Select Page

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Kota Jogja tetapi tidak mencoba menyusuri objek-objek wisatanya yang unik dan beragam. Salah satunya yaitu Gua Cerme Jogja. Gua yang terletak di atas ketinggian 500 m memiliki keindahan yang luar biasa. Dan sebelum menjadi objek wisata, Gua Cerme sempat menjadi saksi bisu akan perjuangan dakwah Islam dan pendirian Masjid Demak.

Sejarah dan Daya Tarik Gua Cerme Jogja

Untuk mencapai gua, wisatawan harus melalui tangga setinggi 759 m terlebih dahulu. Daya tarik yang dimiliki Gua Cerme terletak pada keindahan batu stalagmit dan stalagtitnya. Ada juga sungai bawah tanah dan di ujungnya terdapat air terjun rendah yang menawan. Selain keindahannya, Gua Cerme konon katanya juga menyimpan cerita mistis.

Gua Cerme Jogja

Secara keseluruhan gua ini terdiri dari beberapa ruang. Diantaranya, air zam-zam, panggung pertemuan, mustoko, pelengguhan atau paseban,  air suci, kahyangan, watu kaji, grojogan sewu, gamelan, air penguripan dan lain sebagainya. Lalu keseruan apa sajakah yang bisa dinikmati wisatawan di Gua Cerme Jogja?. Simak ulasan singkatnya di bawah ini:

Bersemedi di dalam Gua Cerme yang Tenang

Bagi sebagian orang dan wisatawan, Gua Cerme dimanfaatkan sebagai tempat melakukan meditasi atau semedi. Biasanya orang-orang yang bersemedi tersebut mempunyai keinginan atau maksud tertentu. Seperti meminta kekayaan, meminta berkah, atau mencari wangsit. Sehingga ketika menyusuri gua, Anda akan melihat orang yang bersemedi di sudut gua atau bahka mencium wewangian dupa dan sesajen.

Berkemah Di Area Playground yang Luas

Untuk wisatawa yang ingin bermalam di sekitar Gua Cerme Jogja juga diperbolehkan. Kawasan sekitar gua yang luas membuat wisatawan bisa dengan leluasa mendirikan sebuah tenda. Dari area playground wisatawan bisa melihat pemandangan Gunung Merapi yang indah, juga kabut tebal yang menyelimuti kawasan ini setiap paginya.

Menyusuri Arus Air (Caving) Dalam Gua Cerme

Gua Cerme Jogja

Aktivitas utama wisatawan yaitu menyusuri arus air di dalam gua ditemani pemandu wisata. Untuk menyusuri gua, wisatawan hanya perlu berjalan kaki melawan arus sejauh 1,2 km. Saat menyusuri gua inilah, wisatawan bisa melihat beberapa ruang dalam gua. Seperti air zam-zam, mustoko dan yang paling utama adalah air terjun kecil yang diberi nama gerojokan sewu.

Spot Foto Menarik

Bagi pengemar fotografi, Gua Cerme merupakan salah satu objek foto yang menarik. Ornamen-ornamen yang terdapat di dalam gua sangat indah seperti batu stalagmit, batu stalagtit, gourdam dan sodastraw. Aliran sungainya juga bisa menjadi objek yang bagus asalka pandai menambil angle yang tepat.

Lokasi dan Rute Gua Cerme Jogja

Gua Cerme Jogja berada di Kabupaten Bantul. Tepatnya di Dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Provinsi Yogyakarta. Akses menuju Gua Cerme cukup menantang karena harus melewati medan terjal. Namun tetap bisa dilewati oleh mobil maupun motor. Lokasinya berjarak sekitar 22 km dari pusat Kota Jogja.

Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi, ikutilah arah ke Terminal Giwangan kemudian ke Jalan Imogiri Timur menuju Imogiri lalu Selopamioro dan Cerme. Nah dari   Imogiri Anda bisa mengikuti petunjuk arah yang telah disediakan. Untuk mempermudah perjalanan gunakan juga google maps atau aplikasi sejenis sebagai penunjuk arah.

Dan apabila Anda menggunakan kendaran umum, naiklah angkutan umum rute Jogja – Imogiri – Cerme dari Terminal Giwangan. Setelah itu Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau menaiki ojek menuju area gua. Apabila menggunakan kendaraan umum, pastikan tidak pulang terlalu sore karena kendaraan umum biasanya hanya beroperasi sampai pukul 14.00 WIB saja.

Jam Buka, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Objek wisata terbuka untuk umum setiap hari pada pukul 07.00-18.00 WIB. Harga tiket masuk Gua Cerme Rp3.000,00 untuk hari biasa dan Rp4.000,00 untuk hari libur nasional. Susur gua dibebankan tarif Rp3.000,00. Dan biaya menyewa guide Rp50.000,00 per 14 orang. Jika lebih dari 14 orang maka dikenakan tambahan Rp10.000,00 perorang. Biaya sewa helm dan senter sebesar Rp10.000,00.

Fasilitas umum yang ada di Gua Cerme cukup lengkap seperti guide, helm dan senter, tempat parkir yang luas, warung makan sekitar lokasi dan area playground untuk berkemah. Nah, untuk menyusuri Gua Cerme usahakan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan mudah kering. Perhatikan setiap peraturan yang ada, termasuk menjaga kebersihan dan jangan merokok di area gua.

Demikianlah ulasan seputar Gua Cerme Jogja. Bagi Anda yang berminat mengunjungi objek wisata tersebut tetapi terkendala masalah transportasi. Kami punya solusinya, Jogja Rental Motor siap melayani perjalanan liburan Anda selama di Jogja. Untuk informasi dan penawaran menarik lainnya. Silahkan kunjungi halaman website kami.