Select Page

Berlibur ke objek wisata dengan keindahan alamnya yang indah tentu bisa membuat pikiran lebih rileks setelah penat bekerja. Kebun Buah Mangunan Jogja bisa menjadi pilihan yang tepat. Objek wisata ini berada di ketinggian 150-200 mdpl dengan lahan seluas 23,3415 ha. Udaranya yang sejuk dan pesona alamnya yang indah membuat objek wisata ini ramai dikunjungi.

Keindahan Alam Tersaji dari Kebun Buah Mangunan Jogja

Kebun Buah Mangunan Jogja dibangun pada tahun 2003 oleh Pemerintah Kota Yogyakarta. Lahannya yang luas kemudian ditanami berbagai tumbuhan seperti belimbing, durian dan rambutan. Ada juga beberapa jenis binatang yang bisa ditemui di objek wisata ini salah satunya yaitu rusa. Berikut ini ulasan keseruan objek wisata Kebun Buah Mangunan Jogja.

Kebun Buah Mangunan Jogja

Menyaksikan Pemandangan Luar Biasa Dari Gardu Pandang

Kebun Buah Mangunan juga sering mendapat julukan negeri di atas awan. Daya tarik utama objek wisata ini terletak pada gardu pandangnya yang memiliki ketinggian 200 meter. Dari Gardu Pandang inilah wisatawan bisa menyaksikan indahnya gumpalan awan menyelimuti pegunungan sewu. Dari arah Selatan wisatawan bisa melihat pemandangan dari Pantai Parangtritis lalu dari arah Barat terdapat pemandangan kota yang tidak kalah menawan.

Kebun Buah Mangunan Jogja

Ada juga Sungai Oyo yang berwarna sedikit kehijau-hijauan dan terlihat sangat jelas dari gardu pandang. Selain itu terdapat sejumlah monyet yang juga menjadi daya tarik tersendiri objek wisata ini. Wisatawa juga bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam dengan sangat jelas dan indah.

Berlibur Sekaligus Belajar Tumbuh-tumbuhan

Selain pemandangan indahnya, wisatawan juga bisa belajar mengenal tanaman buah yang dibudidayakan di Kebun Buah Mangunan. Lahannya yang terletak di perbukitan membuat tanaman tumbuh subur. Adapun tanaman buah di Kebun Buah Mangunan diantaranya pohon durian, pohon jambu air, pohon jeruk dan pohon mangga. Ada juga pohon matoa, belimping, pinus, jambu biji, cempedak, king grass dan lain sebagainya.

Melihat Pembibitan Sapi

Di Kebun Buah Mangunan Jogja, wisatawan juga bisa melihat langsung proses pembibitan sapi. Pembibitan sapi dilakukan untuk mempertahankan populasi sapi ternak. Hal tersebut sangat berguna karena sapi-sapi itu nantinya akan menghasilkan pupuk alami yang bermanfaat untuk kesuburan tanaman buah.

Spot Foto Keren

Setiap keindahan yang dihadirkan oleh objek wisata ini dapat dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto-foto. Jadi, jangan lupa untuk membawa perlengkapan fotografi yang memadai untuk mengabadikan momen liburan Anda.

Lokasi dan Rute Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan Jogja masih berada di Kabupaten Bantul. Lebih tepatnya di Dusun Mangunan, Kecamatan Dlinggo, Provinsi Yogyakarta. Dari pusat Kota Jogja berjarak sekitar 35 km, sementara dari Kota Bantulnya berjarak sekitar 15 km. Akses menuju kebun buah mangunan cukup mudah karena bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat.

Untuk menuju Kebun Buah Magunan dari arah Terminal Giwangan, Anda bisa menuju Jalan Imogiri Timur sampai pertigaan. Lalu dari pertigaan belok ke kiri sampai menemukan pertigaan lagi. Nah, dari situ Anda bisa mengikuti papan petunjuk yang sudah disediakan. Setelah sampai di pintu masuk Anda masih harus berjalan kaki kurang lebih 300 meter melewati anak tangga.

Jam Buka, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Objek wisata ini terbuka untuk umum setiap hari pukul 04.00-19.00 WIB. Untuk menikmati keindahan objek wisatanya, setiap wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5.000,00 dan untuk parkirnya sejauh ini masih gratis. Waktu terbaik mengunjungi wisata ini pukul 17.000 WIB karena saat itu bertepatan dengan tenggelamnya matahari. Pemandangan sekitar pun terlihat lebih indah dengan siluet keemasan.

Fasilitas yang ada di Kebun Buah Mangunan Jogja sudah cukup lengkap. Seperti berbagai wahana permainan dan fasilitas umum lain berupa lahan parkir yang luas, tempat makan, toilet dan mushola.

Demikianlah ulasan singkat seputar Kebun Buah Mangunan Jogja. Dan bagi Anda yang berminat untuk mengunjungi objek wisata tersebut tetapi terkendala transportasi. Layanan sewa motor milik kami, Jogja Rental Motor punya solusinya untuk Anda. Untuk informasi lengkap dan penawaran lainnya. Silahkan kunjungi halaman website kami. Semoga bermanfaat dan selamat liburan.