Select Page

Desa Wisata Gerabah Kasongan merupakan destinasi populer yang menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain melepaskan penat dari rutinitas kota dengan kesejukan dan kenyamanan khas pedesaan, desa ini juga merupakan sentra pembuatan karya-karya seni yang begitu mendunia dari tahan liat. Kerajinan tersebut biasa disebut gerabah. Gerabah Kasongan biasa berbentuk guci, pot, hiasan dinding dengan ciri khas yang cantik.

Kalau di Kotagede Anda bisa belanja oleh-oleh perhiasan perak, maka di sini Anda bisa memperoleh buah tangan berupa kerajinan dari tanah liat. Untuk lebih lengkapnya, mengenai keistimewaan dari Desa Wisata Gerabah Kasongan. Berikut ulasannya untuk Anda.

Desa Wisata Gerabah Kasongan, Desanya Pengrajin Tanah Liat

Nama ahli kerajinan dari tahan liat biasa disebut kundi, kadang disebut juga gundi atau buyung. Mereka memiliki tangan yang begitu terampil menyulap tanah liat yang tak berbentuk menjadi kerajinan yang begitu indah dan bernilai jual tinggi. Mereka pandai sekali membuat kendi, kuali, guci, buyung, hiasan rumah, serta alat-alat dapur dengan berbagai bentuk dan motif yang patut dianjungi dua jempol.

Yang paling menyenangkannya para kundi sangatlah ramah dan siap untuk menerangkan sejarah ataupun filosofi mengenai hasil karya mereka.

Deretan Rumah-Rumah Galeri dengan Karya-Karya Seni Bernilai Tinggi

Sebagai tempat tinggal para pengrajin gerabah, tentu saja Anda akan menemukan deretan rumah-rumah geleri. Anda dapat masuk dengan gratis dan melihat-lihat berbagai kerajinan yang memiliki nilai seni yang tinggi. dari mulai gerabah, guci, pot bunga, miniatur trasportasi, lampu hias, patung, alat-alat dapur, dan masih banyak lagi.

Desa Wisata Gerabah Kasongan

Selain melihat-lihat tentu Anda boleh membelinya untuk oleh-oleh. Harganya bervariasi ada yang murah dan mahal. Dari mulai Rp5.000 sampai jutaan rupiah. Yang paling tidak boleh dilewatkan adalah membeli patung Loro Bloyo yang jadi ciri khas tempat ini. Menaruh patung sepasang pengantin tersebut di rumah Anda, dipercaya akan membawa keberuntungan, lho.

Belajar Membuat Gerabah dengan Kursus Kilat

Agar liburan di desa ini semakin edukatif dan menyimpan kenangan semakin indah, Anda dapat mencoba mengikuti kursus kilat membuat gerabah. Ada berbagai rumah galeri yang menyediakan kursus tersebut dengan harga relatif murah. Anda akan diajari membuat gerabah dari awal sampai akhirnya. Dan hasil karya buatan sendiri tersebut dapat dibawa pulang.

Lokasi dan Rute ke Gerabah Kasongan Yogyakarta

Tertarik untuk mengunjungi Desa Wisata Gerabah Kosonan Jogja? Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, seperti motor, mobil, maupun bus menuju lokasi yang berada di Jalan Raya Kasongan. Tepatnya di sebuah pedukuhan di Desa Bangunjiwo, bernama dukuh Kajen. Masuk ke dalam Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat Yogyakarta, dengan waktu tempuh kira-kira 25 menit, jika jalanan tidak macet.

Untuk rute menuju lokasi, berikut rute menuju Desa Wisata Gerabah Kasongan Jogja diawali dari pusat kota Jogja. Arahkan kendaraan menuju ke Selatan terus lurus, kira-kira 10 sampai 20 menit Anda akan menemukan perempatan Dongkelan. Ketika sampai di perempatan yang dikenal juga dengan sebutan Ring Road Selatan tersebut ambillah lajur ke arah Selatan. Di titik ini, dengan mudah akan ditemukan petunjuk arah menuju tujuan Anda.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Memasuki dan melihat karya-karya seni yang mendunia di Desa Kasongan tidaklah dipungut biaya sama sekali, atau harga tiketnya gratis. Anda juga dapat berkunjung setiap dari mulai Senin hingga Jumat, sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu ditutup atau tidak beroperasi. Sedangkan untuk jam bukanya dimulai pagi sampai malam, yaitu pukul 09.00 sampai 21.00 WIB.

Wisata edukasi ini juga didukung oleh berbagai fasilitas. Dari fasilitas umum seperti toilet, hingga lokasi galeri. Lahan parkir yang luas, tempat beribadah untuk umat muslim, tempat istirahat, dan warung makan tersedia dengan baik. Pokoknya pasti membuat Anda semakin betah berkunjung ke Desa Wisata Gerabah Kasongan.

Bagi pencinta seni dan budaya mengunjungi Desa Wisata Gerabah Kasongan harusnya jadi hal yang wajib. Nah, untuk menyempurnakan liburan di Jogja, akses ke lokasi-lokasi wisata tentu lebih mudah dengan kendaraan roda dua. Karenanya, Anda perlu menggunakan kendaraan yang prima. Biar tidak repot, kami menawarkan jasa sewa motor murah di Jogja dengan harga terjangkau namun tetap memerhatikan kualitas. Segera hubungi kami di Jogja Rental Motor, ya.