Select Page

Ingin mengunjungi tempat bersejarah sekaligus wisata religi bagi umat kristiani di Yogyakarta? Anda dapat mencoba untuk datang ke Gereja Ganjuran Yogyakarta. Lokasinya yang strategis dan dekat dari pusat kota, pastilah akan memermudahkan Anda untuk sampai ke gereja yang dikenal juga dengan Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus tersebut. Tidak hanya beribadah, di gereja ini, Anda juga akan mendapatkan pengetahuan mengenai sejarah agama Katolik di Jogja, khususnya Bantul.

Berbagai Daya Tarik Wisata Gereja Ganjuran Yogyakarta

Ada berbagai keinstimewaan Gereja Katolik Roma tesebut yang perlu Anda tahu. Sudah penasaran, berikut ulasannya.

Gereja yang berstatus aktif dan gereja paroki ini memiliki arsitektur yang sangat unik. Bahkan ketika melihatnya dari luar, Anda akan dengan mudah menebak bahwa ada percampuran arsitektur Jawa dan Eropa. Bangunannya yang terbuat dari kayu dengan atapnya yang cokelat dan berbentuk joglo sangat khas dengan aroma Jawa. Berbagai ukiran cantik di bagian gereja merupakan hasil karya dari Iko, seorang seniman Jawa. Memang  di gereja tersebut lebih kental aroma Jawa namun di beberapa sudut, Anda akan menemukan aroma Eropa juga.

Gereja ganjuran yogyakarta

Pendiri dari Gereja Ganjuran adalah Keluarga Schmutzer

Gereja yang dibangun 16 April 1924 tersebut dulunya merupakan pabrik gula. Pemilik pabrik tersebut adalah orang berkebangsaan Belanda bernama Joseph dan Julius Schmutzer, atau lebih dikenal dengan keluarga Schmutzer.  Keluraga tersebut sangat berjasa menjaga hak buruh, dan membuat sarana pendidikan, dan mengajak orang-orang untuk memeluk agama Katolik.

Kemudian, mereka akhirnya mendirikan Gereja Ganjuran sebagai pusat kegiatan ibadah mereka di tahan seluas 2,5 hektar. Pada tahun 2011 tercatat umat gereja tersebut sebanyak 8.000 orang.

Ada Candi di Gereja Ganjuran Yogyakarta

Gereja ini semakin menarik dengan berdirinya candi setinggi 10 meter yang mirip dengan Candi Prambanan. Candi tersebut dikerjakan oleh seniman yang sama yaitu Iko. Selain candi, Iko juga membuat patung Maria dan Yesus yang diukir dengan motif batik yang mempesona.

Gereja ganjuran yogyakarta

Lokasi dan Rute ke Gereja Ganjuran Yogyakarta

Lokasi Gereja Ganjuran tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta, hanya sekitar 19,7 kilometer dari titik utama yaitu Tugu Muda. Gereja tertua di Bantul tersebut berada di Bambanganlipuro di Jalan Ganjuran. Masih masuk kawasan Sumbermulyo, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul Bambanglipuro, Daerah Istimewa Yogyakarta. Menuju lokasi wisata ini lebih mudah dengan kendaraan pribadi.

Menuju ke Gereja Ganjuran Yogyakarta awali perjalanan dari Tugu Muda kemudian arahkan kendaraan menuju timur hingga menuju Jalan Kp. Jogoyudan. Setelah menemukan McDonald’s putar balik hingga sampai di Jalan Dipenegoro. Kemudian beloklah ke arah kiri ketika menemui Yamaha Sumber Kencana.

Lanjutkan perjalanan hingga bundaran, lalu ambil Jalan Letjen Suprapto, lurus terus hingga sampai di Jalan KH Wahid Hasyim. Terus lurus, hingga samai di Jalan Samas. Kurang lebih setengah kilometer kemudian, Anda akan sampai di Jalan Ganjuran. Lokasi gereja ada di sebelah kiri jalan.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Sebagai rumah Tuhan, memasuki Gereja Ganjuran Yogyakarta tidak dipungut biaya sama sekali. Tidak hanya untuk tempat beribadah saja, gereja tersebut juga menjadi tempat wisata di Jogja yang dibuka untuk umum. Jadi, apapun agamanya, Anda dapat menikmati bangunan tua dan indah tersebut. Apalagi, jam buka gereja ini 24 jam. Jadi Anda dapat memilih hari apa saja untuk berkunjung.

Fasilitas di Gereja Ganjuran Yogyakarta seperti gereja lainnya. Berbagai fasilitas pendukung untuk kegiatan beribadah ada di sini. Terdapat jadwal misa juga. dari misa harian, misa mingguan, misa bulanan, dan misa prosesi agung sakramen Maha Kudus. Selain itu, terdapat juga toilet, tempat parkir, candi, dan pohon-pohon yang menyejukan dan membuat nyaman.

Mengunjungi Gereja Ganjuran Yogyakarta pastilah menjadi liburan tak terlupakan dan menenangkan jiwa. Apalagi jika mengajak kerabat ataupun sahabat pastilah akan semakin membuat liburan kali ini teramat berkesan. Untuk memudahkan Anda menuju gereja, maupun tempat-tempat wisata lain di Yogyakarta. Kami menawarkan berbagai kendaraan yang dapat Anda sewa dengan harga terjangkau dan jasa terpercaya. Untuk lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di Jogja Rental Motor.