Select Page

Arung jeram menarik untuk dilakukan sebagai pengisi liburan akhir pekan. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan tujuan sekadar refreshing, olahraga, maupun mempererat hubungan dengan sahabat atau saudara. Aktivitas ini boleh dilakukan mulai dari peringkat pemula sampai mahir. Untuk Anda yang sudah mahir kami rekomendasikan arung jeram Sungai Progo Atas. Tingkat kesulitan rafting di sungai ini hanya setingkat di atas Sungai Elo.

Serunya Arung Jeram Sungai Progo Atas

Kondisi jeram di sungai ini lebih menantang karena jeramnya lebih banyak daripada air yang mengalir tenang. Minimal usia yang diperbolehkan melakukan arung jeram Sungai Progo Atas ini adalah sepuluh tahun.

Sungai Progo Atas mempunyai hulu yang berada di Kabupaten Temanggung. Pada musim kemarau, aktivitas arung jeram di sungai ini tidak dapat dilakukan. Banyaknya batu-batu besar yang timbul di permukaan membuat sungai tak dapat dilalui oleh perahu karet. Berbeda dengan Sungai Elo yang dapat diarungi sepanjang tahun tanpa melihat musim.

arung jeram Sungai Progo Atas

Rute Menuju Lokasi

Dari Yogyakarta, lokasi arung jeram Sungai Progo Atas yang berada di Magelang, Jawa Tengah bisa dicapai dalam waktu sekitar satu jam perjalanan dengan berkendara. Aliran sungai ini cukup dekat dengan tempat wisata Candi Borobudur dan Taman Kyai Langgeng.

Kegiatan arung jeram Sungai Progo Atas sudah melalui uji kelayakan lewat berbagai standar dan prosedur yang ditetapkan, sehingga aktivitas ini aman bagi wisatawan. Meski aman bagi pemula, sebaiknya Anda berlatih dahulu di Sungai Elo sebelum mencoba tantangan di sungai ini.

Tingkat Kesulitan Arung Jeram Sungai Progo Atas

Tingkat kesulitan arung jeram di sini berada di peringkat III-IV. Untuk kelas III kondisi medan memerlukan keahlian mendayung. Di kelas ini gelombang kecil, rintangan berupa batu besar, dan terjunan hingga setinggi 4 meter. Untuk mengikuti kelas ini, peserta pemula harus didampingi pemandu.

Sementara itu untuk kelas IV, terdapat arus dan gelombang sedang. Batu besar cukup banyak dan terjunan mencapai tinggi hingga 6 meter. Di kelas ini, Anda harus mempunyai keahlian manuver yang mumpuni, untuk pemula tentu saja harus dengan pendampingan guide.

Harga Paket Rafting Sungai Progo Atas

Salah satu operator yang melayani rafting di Sungai Progo Atas adalah Kompas Adventure. Mereka menawarkan paket hemat dan paket umum untuk mencoba beraksi dengan perahu karet di sungai tersebut.

Untuk paket hemat, Anda bisa mengarungi sungai sejauh 8 kilometer dengan durasi 2 jam. Mereka mematok tarif Rp600.000 per perahu. Biaya ini meliputi asuransi dari Bumi Putra, transportasi lokal, retribusi lokasi, pemandu sungai, P3K, perlengkapan seperti perahu, pelampung, helm, dan dayung, serta makanan ringan tradisional dan kelapa muda.

Sementara untuk paket umum, tarif yang dikenakan yaitu Rp750.000 per perahu. Fasilitas yang diberikan sama dengan paket hemat, bedanya Anda akan mendapat tambahan makan prasmanan dan sertifikat. Ada juga paket lain dengan biaya Rp550.000 per perahu tanpa makan dan sertifikat. Kapasitas perahu yaitu 6 orang peserta dengan seorang pemandu (7 orang).

Jalannya Kegiatan Arung Jeram

Durasi melakukan arung jeram Sungai Progo Atas ini kurang lebih dua jam. Rute rafting dimulai dari kawasan perumahan di Tuk Songo, Kota Magelang. Kemudian berakhir di Pasar Babrik, Kecamatan Tempuran, Magelang.

arung jeram Sungai Progo Atas

Operator arung jeram Sungai Progo Atas akan memberikan pengarahan di titik pertemuan kepada peserta terkait persiapan melakukan kegiatan ini. Selanjutnya peserta dibawa ke starting point dengan transportasi lokal yang disediakan. Sampai di sana, pemandu arung jeram akan memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai pengenalan atribut. Mereka juga akan mengajarkan posisi duduk di atas perahu dan teknik penyelamatan apabila perahu terbalik.

Arung jeram Sungai Progo Atas dibagi menjadi dua bagian. Sesi pertama peserta menempuh separuh jarak dan beristirahat selama 15 menit lalu dilanjutkan kembali sampai titik finish.

Berkendara ke lokasi arung jeram Sungai Progo Atas dari Yogyakarta sangat nyaman dan mudah. Apabila Anda memerlukan kendaraan untuk menuju ke sana sekaligus berkeliling kawasan Yogyakarta dan sekitarnya, jangan ragu menggunakan jasa kami. Hubungi Jogja Rental Motor untuk mendapatkan layanan sewa kendaraan yang memuaskan dengan harga bersahabat.