Select Page

Korea Selatan memiliki Pulau Jeju yang diakui UNESCO sebagai icon geopark. Di Indonesia, icon tersebut di sandang oleh Gua Jomblang Jogja pada tahun 2015. Bisa bayangkan betapa kuat daya pikat dari wisata alam yang satu ini, bukan? Bahkan sebelum itu, gua ini sudah terkenal di dunia internasional, berkat Film Amazing Race Amerika yang ditanyangkan tahun 2011, yang mengambil lokasi suting di gua ini.

Jadi, jangan heran jika banyak wisatawan asing yang ingin mencoba menjelajahi lorong gua ini. Anda sebagai tuan rumah juga tidak akan melewatkannya juga, bukan? Yuk, intip apa saja yang dapat dilakukan di objek wisata keren ini?

Merasakan Caving Paling Seru di Gua Jomblang Jogja

Kegiatan utama di objek ini memang caving. Ada beberapa jalur sesuai paket yang akan diambil. Dari mulai jalur VIP yang dikenal dengan 2 tipe menariknya. Anda akan menampaki slope sepanjang 15 meter yang menarik, ditambah menantang adrenalin dengan menuruni tali sepanjang 20 meter. Sebelum itu, Anda akan memasuki mulut gua dengan tinggi 90 meter.

Gua Jomblang jogja

Ketika Anda sampai di dasar gua, tantangan mulai terasa dengan trekking sepanjang 300 meter dengan keadaan gelap dan hanya diterangi cahaya senter. Tentu, menikmati berbagai ornaman gua yang harus diancungi jempol atas keindahannya. Anda juga akan menemukan cahaya indah di ujungnya.

Menantang Adrenalin dengan Bergelantungan di Tali dan Berfoto

Yap, ada aktivitas bergelantungan di tali atau dikenal dengan rapelling. Ini untuk semua perserta yang ikut. Bagi pencinta tantangan adrenalin kegiatan ini pastilah menyenangkan. Namun, bagi yang kurang berani ini bisa menjadi cara tepat untuk belajar menjadi berani, karena ini keharusan. Tenang saja, Anda aman karena dilengkapi dengan pengaman yang kuat.

Gua Jomblang jogja

Eh, jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen di gua ini dengan jepretan kamera, ya. Akan banyak spot cantik yang ditemui nantinya.

Lokasi dan Rute ke Gua Jomblang Jogja

Waktu tempuh untuk menuju lokasi Gua Jomblang yang berada di Jalan Jomblang, Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta tersebut sekitar 1 jam 36 menit dari pusat Yogyakarta. Dengan jarak yang harus Anda tempuh sekitar 52,7 kilometer. Agar lebih leluasa dan nyaman, lebih direkomendasikan menggunakan kendaraan pribadi saja dibandingkan kendaraan umum. Anda dapat menggunakan motor, mobil, ataupun jika rombongan menggunakan bus pariwisata.

Untuk lebih mempermudahkan perjalanan Anda, berikut rute menju Gua Jomblang dari Malioboro dengan kendaraan pribadi. Awali dari Jalan Malioboro ke arah selatan menuju Piyungan, lanjutkan menuju Patuk. Setelah itu lanjutkan menuju Gading, hingga sampai di Wonosari. Setelah itu arahkan kendaraan Anda menuju Semanu. Di terminal Semanu, akan Anda temukan papan petunjuk menuju Gua Kalisuci. Nah, ikuti rute tersebut hingga menemukan petunjuk menuju Gua Jomblang Jogja.

Sedangkan jika menggunakan kendaraan umum. Berikut rute yang akan membantu Anda. carilah bus menuju Wonosari di Terminal Giwangan. Sesampainya di Terminal Wonosari, carilah minibus menuju Terminal Semanu. Kemudian, dari terminal tersebut lanjutkan perjalanan menuju Gua Jomblang menggunakan ojek.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Memasuki kawasan wisata Gua Jomblang Jogja tidak dipungut tiket masuk, bahkan parkir baik kendaraan roda dua maupun empat pun gratis. Namun, untuk menjelajahi gua tentu perlu berbagai perlengkapan. Jika Anda tidak memiliki perlengkapan tersebut, ada jasa operator, yang terdiri dari pemandu dan perlengkapan. Masing-masing penawar jasa tersebut memasang tarif berbeda-beda, dimulai dari termurah yaitu Rp 450.000 sampai Rp 1.000.000 per orangnya.

Tentu saja, harga menentukan fasilitas yang didapatkan. Dengan harga murah, biasanya fasilitasnya pun minim dan pengamanannya kurang. Sedangkan dengan harga yang relatif mahal, fasilitasnya sangatlah lengkap, dari peralatan seperti pelampung, perahu karet yang baik, helm berstandar SNI, pemandu yang berpengngalaman, serta jaminan asuransi. Pastilah membuat Anda lebih tenang dan aman.

Sudah bersiap menggumpulkan rombongan untuk berlibur di Gua Jomblang Jogja? Lebih baik datang tidak pada musim hujan karena akan banyak kendalanya. Seperti langit gua yang penuh lumpur, dan batu-batu yang licin. Cukup berbahaya, jadi datanglah di waktu musim panas. Paling penting juga perhatikan kendaraan yang digunakan harus dalam keadaan prima. Nah, jika Anda ingin menyewa kendaraan di Jogja, kami menyediakan berbagai jenis kendaraan dengan keadaan terjamin prima dan harga terjangkau. Silakan hubungi kami di Jogja Rental Motor.