Select Page

Daya tarik Kota Jogja memang mampu menghipnotis setiap orang yang mengunjunginya. Semua itu tida terlepas dari keindahan kotanya juga tempat-tempat wisatanya yang banyak. Satu di antaranya yaitu objek wisata Gua Selarong Jogja. Gua Selarong merupakan objek wisata sejarah peninggalan para pejuang zaman dahulu. Berbeda dengan gua pada umumnya, gua ini menjadi saksi bisu perjuangan Pangeran Diponegoro saat melawan Belanda.

Sejarah Gua Selarong Jogja

Dahulu, pada tanggal 20 Juli 1825 tentara Belanda sempat melakukan pengepungan  di kediaman Pangeran Diponegoro dan pengikutnya. Namun Pangeran Diponegoro berhasil melarikan diri menuju Selarong, dan mendirikan markas di Gua Selarong. Di sini beliau dan pengikutnya mulai membuat strategi dan meningkatkan pertahanan untuk melawan Belanda.

Nah, pada tanggal 31 Juli 1825 beliau memerintahkan pada masyarakat bersiap untuk perang. Perang ini bertujuan untuk merebut kembali Kasultanan Yogyakarta yang berhasil dikuasai oleh Belanda. Barulah pada tanggal 7 Agustus 1825 penyerangan dilakukan dengan pasukan sebanyak 6.000 orang. Dengan penyerangan tersebut beliau pun berhasil menyelamatkan Sri Sultan Hamengku Buwono V dan diamankan di Benteng Vredeburg.

Meskipun merupakan tempat bersejarah, tempat ini tetap seru untuk dikunjungi. Apa saja keseruannya? Berikut ini beragam keseruan berwisata di Gua Selarong Jogja.

Lokasi Tenang Untuk Bermeditasi

Apabila berkunjung ke Jogja, sempatkan untuk berkunjung ke Gua Selarong. Selain bersejarah, gua ini juga dianggap sebagai tempat religius serta kental akan nuansa mistiknya. Sehingga tidak mengherankan jika banyak wisatawan yang berkunjung sengaja untuk melakukan meditasi atau melakuka kegiatan spiritual lain. Seperti meminta berkah atau sekedar menenangkan diri.

Menjelajah Area Gua Sambil Belajar Sejarah

Objek wisata ini terletak di area pegunungan kapur dan pepohonan sehingga suasananya begitu sejuk, nyaman dan segar. Pertama kali masuk objek wisata Anda akan mendapati patung Pangeran Diponegoro. Nah, di dekat patung tersebut terdapat peta lokasi wisata, sehingga wisatawan tidak akan mengalami kesusahan saat berkeliling.

Gua Selarong jogja

Untuk mencapai area utama gua. Terlebih dahulu Anda harus berjalan sejauh 200 meter lalu menaiki beberapa anak tangga. Dan setelah sampai di tempat tinggal Pengeran Diponegoro, Anda bakan mendapati dua buah gua. Pertama,  Gua Kakung yang merupakan tempat peristirahatan Pangeran Diponegoro terletak disebelah dengan kedalaman 1,5 m dan lebar 2 meter.

Sementara gua kedua yaitu Gua Putri yang merupakan tempat peristirahatan istri Pangeran Diponegoro yang bernama Raden Ayu Ratnaningsih. Gua ini memiliki kedalaman 1,5 m dan luas 3 meter atau lebih luas 1 meter dari gua sebelumnya.

Menyaksikan Keindahan Air Terjun

Objek wisata ini juga memiliki sebuah air terjun yang cukup indah. Untuk bisa menikmati air terjun ini, disarankan bagi wisatawan untuk datang pada saat musim hujan. Karena saat musim kemarau air yang jatuh cukup sedikit.

Lokasi dan Rute Gua Selarong Jogja

Gua Selarong jogja

Objek wisata Gua Selarong Jogja masih terletak di Kabupaten Bantul, di Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Yogyakarta. Akses menuju lokasi wisata cukup mudah, hanya saja tidak ada transportasi umum yang lewat objek wisata ini. Maka dari itu sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi, bisa motor, mobil maupun sepeda. Perhatikan kondisi kendaraan Anda sebelum melakukan perjalanan menuju Gua Selarong.

Untuk sampai ke Gua Selarong Anda bisa mengikuti rute berikut ini. Dari perempatan ring road terminal Giwangan belok ke kanan menuju perempatan ring road jalan Bantul.  Dari sini belok ke kiri menuju pertigaan jalan Selarong. Dari sini belok ke kanan terus lalu belok ke kiri.  Setelah itu belok ke kanan sampai pertigaan.

Nah, kira-kira 20 menit berkendara akan ada papan penunjuk arah Gua Selarong belok ke kanan. Untuk mempermudah perjalanan, gunakan Google Maps atau aplikasi sejenisnya sebagai penunjuk arah.

Jam Buka, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Objek wisata ini terbuka untuk umum setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB. Agar bisa berkeliling menuju gua, setiap wisatawan akan dikenakan tarif masuk Rp7.000 dan parkir motor Rp2.000. Fasilitas yang tersedia di Gua Selarong Jogja di antaranya toilet, sarana bermain, musala, tempat parkir yang luas dan beberapa gazebo.

Demikian sedikit informasi seputar Gua Selarong Jogja. Bagi Anda yang tertarik mengunjungi objek wisata tersebut tetapi terkendala transportasi. Kami punya solusinya, Jogja Rental Motor siap melayani perjalanan liburan Anda selama di Jogja. Silahka kunjungi halaman kami untuk mendapatkan informasi dan penawaran lengkap lainnya.