Select Page

Candi Sambisari Yogyakarta ditemukan oleh seorang petani yang sedang mencangkul di sawah miliknya. Keberadaan candi disadari ketika cangkulnya menghantam benda keras yang setelah diamati ternyata batu dengan pahatan pada permukaannya. Setelah dilakukan penelitian oleh Balai Arkeologi Yogyakarta, pada tahun 1966 ditetapkan bahwa lahan tersebut menyimpan candi yang terpendam karena letusan Gunung Merapi di tahun 1906. Pemugaran dan rekonstruksi pun dilakukan sampai tahun 1987.

Mengenal Lebih Dalam Candi Sambisari Yogyakarta

Candi ini merupakan peninggalan penganut Hindu beraliran Syiwa dari abad ke-9. Candi ini dibina oleh, Raja Mataram Hindu dari Dinasti Syailendra yaitu Rakai Garung. Posisi candi berada di kedalaman 6,5 meter sehingga tidak tampak dari kawasan sekitarnya. Menurut penelitian, dahulu tanah di sekelilingnya tidak lebih tinggi dari tempat candi berada. Namun timbunan material dari letusan gunung membuat tanah di sekitarnya menjadi lebih tinggi.

Sekarang lahan di sekitar Candi Sambisari Yogyakarta telah diubah menjadi lapangan persegi dengan tangga pada keempat sisinya, juga dibangun taman yang indah di sekitar candi. Kompleks candi dengan taman di sekitar yang asri memberikan keindahan yang sempurna sebagai latar foto. Keelokan tempat ini semakin menyerlah ketika senja tiba.

Mengamati Keindahan Arsitektur dan Keasrian Taman Candi Sambisari

Candi Sambisari Yogyakarta dikelilingi oleh pagar batu setinggi 2 meter dengan tebal sekitar 50 cm. Pada setiap sisi candi terdapat pintu masuk yang tidak dilengkapi gapura. Anda bisa menyaksikan sebuah candi utama dan tiga candi perwara di kompleks ini. Candi utama kondisinya masih utuh sedangkan candi perwara hanya tinggal reruntuhan. Setiap candi perwara memiliki dasar seluas kira-kira 5 meter persegi.

Candi utama mempunyai ketinggian 7,5 meter. Sementara bagian dasarnya mempunyai luas hampir 14 meter persegi dengan tinggi 2 meter. Tubuh candi berukuran lebih kecil dengan luas dasar 5 meter persegi. Sehingga di sekelilingnya terbentuk selasar yang mempunyai langkan setinggi 1,2 meter. Tubuh candi tidak terlihat dari luar karena langkan yang tinggi tersebut.

Candi Sambisari yogyakarta

Pada kaki tidak terdapat hiasan, tetapi di bagian luar langkan terdapat relief bermotif bunga dengan sulur-sulur yang terlihat halus. Di depan pintu di sisi barat ada tangga yang berhias pahatan dua kepala naga dengan mulut menganga menuju selasar. Batu di bawah kepala naga dihiasi pahatan Gana yaitu makhluk kecil pengiring Syiwa yang berjongkok dengan tangan terangkat ke atas.

Pada puncak tangga tersebut terdapat gerbang paduraksa dengan bingkai berhias pahatan. Kaki bingkai pula dihiasi dengan relief kepala naga bermulut menganga yang menghadap ke luar. Hiasan ini juga ada di pintu masuk menuju ruangan dalam. Sementara di ambang pintu terdapat Kala Makara tanpa rahang bawah.

Semua dinding luar tubuh candi ini mempunyai relung dengan arca di dalamnya. Sisi selatan diisi arca Agastya, sisi timur berisi arca Ganesha, dan sisi utara berisi arca Durga Mahisasuramardini.

Candi Sambisari yogyakarta

Di tengah ruangan candi utama terdapat lingga dan yoni. Lingga terbuat dari batu berwarna putih, sementara yoni dari batu hitam yang keras dan mengkilap.

Selain bangunan candi dan taman di sekelilingnya, tempat wisata Candi Sambisari Yogyakarta juga mempunyai museum mini. Museum ini menyimpan informasi sejarah penemuan sampai proses restorasi candi. Di dalam museum dipamerkan arca, batuan, dan foto area candi sebelum penggalian hingga rekonstruksi yang berjalan puluhan tahun.

Cara Menuju ke Lokasi Candi Sambisari

Candi Sambisari Yogyakarta berlokasi di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jarak dari pusat kota Yogyakarta sekitar 15 kilometer ke arah timur laut.

Perjalanan menuju Candi Sambisari dapat ditempuh dengan berkendara ke arah Solo melewati Jalan Raya Jogja – Solo. Sampai di pertigaan dengan tanda Gedung Balai Diklat Keuangan Yogyakarta, belok kiri menuju ke utara. Sekitar 10 menit Anda akan menjumpai lokasi yang berada di pemukiman warga.

Itulah informasi mengenai Candi Sambisari Yogyakarta. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengunjungi tempat wisata lain yang berdekatan dengan lokasi seperti Candi Sari dan Jogja Bay Waterpark. Namun, jangan khawatir kalau Anda tidak membawa kendaraan. Kami menyediakan beragam pilihan kendaraan untuk disewa. Hubungi Jogja Rental Motor untuk mendapatkan layanan terbaik dengan harga terjangkau dari kami.