu, jam bukanya yang setiap hariĀ  dimulai pukul 08.00 sampai 17.00 tersebut tentu membuat Anda lebih puas menikmati apa saja yang tersaji di wisata penuh daya pikat ini.

Fasilitas di Air Terjun Sri Gethuk cukup lengkap. Fasilitas sederhana seperti toilet, warung makan, dan tempat parkir sudah tersedia. Masih ada fasilitas pendukung lainnya, yaitu rakit dengan harga sewa pulang-pergi Rp10.000 per orang saja. Terdapat juga tambahan pengaman yaitu pelampung dengan sewa Rp5.000 per orang.

Dengan daya pikat teramat kuat dari Air Terjun Sri Gethuk Jogja, masihkah Anda menolak untuk datang dan berlibur? Ah, pastilah jawaban tidak, bukan? Nah, agar perjalanan lancar, Anda perlu menggunakan kendaraan yang prima. Namun, jika ingin menyewa kendaraan di Jogja lebih baik di jasa yang terpercaya. Seperti jasa sewa kendaraan dengan harga terjangkau, respon cepat, dan tentu kendaraan yang terjamin prima. Tak perlu bingung mencarinya, cukup hubungi kami di Jogja Rental Motor.