Select Page

Sudah selesai mendaki Gunung Merapi dan sekarang sedang mencari gunung lain untuk ditaklukan puncaknya? Anda dapat bergeser ke Gunungkidul, terdapat Gunung Api Purba Nglanggeran. Walaupun bernama gunung api, namun sekarang status gunung tersebut  tidak aktif lagi. Sehingga, tidak perlu khawatir mengenai aktivitas gunung yang tiba-tiba meningkat. Pastinya aman dan nyaman untuk didaki.

Lebih Dekat Dengan Gunung Api Purba Nglanggeran

gunung api purba nglanggeran

Nama purba yang tersemat pada nama gunung ini bukan hanya tempelan saja. Sebab, masyarakat percaya bahwa gunung ini sudah berumur sangat tuan. Tepatnya sekitar 60 sampai 70 juta tahun lalu. Pasti Anda penasaran daya pikat yang ditawarkan objek wisata ini, bukan? Berikut ulasannya untuk Anda.

Menemukan Matahari Terbit Paling Sempurna

gunung api purba nglanggeran

Kira-kira perlu waktu untuk mendaki sekitar 1 sampai 1,5 jam untuk sampai di puncak. Kebanyakan wisatawan mendaki ketika malam untuk menemukan matahari terbit paling sempurna. Bahkan ketika matahari mulai tinggi, pemandangan indah tidak akan pernah terlepas dari mata Anda. Sebab ketika cahaya sempurna menerangi dunia. Anda akan melihat hamparan hijau pepohonan dan bukit-bukit yang mempesona.

Temukan Keceriaan Ber-camping

Tidak dimungkiri lagi, bahwa wisata ini merupakan surganya untuk para pendaki. Jadi, pastilah para pendaki ingin lebih lama berada di sini. Tenang saja, terdapat area berkemah yang sangat luas. Anda dan teman-teman bisa mendirikan tenda, dan melakukan berbagai aktivitas seru sepanjang pagi dan malam.

Berwisata Kuliner

Ingin merasakan berbagai makanan khas Gunungkidul, inilah tempatnya. Ada banyak penjual kuliner khas yang ada di Wisata Api Purba. Tidak hanya mengenyangkan perut, Anda juga dapat lebih mengenali berbagai makanan asli kabupaten bagian selatan Kota Yogyakarta tersebut. Tentunya kuliner ala pegunungan beda sekali dengan kuliner laut yang bisa Anda temukan di Pantai Timang.

Lokasi dan Rute ke Gunung Api Purba Nglanggeran 

Tempat wisata seru ini berada di Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Menuju lokasi tersebut disarankan menggunakan kendaraan pribadi, baik motor, mobil, atau bus agar cepat sampai. Jarak yang akan ditempuh adalah 27,4 kilometer dari pusat kota Jogja. Dengan waktu tempuh kira-kira 1 jam 7 menit saja melalui jalur Jalan Wonosari.

Untuk mempermudah perjalan Anda sampai ke lokasi. Berikut akan dijelaskan mengenai rute menuju lokasi. Perjalanan dimulai dari Malioboro, kemudian arahkan kendaraan ke selatan mengikuti Jalan Dagen hingga belok kiri ke Jalan Suryatmajan. Setelah kembali belok ke kiri ke Jalan Mataram. Arahkan kendaraan lurus saja melewati Jalan Juminahan, Jalan Bausasran, Jalan Bung Tarjo, dan Jalan Kenari. Baru belok ke kiri ke Jalan Kusumanegara dan belok ke kanan ke Jalan Gedong Kuning.

Anda akan sampai ke jalur Jalan Wonosari ketika belok kiri, dan terus menuju Jalan Nasional III. Kemudian, belok ke kiri menuju Jalan Raya Piyungan yang merupakan jalur menuju Prambanan. Setelah 1,5 kilometer beloklah ke Jalan Piyungan, belok kiri lagi ke Ngoro Oro. Setelah ini, akan ditemukan papan petunjuk menuju Gunung Api Purba Nglanggeran Jogja dengan mudah. Ikuti petunjuk tersebut hingga sampai di tujuan.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Harga tiket untuk memasuki kawasan wisata ini dibagi menjadi harga tiket masuk siang dan malam, juga harga yang berbeda untuk wisatawan lokal dan mancangera. Untuk wisatawan lokal dikenai harga tiket Rp15.000 untuk siang, sedangkan harga tiket malam senilai Rp20.000. Sedangkan harga tiket wisatawan mancanegara itu Rp30.000 baik malam maupun siang hari. Ada tambahan biaya parkir, yaitu Rp2.000 untuk motor, dan Rp5.000 untuk mobil.

Gunung Api Purba Nglenanggeran dibuka sepanjang hari atau 24 jam, dan setiap hari termasuk hari libur nasional. Untuk fasilitasnya, sangatlah lengkap. Fasilitas standar seperti tempat ibadah, toilet, dan tempat parkir sudah tersedia. Selain itu, ada fasiltas pendukung lainnya, yaitu area berkemah, penginapan, pusat kuliner, balai pertemuan, posko kesehatan, pusat informasi, dan jalur pendakian.

Liburan di Gunung Api Purba Nglanggeran pastilah sangat menyenangkan, bukan? Jadi, tunggu apa lagi. Segera pesiapkan segala kebutuhan Anda untuk berlibur di objek wisata populer tersebut. Untuk kendaraan, tidak perlu khawatir, sebab sudah ada jasa sewa kendaraan di Jogja. Salah satunya, Anda dapat menghubungi kami Jogja Rental Motor. Banyak tawaran menarik untuk Anda.