Select Page

Yogyakarta menyimpan berbagai macam peninggalan candi yang patut untuk dikunjungi satu persatu. Namun, ada beberapa candi yang memang jarang tersentuh oleh wisatawan. Salah satunya yaitu Candi Gebang Jogja yang berada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi Gebang merupakan sebuah candi peninggalan Budha yang ditemukan oleh warga sekitar pada tahun 1936.

Pada waktu itu ada seorang penduduk yang kebetulan sedang mencangkul tanah tidak sengaja menemukan sebuah Arca Ganesha. Barulah pada tahun 1937, bangunan Candi Gebang ini dipugar oleh seorang Profesor yang bernama F.R. Vant Romondt. Sementara itu, secara administratif pembangunan Candi Gebang sendiri dilakukan pada abad ke-8 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno.

Mengenal Lebih Dalam Bangunan dan Keindahan Candi Gebang Jogja

Keunikan bangunan Candi ini terlihat dari tidak adanya tangga seperti umumnya candi-candi lain di Yogyakarta. Ketidak adaan tangga tersebut diartikan bahwa sang pembangun candi yang bernama Wangsa Sanjaya memang tidak menginginkan candi ini untuk dimasuki. Atau jika pun ingin masuk dan melihat dewa harus menggunakan tangga yang terbuat dari kayu atau bambu.

Candi Gebang Jogja

Sebenarnya, apa sajakah keseruan yang bisa dinikmati wisatawan di Candi Gebang Jogja? Simak ulasan singkatnya berikut ini.

Menikmati Keindahan Alami Candi Gebang

Sebagaimana kita tahu, Candi Gebang merupakan sebuah objek wisata yang masih jarang dilirik oleh wisatawan. Hal tersebut membuat keindahan candi dan sekitarnya masih nampak alami dan sepi. Bagi wisatawan yang ingin menikmati susana tenang dengan panorama alam serta candinya yang indah. Objek wisata Candi Gebang ini bisa menjadi pilihan yang tepat menghabiskan liburan panjang maupun akhir pekan.

Bermain di Taman Sekitar Candi

Nah, bagi wisatawan yang membawa anak kecil tidak perlu khawatir. Sekitar kawasan Candi Gebang terdapat sebuah taman yang cukup luas dan bisa digunakan wisatawan untuk bersantai sambil menggelar tikar. Anak-anak pun bisa bermain dengan leluasa di taman tersebut, dan pastikan Anda tetap memantau kegiatannya demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Spot Foto Terbaik Berlatar Bangunan Candi

Candi Gebang Jogja

Bagi wisatawan yang gemar fotografi, Candi Gebang Jogja ini juga cocok untuk dijadikan spot foto keren. Bangunan candi yang masih kokoh serta pemandangan dan udaranya yang sejuk serta suasananya yang masih sepi memberikan ruang gerak bebas untuk berfoto. Nah, untuk mengambil foto di Candi Gebang, usahakan untuk datang di waktu pagi atau siang hari.

Lokasi dan Rute Candi Gebang Jogja

Candi Gebang berada di dekat Stadion Maguwoharjo dan Embung Tambak Boyo. Lebih tepatnya berada di Kabupaten Sleman, Dusun Gebang, Kelurahan Widomartani, Ngemplak, Yogyakarta. Akses menuju lokasi wisata memang masih cukup sulit karena terletak di daerah yang cukup terpencil, jauh dari pemukiman warga. Namun, untuk jalannya sendiri sudah cukup bagus dan bisa dilalui oleh motor maupun mobil.

Untuk menuju lokasi wisata, Anda bisa melalui Jalan Affandi atau biasa dikenal dengan perempatan Ringroad Jalan Gejayan. Demi kenyamanan perjalanan, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau memanfaatkan jasa rental karena belum ada transportasi umum menuju objek wisata ini.

Jam Buka, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Candi Gebang terbuka untuk umum setiap hari pada pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Agar dapat menyusuri objek wisata Candi Gebang Jogja baik wisatawan lokal maupun mancanegara akan dikenakan tarif Rp5.000 saja. Dengan harga semurah itu, para wisatawan sudah bisa menyusuri candi, berfoto dan bersantai sepuasnya.

Sementara itu, fasilitas yang ada di Candi Gebang ini memang belum cukup memadai. Namun sudah ada tempat parkir yang cukup luas dan nyaman. Saat berkunjung ke objek wisata ini pastikan untuk tetap berlaku sopan, menjaga kebersihan dan mematuhi semua peraturan yang ada di objek wisata tersebut.

Itulah sedikit ulasan mengenai Candi Gebang Jogja. Semoga informasi ini dapat membantu Anda jika ingin berkunjung ke lokasi wisata tersebut. Nah, bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Candi Gebang tetapi terkendala masalah kendaraan. Kami punya solusinya, manfaatkanlah layanan milik kami, Jogja Rental Motor. Kami siap mengantarkan motor ke lokasi Anda menginap. Sehingga Anda tidak perlu repot lagi.