Select Page

Menemukan tujuan wisata untuk bersama keluarga di Jogja bukanlah hal yang sulit. Banyak tempat wisata untuk keluarga yang menarik untuk dikunjungi. Kebun Binatang Gembira Loka Jogja adalah salah satu pilihannya. Di sini Anda bersama dengan keluarga dapat mengenal banyak spesies hewan, sampai dengan menjajal keseruan berbagai wahana permainan yang menjadi bagian dari fasilitas di Kebun Binatang Gembira Loka.

Sejarah Kebun Binatang Gembira Loka Jogja

Pembangunan Kebun Binatang Gembira Loka diprakarsai oleh keinginan dari Sri Sultan Hamengkubuwono VIII di tahun 1933 silam untuk menjadi sebuah sarana hiburan yang akan dinamai sebagai Kebun Rojo. Pada masa pemerintahannya memang belum terealisasi, dan baru direalisasikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX bersama dengan bantuan dari arsitek Belanda, yakni Ir. Karsten.

Akan tetapi realisasi pastinya baru berjalan di tahun 1953. Bersamaan berdirinya Yayasan Gembira Loka Yogyakarta yang dipimpin oleh Sri Paduka KGPAA Paku Alam VIII. Berlanjut di tahun 1959, Tirtowinoto ditunjuk untuk meneruskan pembangunan Gembira Loka. Seiring waktu pembangunan berjalan. Kemudian puncaknya adalah pada tahun 1978 saat koleksi binatang sudah semakin bertambah dan juga pengunjung pun mengalami peningkatan.

Perbaikan terus dilakukan berkala untuk membuat Kebun Binatang Gembira Loka Jogja selalu dalam kondisi terbaik. Sehingga setiap pengunjung juga nyaman. Sejak pembangunan sampai sekarang, sudah ada cukup banyak kemajuan. Mulai dari penambahan kelompok taman hewan seperti taman burung, sampai dengan adanya beberapa tambahan fasilitas penunjang seperti wahana permainan yang menarik.

Koleksi Hewan di Kebun Binatang Gembira Loka Jogja

Kebun Binatang Gembira Loka Jogja

Kawasan Kebun Binatang Gembira Loka dialiri oleh sungai. Pada bagian tengahnya terdapat banyak pohon-pohon rindang sehingga suasana di sini sangat sejuk. Aneka satwa dari yang hidup di darat sampai dengan hidup di air bisa dijumpai di Kebun Binatang Gembira Loka. Kesemuanya dikelompokkan sendiri-sendiri dalam beberapa kategori wilayah.

Yang menarik lagi di sini adalah Kandang Unta Bertema Timur Tengah yang terletak di bagian utara dari Kebun Binatang Gembira Loka Jogja. Kemudian ada juga Petting Zoo yang menjadi tempat untuk para pengunjung dapat berinteraksi dengan berbagai satwa. Untuk bisa menyaksikan pertunjukan satwa, terdapat jadwal tersendiri.

Tak Hanya Satwa, Ada Wahana Bermain yang Seru

Kebun Binatang Gembira Loka Jogja bukan hanya sebagai tempat untuk dapat menyaksikan aneka koleksi satwa. Akan tetapi juga ada banyak wahana permainan yang seru untuk membuat pengalaman wisata para pengunjung semakin berkesan. Mulai dari wahana Perahu Katamaran, lalu ada juga Speed Boat, Bumber Boat, ATV, Skuter Air, Banana Roat Orca, Perahu Kayu, Ninebot, Zoo Express, Kolam Tangkap sampai dengan Gajah Tunggang ataupun Onta Tunggang.

Kebun Binatang Gembira Loka Jogja

Adanya begitu banyak wahana rekreasi di Kebun Binatang Gembira Loka Jogja pastinya menjadikan aktivitas wisata yang bisa dilakukan di sini ada banyak. Selain mengenal lebih banyak tentang satwa dan juga menikmati wahana-wahana permainan tersebut, aktivitas yang tidak kalah menarik adalah memberi makan hewan pada jam-jam tertentu dengan panduan dari pemandu.

Fasilitas Pendukung

Fasilitas pendukung pun sudah disediakan di Kebun Binatang Gembira Loka untuk memanjakan para pengunjungnya. Mulai dari food court yang jadi pusat untuk bersantap makan saat perut lapar setelah berjalan-jalan di semua area kebun binatang. Kemudian ada fasilitas Musala, WiFi area untuk mengakses internet dengan mudah, Kartu Sobat Satwa yang merupakan kartu keanggotaan untuk mendapatkan banyak penawaran menarik.

Ada juga fasilitas berupa Gelang Anak yang diberikan gratis untuk anak usia 3 hingga 6 tahun sebagai penerapan pengamanan khusus bagi anak-anak saat berada di Kebun Binatang Gembira Lokas Jogja. Sehingga kegiatan rekreasi si kecil lebih aman dan nyaman tentunya.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk Kebun Binatang Gembira Loka hanya dibanderol dengan harga Rp30.000 saja per orang. Kalau datang dengan rombongan, ada potongan harga yang menarik. Untuk beberapa wahana permainan di dalam Kebun Binatang Gembira Loka ada yang dikenakan biaya tambahan lagi.

Lokasi dan Akses

Alamat lengkap Kebun Binatang Gembira Loka Jogja ada di Jalan Kebun Raya No.2 Kecamatan Kotagede, Kota Jogja. Jika datang dengan transportasi umum, bisa menaiki bus kota jalur 7 ataupun jalur 4. Bisa juga menggunakan TransJogja jalur 1A serta 1B.

Nah, tapi untuk urusan transportasi yang jauh lebih mudah untuk berkeliling ke Jogja, termasuk ke Kebun Binatang Gembira Loka Jogja, silakan memanfaatkan jasa sewa motor yang kami sediakan di Jogja Rental Motor (JRM). Soal harga tidak perlu khawatir, harganya bersahabat dengan dompet Anda.