Select Page

Saat berkunjung ke Jogja, tidaklah sempurna jika belum mengunjungi berbagai macam wisata sejarah. Wujudnya adalah objek wisata candi di beberapa sudut Kota Jogja. Salah satu candi yang memiliki keindahan namun jarang dilirik yaitu Candi Ijo Jogja. Candi Ijo merupakan salah satu peninggalan Hindu yang masih berdiri kokoh. Sayang namanya kalah pamor dengan candi-candi lain di Kota Yogyakarta.

Sejarah dan Pesona Candi Ijo Jogja

Candi yang berdiri sejak abad ke-9 ini terletak di ketinggian 357 sampai 395 mdpl (di atas permukaan laut). Letak ketinggian candi inilah yang membuat Candi Ijo digadang-gadang sebagai candi tertinggi di Yogyakarta. Penamaan Candi Ijo sendiri bermula dari letak candi yang berada di Bukit Hijau atau dalam bahasa lainnya disebut Gumuk Ijo.

Candi Ijo Jogja

Candi Ijo merupakan bangunan berunduk dengan 11 teras, semakin ke belakang maka candi akan semakin tinggi. Letaknya yang berada di kawasan perbukitan membuat panorama sekitar candi pun terlihat begitu indah dan menakjubkan. Teras pertama merupakan bagunan paling pendek diantara teras lainnya. Lalu apa saja keseruan yang bisa dinikmati wisatawan saat berkunjung ke Candi Ijo Jogja? Berikut ini ulasan singkatnya.

Menguak Misteri Tersembunyi Teras Candi Ijo

Di Candi Ijo Jogja ini berkembang mitos bahwa di teras ke-9 terdapat sebuah misteri kutukan yang belum terpecahkan. Kutukan tersebut terdapat di prasasti yang bertuliskan Guywan atau Bhuyutan. Adapun di prasasti lain terdapat sebuah tulisan “Om Sarwwawinasa, Sarwwawinasa” yang dianggap sebagai kutukan dan diulang sebanyak 16 kali. Namun arti dari tulisan tersebut belum terpecahkan sampai saat ini.

Menikmati Panorama Sunset Romantis Di balik Megahnya Bagunan Candi

Bagi penyuka senja dengan keindahan sunsetnya yang menawan. Alangkah baiknya berkunjung ke objek wisata ini di sore hari. Saat sore, mata wisatawan akan ditakjubkan oleh keindahan cahaya matahari tebenam yang menyinari bangunan candi. Hal tersebut memberikan warna siluet megah yang tidak akan terlupakan.

Candi Ijo Jogja

Selain sunset, dari teras ke-11 candi wisatawan juga bisa melihat pemandangan Kota Yogyakarta dengan sangat indah. Apabila beruntung, wisatawan juga bisa melihat saat pesawat landing maupun take off. Pemandangan yang tidak akan pernah didapatkan di objek wisata candi lainnya.

Spot Foto Terbaik Berlatar Bangunan Candi yang Gagah

Aktivitas yang tentunya tidak boleh terlewatkan yaitu mengambil foto di objek wisata ini. Bangunan candi yang gagah berdiri di atas bukit ditambah pemandangan alam Yogyakarta yang indah menjadi latar apik untuk hasil foto yang menawan. Jadi, pastikan Anda membawa kamera dan alat fotografi yang memadai, untuk hasil foto yang menakjubkan.

Lokasi dan Rute Candi Ijo Jogja

Candi Ijo berada di Kabupaten Sleman sama dengan objek wisata Tebing Breksi. Hanya saja Candi Ijo terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Akses menuju lokasi wisata tidaklah terlalu sulit tetapi tetap saja membutuhkan tenaga ekstra. Karena harus menempuh waktu perjalanan selama 1,5 jam dari arah pusat Kota Yogyakarta.

Rute termudah menuju lokasi wisata ini yaitu melalui Jalan Solo arah Candi Prambanan. Dari Candi Prambanan, Anda harus melewati Pasar Prambanan terlebih dahulu. Dari Pasar Prambanan Anda masih harus menempuh jarak cukup jauh sekitar 7 km lagi untuk sampai lokasi wisata. Namun tidak usah khawatir, karena sudah terdapat penunjuk jalan sehingga memudahkan para wisatawan untuk menuju Candi Ijo Jogja.

Jam Buka, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Candi Ijo dibuka untuk umum setiap hari pada pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Dan untuk menikmati keindahan candi, para wisatawan  lokal maupun asing tidak dibebankan biaya tiket masuk alias gratis. Hanya saja para pengunjung candi tetap harus mengisi daftar tamu di pos keamanan. Lalu untuk parkirnya sendiri dibebankan tarif Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat.

Adapun fasilitas yang dimiliki Candi Ijo sudah cukup memadai, di antaranya terdapat toilet dan tempat parkir yang luas. Selain itu objek wisata ini juga dekat dengan fasilitas umum lain seperti bandara dan hotel.

Sebelum berkunjung ke Candi Ijo pastikan cuaca dalam keadaan cerah untuk mendapatkan panorama yang indah. Apabila Anda berasal dari luar Kota, usahakan untuk mempelajari rute perjalanan dan mempersiapkan kendaraan dengan baik.

Demikianlah ulasan seputar  Candi Ijo Jogja, semoga dapat membantu perjalanan liburan Anda menuju objek wisata tersebut. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Candi Ijo namun terkendala kendaraan, kami punya solusinya, layanan Jogja Rental Motor siap melayani perjalanan liburan Anda selama di Jogja. Kunjungi halaman kami untuk mendapat informasi terkini.