Select Page

Yogyakarta mempunyai beragam objek wisata yang dapat dikunjungi seperti wisata budaya, edukasi, hiburan, kuliner, sejarah, dan wisata alam. Objek wisata alam yang kini tengah gencar dipromosikan yaitu Kalibiru Yogyakarta.

Kalibiru sebelumnya merupakan hutan di ketinggian 450 mdpl di daerah perbukitan. Kalibiru kemudian dikembangkan sebagai tempat wisata edukasi dan wisata alam. Spot-spot foto menarik tersebar di kawasan ini.

Sejarah Wisata Alam Kalibiru Yogyakarta

Pembangunan wisata alam Kalibiru merupakan inisiatif masyarakat sekitar. Mereka menginginkan hutan tetap hijau dan lestari, setelah upaya pemulihan hutan dari tanah yang tandus dan gersang.

desa wisata Kalibiru yogyakarta

Pembangunan wisata alam Kalibiru Yogyakarta mendapatkan izin dari pemerintah yang tertuang dalam Izin Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan. Izin yang didapatkan kelompok pengelola hutan dan masyarakat ini berlaku selama 35 tahun, terhitung sejak tanggal 14 Februari 2008.

Harga Sewa Penginapan, Foto, dan Wahana Permainan

Pemandangan perbukitan bisa Anda saksikan dari Kalibiru. Lebih indah lagi jika Anda dapat melihat pemandangan matahari terbenam di sana. Untuk berfoto dikenakan tarif Rp10.000. Beberapa gardu pandang berbentuk rumah pohon membantu Anda menyaksikan pemandangan di sekitar lokasi.

Ada fasilitas penginapan yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung yang ingin menginap. Dengan 6 buah penginapan yang dapat menampung hingga 15 orang, wisatawan bisa menyewa dengan tarif Rp120.000 per malam untuk satu homestay.

Selain menikmati pemandangan alam yang indah, Anda juga dapat menikmati sajian kuliner di tempat wisata Kalibiru. Terdapat sebuah kafé yang berada di dekat gerbang utama sebagai sambutan untuk pengunjung. Ada juga warung lesehan yang menawarkan harga terjangkau dengan menu kuliner yang nikmat.

Wahana Flying Fox paling Seru

Kalibiru Yogyakarta juga mempunyai wahana flying fox yang dapat digunakan dengan tarif Rp5.000 per orang untuk anak-anak dan Rp10.000 per orang untuk dewasa. Datanglah pada hari Minggu antara pukul 8.00 sampai 16.00 WIB untuk mencoba wahana ini, karena tidak tersedia pada hari yang lain.

Satu lagi wahana yang menjadi daya tarik di Kalibiru yaitu jembatan monyet. Jembatan gantung dari kayu dan simpul tali ini menghubungkan satu pohon dengan pohon lain di kawasan hutan Kalibiru. Dari atas jembatan monyet, pemandangan Waduk Sermo dan sekitarnya terlihat sangat memukau. Soal keamanan meniti jembatan ini, tidak perlu dirisaukan karena tersedia tali pengaman berikut penjaga yang selalu bersiaga memantau.

desa wisata Kalibiru yogyakarta

Sementara itu, fasilitas trekking juga ditawarkan dalam beberapa rute yang dapat ditempuh, mulai dari 1,5 km, 3 km, 5 km, sampai 7 km. Trek yang paling disarankan untuk yang ingin menikmati keindahan Waduk Sermo dari dekat yaitu trek 7 kilometer.

Setiap hari, pengunjung wisata Kalibiru Yogyakarta selalu membludak. Terlebih di hari libur. Untuk menaiki pelataran yang merupakan spot foto terfavorit, pengunjung harus rela antre hingga 2 jam. Tarif foto di pelataran Rp15.000. Tersedia jasa foto profesional yang dibenderol Rp5.000 per file yang bisa disalin ke ponsel atau dikirim ke e-mail Anda.

Di kawasan ini juga ada ruang pertemuan berbentuk joglo sejumlah 3 unit yang masing-masing berkapasitas 75 orang. Ada juga gardu pandang yang dibangun di atas ketinggian bukit Menoreh ini bisa menjadi tempat untuk melihat pemandangan alam di sekitar. Untuk Anda yang tak bisa berpisah dari buku, bisa mengunjungi perpustakaan yang ada di sini.

Tiket Masuk dan Fasilitas

Biaya masuk ke tempat wisata Kalibiru Yogyakarta yaitu Rp5.000 per orang. Sementara parkir motor dikenakan tarif Rp2.000 dan mobil Rp5.000. Fasilitas yang tersedia di sini berupa parkir luas, kios makanan, pendopo, homestay, dan tempat camping.

Lokasi dan Rute yang Tersedia

Kalibiru Yogyakarta berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Jarak dari pusat kota sekitar 40 kilometer. Jalan menuju tempat wisata ini menanjak dan berliku, sehingga harus mengendarai kendaraan dengan kondisi prima.

Rute menuju Kalibiru dapat Anda pilih antara lain melewati Waduk Sermo. Dari Yogyakarta, arahkan kendaraan ke Sentolo, kemudian Pengasih, diteruskan alun-alun Wates- RSUD Wates kemudian Beji dan Sermo. Setelah itu lanjut ke Kalibiru.

Rute kedua yaitu melalui Clerang. Dengan rute ini, waktu tempuh lebih cepat karena tidak banyak tanjakan dan jalan berliku. Rute ini sesuai untuk Anda yang ingin cepat sampai ke lokasi. Dari Pengasih belok ke kanan menuju Clereng. Dari tempat ini sudah banyak terdapat papan petunjuk untuk ke Kalibiru sehingga mempermudah perjalanan Anda.

Mengunjungi Kalibiru Yogyakarta tentu saja lebih nyaman dengan berkendara sendiri. Namun jika Anda tidak membawa kendaraan, utamanya motor, kami menawarkan layanan sewa di Jogja Rental Motor dengan harga yang bersahabat. Cek koleksi unit kendaraan yang kami sediakan.