Select Page

Gunungkidul sudah terkenal dengan kawasan sejuta objek wisata. Ada banyak ragam wisata yang sayang sekali jika dilewatkan begitu saja. Salah satunya adalah Gua Kalisuci Jogja. Di sini Anda dapat merasakan sensasi menaiki ban dan mengikuti aliran sungai jernih berwarna biru kehijau-hijauan, serta pemandangan tebing gua yang sulit dijelaskan kecantikannya. Selain itu, apa saja sih yang daya tarik dari Gua Kalisuci ini? Ulasan berikut ini akan menjelaskannya.

Cave Tubing Gua Kalisuci Jogja Aktivitas Paling Wajib

Yap, aktivitas yang wajib tentu saja cave tubing. Jika dibahasa Indonesia istilah tersebut berarti menyusuri aliran air sungai di bawah gua dengan menggunakan ban. Ini sangat menyenangkan, begitu seru dan membuat tenang. Ornamen gua dipadukan dengan air sungai yang jernih sangat pantas untuk dikagumi.

Gua Kalisuci Jogja

Walaupun aliran sungainya berkelok-kelok, dan kedalaman airnya cukup dalam, tetapi Anda tidak perlu khawatir. Soalnya, aktivitas ini sangat aman, karena sudah dilengkapi dengan baju pelampung, helm, dan alat pengaman lainnya. Bahkan ketika aliran sungai mulai deras, di relung-relung gua, Anda tetap terjamin aman.

Berfoto di Antara Keseruan di Gua Kalisuci Jogja

Gua Kalisuci Jogja

Membawa kamera merupakan sesuatu yang wajib dilakukan. Sebab ada banyak momen yang pastinya akan ditangkap dan menjadi kenang-kenangan paling indah. Selain itu, pemandangan yang super cantik tak pantas jika tidak diabadikan lewat kamera. Anda pasti akan mendapatkan seabrek foto keren, sampai bingung mau mengunggahnya ke media sosial foto yang mana, karena semuanya bagus-bagus.

Lokasi dan Rute ke Gua Kalisuci Jogja

Berlokasi di Jalan Kalisuci, Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi, mulai motor, mobil, maupun bus. Jarak tempuh dari pusat Jogja, yaitu Malioboro paling sedikit adalah 48 kilometer jika lewat Jalan Nasional III. Sedangkan jika menggunakan jalur Jalan Wonosari, jarak tempuh lebih jauh yaitu 55,6 kilometer.

Berikut akan dijelaskan rute tercepat dari Malioboro menuju Gua Kalisuci, yaitu lewat Jalan Nasional III. Pertama arahkan  kendaraan ke selatan dari Malioboro menuju Jalan Dagelan. Kemudian belok ke kiri menuju Jalan Suryatmajan lalu ke Jalan Mataram. Lurus terus hingga melewati Jalan Juminahan dan Jalan Bausasaran. Masih lurus lagi melewati Jalan Gayam atau dikenal juga Jalan Bung Tarjo sampai ke Jalan Kenari.

Selanjutnya, akan ada persimpangan, ambil arah kiri menuju Jalan Kusumanegara. Setelah itu belok ke kanan ke Jalan Gedong Kuning dan belok ke kiri ke Jalan Wonosari. Berkendara lurus saja selama 8,4 kilometer akan ditemukan Jalan Nasional III. 2 kilometer selanjutnya, beloklah ke kanan. Berjalan lagi menempuh 1,2 kilometer baru belok ke kiri ke Jalan Kalisuci. Anda telah sampai di tujuan yaitu Gua Kalisuci.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Menikmati suasana lorong gua di atas ban hitam, serta air sungainya yang biru kehijau-hijauan di Gua Kalisuci tidaklah terlalu menguras kantong, dibandingkan wisata gua yang lain. Hanya Rp 70.000 per orang, namun dengan minimal 5 orang dalam satu grup. Dengan biaya semurah itu, Anda dan teman-teman sudah mendapatkan fasilitas cave tubing, dilengkapi dengan pemandu dan perlengkapan keamaan, serta diakhir menjelajah gua, peserta akan mendapatkan jajanan ringan dan minum.

Untuk merasakan sensasi menjelajah Gua Kalisuci, Anda dapat memilih waktu kapan saja. Sebab hari buka objek wisata ini setiap hari, Senin sampai Minggu, hari libur nasional pun dibuka. Sedangkan jam bukanya dimulai dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Namun, jika cuaca sedang buruk, misalnya hujan deras, aktivitas cave tubing pun ditutup sementara sampai cuaca kembali membaik.

Tidak perlu berpikir lagi, ayo mulai mengajak teman-teman untuk berlibur di Gua Kalisuci Jogja! Namun yang perlu diperhatikan selain persiapan yang matang, perhatikan juga kendaraan yang digunakan untuk sampai di lokasi wisata ini. Tapi tenang saja, serahkan semua itu pada kami. Kami sudah menyiapkan kendaraan terbaik dengan harga terjangkau untuk Anda gunakan menuju lokasi. Jika Anda ingin menyewa kendaraan? Hubungi kami di Jogja Rental Motor. Kami akan merespon secepat mungkin.