Select Page

Salah satu candi terkenal di Dunia yang selalu ramai wisatawan dari waktu ke waktu adalah Candi Borobudur Magelang. Candi ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi mengenai sejarah maupun keindahannya. Candi peninggalan Budha ini telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan. Betuk bangunanya yang artistik dengan ukiran-ukirannya membuat wisatawan merasa tertarik untuk mengetahui sejarah dibalik terbangunnya candi ini.

Sejarah Panjang Candi Borobudur Magelang

Candi Borobudur berdiri pada masa Dinasti Syailendra sekitar tahun 750 Masehi atau abad ke-7 yang dibangun oleh Raja Samaratungga. Arsitektur bangunan candi yang menawan ini didesain oleh seorang arsitek bernama Gunadharma yang memakan watu selama 75 tahun. Namun sampai sekarang belum diketahui secara jelas sejarah penamaan Candi Borobudur. Tidak ada satu pun kitab atau buku yang menjelaskan secara jelas mengenai sejarah beririnya candi tersebut.

Ada pula yang berpendapat bahwa nama Borobudur diambil dari samara budhara yang berarti sebuah gunung yang memiliki teras.  Ada juga tulisan yang menyebutkan bahwa kata borobudur pertama kali disebutkan oleh Thomas Sir Thomas Stamford Raffles dalam bukunya. Dari situlah para ahli sejarah menyimpulkan bahwa Borobudur diambil dari kata bone dan budur.

Candi Borobudur Magelang

Candi Borobudur Magelang memiliki tiga zona utama diantaranya Kamandhatu, Ruphadathu dan Arupadhatu. Dahulu, candi ini dijadikan sebagai tempat ibadah namun semenjak agama Islam muncul pada abad ke-13 Candi Borobudur pun lambat laun ditinggalkan. Lalu, keseruan apa yang bisa dinikmati di Candi Borobudur? Berikut ulasan singkatnya.

Berkeliling Menyaksikan Kemegahan Arsitektur Candi

Aktivitas yang cukup menarik yaitu berkeliling setiap sudut candi untuk menyaksikan kemegahan bangunan candi. Sambil berkeliling, wisatawan sekaligus bisa mempelajari sejarah dan budaya candi. Setiap relief di candi ini menceritakan sebuah kisah menarik yang bisa menambah wawasan wisatawan. Untuk mempermudah memahami relief alangkah baiknya Anda menggunakan jasa pemandu.

Bersepeda Mengelilingi Kompleks Candi

Di sekitar Candi Borobudur Magelang terdapat sebuah taman hijau yang luas. Di sini wisatawan bisa menyewa sepeda untuk berkeliling sambil menikmati bangunan candi yang gagah dari bawah. Ada juga kereta kelinci yang bisa disewa oleh wisatawan yang membawa anak kecil.

Menikmati Keseruan Menunggang Gajah Di Borobudur

Hal yag tidak kalah seru yaitu merasakan sensasi menunggang gajah di area Candi Borobudur. Dengan menunggang gajah, wisatawan akan diajak berkeliling menyusuri area pedesaan, sungai dan sawah sambil menikmati udara segar dan pemandangannya yang asri. Agar bisa menikmati sensasi berbeda ini, Anda bisa menjajalnya di Safari Gajah Borobudur.

Menyaksikan Sunrise dan Sunset Di Balik Bangunan Candi

Candi Borobudur Magelang

Wisatawan pun bisa melihat matahari terbit dan terbenam di balik Candi Borobudur Magelang. Cahaya matahari yang menguning meninggalkan bekas semburat pada dinding-dinding relief candi. Sehingga membuatnya terlihat lebih indah dan eksotis. Untuk mengabadikan momen ini, jangan lupa untuk membawa kamera dan memotretnya.

Lokasi dan Rute Candi Borobudur

Lokasi Candi Borobudur sering disalah pahami. Banyak yang mengira Candi Borobudur ada di Jogja. Padahal, Candi Borobudur terletak di Jalan Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Akses menuju objek wisata ini tergolong mudah, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi berupa motor atau mobil. Untuk kendaraan umum mungkin Anda bisa naik bis dari Terminal Giwangan Yogyakarta. Apabila Anda datang dari pusat Kota Jogja gunakanlah rute Jalan Jogja ke arah Terminal Jombor.

Jam Buka, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Candi Borobudur Magelang terbuka untuk umum setiap hari pada pukul 06.00 sampai 17.00 WIB. Untuk menikmati keindahan dan fasilitas candi, wisatawan lokal akan dikenakan tarif masuk Rp12.000 perorang untuk anak-anak dan Rp30.000 perorang untuk dewasa. Sementara wisatawan mancanegara dikenakan tarif USD 10$ untuk anak-anak dan USD 20$ untuk dewasa.

Adapun fasilitas yang tersedia di Candi Borobudur Magelang sudah cukup memadai. Diantaranya pusat informasi, tempat parkir yang luas, toilet, mushola, tempat makan, dan lain sebagainya.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai objek wisata Candi Borobudur Magelang, semoga informasi di atas dapat membantu mempersiapkan liburan Anda di objek wisata tersebut. Bagi Anda yang berminat untuk mengunjungi Candi Borobudur tetapi terhalang kendaraan. Layanan Jogja Rental Motor milik kami siap melayani perjalanan liburan Anda selama di Jogja. Untuk informasi lebih lajut silahkan kunjungi halaman website kami.