Select Page

Malioboro telah menjadi jantung dari Kota Jogja. Kalau bicara wisata Jogja, pasti tak bisa lepas dari yang namanya Malioboro. Jalan Malioboro Yogyakarta memang selalu menjadi daftar kunjungan para wisatawan yang berkesempatan datang ke kota berjuluk Kota Gudeg. Hal ini tentu tidak terlepas dari banyaknya hal menarik yang dapat dijumpai di Malioboro. Bagaimana tidak, di sini para wisatawan bisa berwisata belanja sampai dengan berwisata kuliner.

Tentang Jalan Malioboro Yogyakarta

Malioboro tidak lah lain merupakan nama salah satu jalan di pusat Kota Jogja. Asal namanya sendiri terdapat dua versi, yakni merupakan bahasa Sansekerta yang artinya adalah karangan bunga. Memiliki artian sebagai karangan bunga dikarenakan dulunya Jalan Malioboro ini dipenuhi dengan banyaknya karangan bunga setiap Keraton Yogyakata yang ada tak jauh dari jalan Malioboro memiliki acara.

jalan Malioboro yogyakarta

Untuk artian Malioboro yang versi kedua adalah diambil dari nama seorang bangsawan asal Inggris, yaitu Marlborough yang kala itu menetap di Jogja dari tahun 1881 sampai dengan 1915. Dulunya Jalan Malioboro Yogyakarta tak ramai seperti sekarang ini, hanya sebuah jalan yang tepinya banyak ditumbuhi oleh pohon asam dan hanya sebagai jalan warga yang hendak menuju ke Keraton Yogyakarta, ataupun ke Pasar Beringharjo atau ke Benteng Vredeburg.

Ada Apa Saja di Jalan Malioboro Yogyakarta?

Kini Jalan Malioboro Yogyakarta telah berubah menjadi destinasi wisata yang tak boleh terlewat untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Malioboro sudah menjadi kawasan pusat oleh-oleh Jogja karena di sini para pengunjung dapat menemukan begitu banyak kios penjual souvenir khas Jogja, kaos, batik, sandal, blangkon, kerajinan tangan, sampai dengan kuliner oleh-oleh khas Jogja seperti bakpia pathok, yangko, dan masih banyak lagi lainnya tentu.

Malioboro bukan hanya sebagai tempat wisata belanja saja, melainkan juga sebagai tempat wisata kuliner di Jogja. Anda akan dapat menjumpai begitu banyak kuliner khas di Jalan Malioboro Yogyakarta. Jadi setelah berbelanja, silahkan lengkapi perjalanan wisata di Malioboro dengan mampir ke rumah makan yang menyediakan kulinr lezat untuk dicicipi. Tidak terkecuali juga jangan lupakan untuk mencicipi kelezatan dari gudeg. Angkringan juga banyak di Malioboro.

Beragam Aktifitas Menarik dan Seru yang Bisa Nikmati

jalan Malioboro yogyakarta

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Malioboro pastinya bukan hanya berbelanja dan juga santap kuliner saja. Akan tetapi Anda juga bisa berkeliling di pusat Kota Jogja menggunakan delman yang ada berjajar di sepanjang jalan Malioboro. Pagi ataupun malam adalah waktu yang lebih tepat untuk menikmati keindahan kota Jogja dengan naik delman di sekitar Malioboro.

Tak hanya itu saja, di jalan Malioboro Jogja jika beruntung Anda akan dapat menjumpai pertunjukan musik jalanan yang mengusung peralatan musik tradisional seperti gamelan. Meskipun ada di pinggir jalan, kelas musik yang disuguhkan tidak kalah dari yang ada di panggung karena memang yang memainkan adalah para seniman yang ahli.

Lokasi Malioboro yang berada di tengah Kota Jogja menjadikan kawasan ini sangat strategis karena dikelilingi oleh beberapa obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa obyek wisata yang dekat dari Malioboro adalah Museum Benteng Vredeburg, Pasar Beringharjo, Museum Sonobudoyo, Keraton Yogyakarta, Alun-alun Utara, sampai dengan Taman Pintar. Beberapa bahkan bisa ditempuh cukup dengan berjalan kaki saja dari Jalan Malioboro Yogyakarta.

Harga Tiket dan Jam Buka

Mengingat bahwa Malioboro ini adalah sebuah jalan, maka para pengunjung tidak dikenakan biaya untuk tiket masuk. Anda hanya perlu menyiapkan uang untuk berbelanja hingga berwisata kuliner di Malioboro. Begitu pun dengan jam bukanya, silahkan datang jam berapa saja di Malioboro. Kawasan wisata belanja dan kuliner di Jogja yang satu ini tak pernah sepi pengunjung dari pagi sampai malam hari.

Lokasi dan Akses

Lokasi Malioboro tidak lain lagi adalah berada di Jalan Malioboro, Kota Jogja. Aksesnya dari mana saja cukup mudah karena memang Jalan Malioboro Yogyakarta ada di tengah kota. Kalau dari terminal Giwangan sendiri ataupun dari halte-halte yang ada di kota Jogja, bisa dengan naik bus kota jalur 4 maupun TransJogja trayek 3A maupun 3B untuk bisa langsung sampai di Malioboro.

Kami, Jogja Rental Motor menyediakan fasilitas penyewaan motor yang dapat lebih memudahkan anda untuk mengakses ke Jalan Malioboro Yogyakarta. Silakan menyewa motor pada kami untuk membuat perjalanan wisata Anda lebih nyaman. Bahkan jika ingin melanjutkan perjalanan ke beberapa obyek wisata di sekitar Malioboro, Anda tidak perlu ribet lagi oper kendaraan umum.