Select Page

Kaliurang atau yang memiliki arti “Sungai udang” ini merupakan sebuah nama daerah di sebelah utara Yogyakarta. Kawasan ini memiliki udara yang sejuk dan pemandangan khas pegununggan yang menawan. Karena letaknya yang berada di dataran tinggi, kawasan Kaliurang Jogja ini kemudian menjadi sebuah wisata yang menghadirkan pemandangan pegunungan sejuk yang menyegarkan.

Sejarah dan Indahnya Wisata di Kaliurang Jogja

Sejak dahulu sekitar abad ke-19, kawasan Kaliurang memang sudah dijadikan sebagai tempat istirahat oleh orang-orang Belanda. Pemandangannya yang indah membuat warga Belada merasa tertarik untuk membangun bungalow sebagai tempat istirahat yang nyaman. Lalu setelah mereka meninggalkan Indonesia, ada beberapa instansi perusahaan penginapan yang kemudian menambahkan bangunan tempat istirahat seperti wisma.

Seiring berjalannya waktu, kawasan ini banyak dikunjungi oleh warga setempat, wisatawan luar kota dan mancanegara. Kemudian timbulah inisiatif kreatif untuk membangun sarana dan prasarana wisata di kawasan tersebut. Lalu, apa sajakah keseruan yang ada di Kaliurang Jogja? Simak ulasannya berikut ini.

Berkeliling Menyusuri Jalan Setapak

Bagi wisatawan yang suka olahraga pagi, bisa berkeliling menyusuri Kaliurang dengan berjalan kaki atau lari-lari kecil. Sambil berjalan wisatawan bisa menikmati keindahan pemandangan yang masih asri dan menghirup udara segar yang masih sangat alami. Tidak perlu khawatir jika tersesat, karena setiap gang yang ada dikawasan ini satu sama lainnya saling berhubungan.

Menikmati Pemandangan Dari Gardu Pandang

Kegiatan yang tidak kalah menyenangkan yaitu menyaksikan keindahan pohon-pohon yang menghijau berlatar pegunungan yang indah dari atas gardu pandang. Gardu pandang letaknya berdekatan dengan pos pengamatan yang berada di sisi timur kawasan ini atau terletak di tepi Kali Boyong. Nah, dari gardu pandang itu juga wisatawan bisa menikmati keindahan puncak Gunung Merapi dan semburat warna putih dari aliran Kali Boyong.

Bermain di Taman Rekreasi Kaliurang Jogja

kaliurang jogja

Bekembangnya kawasan wisata Kaliurang Jogja tidak terlepas dari adanya tempat wisata keluarga berupa taman rekreasi. Taman rekreasi ini sangat cocok dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga sambil menikmati pemandangan indah dan udara sejuk khas pegunungan. Ada juga berbagai permainan anak yang bisa dijajal oleh wisatawan. Diantaranya ayunan, perosotan, kolam renang mini, serta patung-patung negeri dongeng.

Bermain Outbond Jauh Lebih Menyenangkan

Ada satu kegiatan seru lain yang bisa dinikmati yaitu outbond. Letaknya yang berada di dataran tinggi sangat cocok untuk permainan-permainan outbond seperti flying fox, Spider Web dan lain sebagainya. Udaranya yang sangat sejuk pun mampu membuat tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat.

Lokasi dan Rute Kaliurang Jogja

Kaliurang Jogja terletak di Kabupaten Sleman. Atau lebih tepatnya berada di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Yogyakarta. Akses menuju lokasi wisata ini sudah cukup mudah, karena jalannya yang sudah mulus bisa dilalui kendaraan pribadi maupun transportasi umum lainnya. Dari pusat Kota Jogja berjarak sekitar 28 km atau bisa ditempuh dengan waktu 1 jam perjalanan.

Untuk menuju lokasi wisata dari pusat Kota Jogja gunakanlah arah Jalan Kaliurang. Setelah itu gunakanlah aplikasi Google Maps atau aplikasi serupa yang ada di ponsel Anda sebagai penunjuk arah.

Jam Buka, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Wisata Kaliurang Jogja dibuka untuk umum pada pukul 07.00 sampai 18.00 WIB. Sementara harga tiketnya sebesar Rp6.000 perorang baik anak-anak maupun dewasa. Dan agar bisa menaiki kereta kelinci siapkan uang Rp6.000 dan untuk menikmati pemandangan dari gardu pandang siapakan saja uang sebesar Rp5.000.

Sedangkan untuk menikmati wahana permainan di taman rekreasi akan dikenakan tarif Rp20.000. Namun harga tersebut pun sudah sangat murah, Anda dan keluarga pun sudah bisa berkeliling dan menikmati kesejukan objek wisata ini sepuasnya.

Fasilitas yang ada di objek wisata ini juga sudah cukup memadai. Diantaranya terdapat warung makan, penginapan Kaliurang murah, Kereta Kelinci, taman bermain anak, gardu pandang dan pos pengamatan Merapi, bumi Perkemahan dan tempat ibadah.

Itulah beberapa ulasan mengenai Kaliurang Jogja. Semoga informasi tersebut bisa membantu Anda saat berkunjung ke objek wisata tersebut. Untuk mempermudah perjalanan Anda menuju lokasi wisata, manfaatkanlah Jasa Rental Motor JRM kami. Jogja Rental Motor (JRM) siap melayani perjalanan wisata Anda selama di Jogja dengan aman dan nyaman. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung mengakses di halaman kami.