Select Page

Bosan dengan wisata pantai, gunung, maupun air terjun? Anda dapat mencoba sensasi liburan baru dengan mengujungi objek wisata gua. Salah satunya adalah Gua Tanding Jogja. Di wisata ini Anda akan diajak menjelajahi isi gua dengan menggunakan perahu karet. Tentu tidak sendirian, perahu karet dapat muat lima sampai enam orang. Jadi, mengujungi Gua Tanding ini lebih asyik jika ramai-ramai.

Sejarah dan Keindahan Menantang dari Gua Tanding Jogja

Nama gua ini berasal dari nama penemunya, yaitu Mbah Harto Tanding. Dahulu, kakek tersebut sedang berusaha untuk membuat lubang sumur. Eh, tidak disangka-sangka, beliau malah menemukan gua ini. Wah, dari penemuannya saja sudah unik, ya? Lalu Apa saja keunikan lainnya, berikut ulasannya.

Gua Tanding Jogja

Serunya Menyusuri Gua, dari Gelap Terbitlah Cahaya

Anda akan diajak menyusuri Gua Tanding menggunakan perahu karet melewati aliran air yang cukup tenang. Anda akan menemukan kegelapan dan hanya dari cahaya senterlah keindahan gua akan dapat dinikmati.

Gua Tanding Jogja

Gua yang cukup lebar ini, begitu menarik dengan stalagtit dan stalagmitnya berkilauan begitu menawan. Beberapa hewan penghuninya seperti kelawar bersembunyi di langit-langit gua. Benar-benar begitu pengalaman baru. Apalagi, lorong gua sangatlah panjang, sehingga Anda akan lebih lama menyusuri keindahan gua ini.

Setelah Berenang, Rasakan Sensasi Terapi Ikan

Kedalaman sungai antara 2 sampai 4 meter, cukup dalam, ya. Tetapi Anda akan dapat berenang dengan leluasa tanpa takut tenggelam karena sudah menggenakan pelampung. Selain berenang, Anda juga akan merasakan sensasi terapi ikan. Sel-sel kulit mati di tubuh akan termakan oleh ikan, sehingga kulit akan lebih cerah dan sehat.

Lokasi dan Rute ke Gua Tanding Jogja

Gua Tanding Jogja berada di Gelaran II, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi wisata gua Jogja yang satu ini dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam 44 menit dari pusat kota, tepatnya dari Malioboro. Jarak lokasi yaitu 53 kilomter, dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi, yaitu motor, mobil, dan bus. Lebih baik berangkat pagi, ya.

Rute menuju Gua Tanding dijelaskan lengkap berikut ini. Jika Anda berangkat dari Malioboro, ambillah arah selatan menuju Kabupaten Gunungkidul. Arahkan dari Jalan Dagen menuju Jalan Brigjen Katamso. Kemudian ikuti petujuk jalan menuju Jalan Imogiri Barat. Setelah pejalanan hampir 10 kilometer akan ada persimpangan, beloklah ke kiri menuju Jalan Bakulan Imogiri lurus terus hingga sampai di Jalan Makam Raja.

Selanjutnya, beloklah ke kanan menju Dlingo lalu ke Jalan Playen, dan sampai di Jalan Manthous ketika belok ke kiri. Anda akan menemukan bundaran, ambil ke arah Jalan Lingkar Utara. Arahkan kendaraan Anda menuju jalur Jalan Wonosari ke Bejiharjo. Setelah itu akan ada petunjuk menuju Gua Tanding Jogja.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

 Sebelum memasuki kawasan wisata, tepatnya di gerbang Anda harus membayar tiket terlebih dahulu, yaitu Rp 10.000 per orang, termasuk anak-anak dan dewasa. Gua yang termasuk wisata populer di Jogja ini dibuka mulai pagi sampai sore, pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Waktu yang cukup panjang untuk menikmati keunikan dan aroma dalam gua ini. Apalagi, hari bukanya setiap hari, dari mulai Senin sampai Minggu, termasuk hari libur nasional. Jadi, membuat Anda lebih mudah untuk memilih waktu tepat untuk datang ke sini.

Harga tiket tidak termasuk harga peket menjelajahi dalam gua, ya. Jika ingin merasakan sensasi memasuki gua dengan perahu karet, Anda harus membeli paket wisata senilai Rp 150.000 per orang. Harga ini memang tampak mahal, tetapi dibandingkan dengan fasilitas yang akan didapatkan pastilah sebanding. Fasilitas tersebut antara lain, menjelajah gua dengan menaiki perahu karet, pemandu yang siap untuk menceritakan sejarah dan keindahan gua. Mendapat juga fasilitas terapi ikan dan makan satu kali.Selain itu, fasilitas pengaman seperti pelampung, helm, sepatu karet, dan asuransi juga akan Anda dapatkan.

Anda sudah menemukan tempat wisata yang lain dari yang lain sekarang, yaitu Gua Tanding Jogja. Sebelum memulai perjalanan menuju objek tersebut, sangat perlu mempersiapkan perlengkapan liburan Anda. Termasuk kendaraan yang akan digunakan. Nah, jika Anda membutuhkan kendaraan sewa di Jogja, cukup hubungi kami di Jogja Rental Motor. Kami siap melayani cepat, dengan penawaran-penawaran menarik. Harga sewa kendaraan pun terjangkau.