Select Page

Geliat pengembangan potensi wisata alam Kabupaten Kulon Progo mulai terlihat beberapa tahun belakangan ini. Kekayaan alam yang dimiliki daerah ini mulai dipercantik dengan infrastruktur untuk menunjang industri pariwisata setempat. Salah satu objek wisata yang sedang gencar dipromosikan adalah Grojogan Sewu Kulon Progo Yogyakarta.

Pesona Air Terjun Bertingkat Grojogan Sewu Kulon Progo Yogyakarta

Objek wisata ini mempunyai nama serupa dengan Grojogan Sewu di Karanganyar, Jawa Tengah. Namun pesona keindahannya mempunyai ciri khas berbeda. Dari area parkir, Anda mesti berjalan kaki sejauh 200 meter untuk mencapai pintu masuk Grojogan Sewu Kulon Progo.

Grojokan Sewu Kulon Progo di I Love You

Memasuki tempat wisata ini, Anda dapat melihat panorama Perbukitan Menoreh yang asri dengan pepohonan lebat. Setelah berjalan selama 15 menit dari pintu masuk, Anda akan menjumpai beberapa gazebo tempat beristirahat. Suara gemercik air sudah terdengar jelas. Untuk menuju ke air terjun, Anda harus melewati jalan setapak di bawah gazebo.

Lokasi air terjun ini agak tersembunyi, sehingga tak dapat dilihat jika Anda berada di atas bukit. Agar dapat menemukannya, Anda mesti turun menyusuri tepi aliran sungai dengan jalan yang sudah ditata batu di sekelilingnya.

Bermain di aliran sungai dan air terjun umumnya dilakukan wisatawan yang datang ke tempat ini. Namun, ada tersedia gazebo dan kursi untuk duduk pengunjung yang ingin bersantai saja di kawasan ini. Suasana damai begitu terasa dengan keberadaan pohon yang rimbun, suara gemercik air, dan suara binatang-binatang di sana seperti burung dan serangga yang menghuni hutan.

Kawasan air terjun ini masih kekal sifat alaminya meski telah dikelola menjadi objek wisata. Sarana dan prasarana yang dibangun dirancang dengan tema alam dan tidak dibuat dari semen sehingga masih terlihat kesan natural di dalamnya. Meresapi suasana asri di dalam hutan dengan air terjun benar-benar akan membuat Anda lupa sejenak pada kesesakan kota.

Keistimewaan lain dari tempat wisata ini adalah kebersihannya yang terjaga. Sampah anorganik hampir tidak ditemukan di kawasan ini.

Spot Foto Favorit

Terdapat banyak spot foto yang menarik di Grojogan Sewu Kulon Progo Yogyakarta ini. Salah satunya batu besar yang berada di bawah air terjun. Gazebo juga tidak kalah menarik dijadikan tempat berswafoto dan foto bersama keluarga.

Grojogan Sewu Kulon Progo yogyakarta

Air terjun di sini mempunyai beberapa tingkat. Biasanya pengunjung mandi di kedung yang berada di tingkatan paling atas. Air kedung yang jernih pasti akan membuat Anda betah berendam atau berlama-lama bermain di sana.

Tips Berwisata di Grojogan Sewu

Grojogan Sewu Kulon Progo Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata air terjun favorit wisatawan. Ketika berwisata ke tempat ini perhatikan hal-hal berikut untuk keamanan dan kenyamanan Anda.

  1. Berhati-hati ketika musim hujan

Berlibur di air terjun ketika musim hujan, Anda harus benar-benar berhati-hati. Debit air yang meningkat membuat air grojokan mengalir deras. Namun, waspadalah jika hujan deras turun. Volume air yang kedung yang naik bisa membahayakan Anda.

  1. Bawalah pakaian ganti

Bermain air atau mandi di kawasan air terjun tentunya memerlukan pakaian khusus untuk berbasah-basahan. Bawalah pakaian renang atau pakaian biasa dan pakaian ganti untuk dipakai setelah selesai beraktivitas.

  1. Datanglah pagi hari

Wisata air terjun sesuai dilakukan pada pagi hari. Ketika itu udara belum bercampur polusi dan matahari belum terlalu terik. Jika Anda ingin berfoto juga gambar yang dihasilkan sangat baik karena tidak ada pantulan sinar matahari dari air.

  1. Pakailah alas kaki yang nyaman

Menuju ke Grojogan Sewu Kulon Progo Yogyakarta, Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu. Maka, pakailah sandal yang nyaman dengan sol yang tidak licin.

Tiket Masuk dan Fasilitas

Sampai di tempat parkir, Anda harus membeli karcis retribusi seharga Rp3.000. Sementara, parkir kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp2.000 dan roda empat Rp4.000.

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola tempat wisata ini sangat lengkap, meliputi toilet, kamar mandi, dan musala. Tak ketinggalan warung yang menjual aneka makanan.

Rute Menuju Tempat Wisata Ini

Grojogan Sewu Kulon Progo Yogyakarta bertempat di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Dari pusat Kota Yogyakarta, waktu tempuh ke lokasi ini sekitar 1,5 jam.

Perjalanan ke Grojogan Sewu Kulon Progo Yogyakarta dapat ditempuh lebih cepat dan mudah dengan kendaraan pribadi. Apabila Anda memerlukan sewa kendaraan, hubungi Jogja Rental Motor untuk dapatkan layanan terbaik dengan harga memuaskan. Hanya sepeda motor trendy dan nyaman dikendarai yang kami sediakan untuk Anda.