Select Page

Memetik teh langsung dari kebun menjadi daya tarik utama yang ditawarkan oleh Kebun Teh Nglinggo Yogyakarta. Perkebunan teh ini ada di ketinggian 800 mdpl yang terbentang luas di Pegunungan Menoreh. Dari tempat ini, panorama puncak gunung terlihat jelas yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Slamet, Prau, Sindoro, Sumbing, Ungaran, dan Telomoyo.

Sebelum dibuka sebagai tempat wisata, mulanya Kebun Teh Nglinggo Yogyakarta merupakan tempat pembibitan teh. Pemerintah Kabupaten Kulon Progo bersama petani teh Samigaluh dan PT. Pagilaran juga meluncurkan teh wangi Suroloyo yang diproduksi dari kebun teh ini.

Kebun Teh Nglinggo Yogyakarta, Wisata Alam dan Edukasi di Satu Tempat

Di area kebun teh satu-satunya di Yogyakarta ini, Anda dapat memotret pemandangan maupun berswafoto asalkan tidak merusak kawasan tersebut.

Kebun Teh Nglinggo Yogyakarta

Selain hamparan kebun teh yang menghijau, Kebun Teh Nglinggo Yogyakarta juga mempunyai puncak Kedeng Gunung Kukusan. Untuk menuju ke puncak ini, Anda harus melalui medan terjal dari tanah liat. Berjalan menuju puncak memang menguras tenaga, namun hasilnya akan sebanding dengan perjuangan Anda. Keindahan pegunungan Menoreh yang masih asri dan sejuk menyambut Anda di puncak ini.

Selain mengunjungi kebun teh, di kawasan ini juga banyak aktivitas lain yang tak kalah menarik. Pergunakan kesempatan menyambangi tempat ini dengan belajar bertani, beternak kambing, dan berkesenian. Ada seni membatik, menari Lengger dan Jathilan, serta membuat topeng yang sayang untuk dilewatkan. Ada juga paket wisata berkeliling dengan Jeep di Desa Wisata Nglinggo yang disediakan pengelola.

Kegiatan-kegiatan di Kebun Teh Nglinggo ini sangat sesuai untuk Anda yang berwisata bersama keluarga atau sahabat. Selain menikmati keindahan alam, juga memanfaatkan sarana rekreasi yang tersedia.

Tiket Masuk dan Fasilitas yang Disediakan

Biaya retribusi sebesar Rp3.000 akan dikenakan kepada pengunjung yang datang ke Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo ini. Sambil beristirahat setelah lelah mengelilingi perkebunan, singgahlah di warung-warung sekitar lokasi. Mereka umumnya menyediakan minuman racikan teh asli Nglinggo dan aneka makanan ringan.

Kebun Teh Nglinggo Yogyakarta

Bila Anda belum puas berwisata seharian di kawasan ini, ada beragam pilihan penginapan yang tersedia. Tempat menginap di sini sudah dilengkapi dengan fasilitas tempat tidur dan toilet yang bersih dan nyaman, serta paket makanan dengan menu tradisional. Tersedia juga tempat parkir luas untuk kendaraan Anda di lokasi wisata ini.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berkunjung

Tak hanya kebun teh, Desa Wisata Nglinggo juga mempunyai banyak lokasi-lokasi menarik untuk dikunjungi seperti Bukit Ngisis dan hutan pinus. Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini sebelum datang.

  1. Hubungi warga setempat

Sebelum berangkat ke Desa Wisata Nglinggo, sebaiknya Anda menghubungi pengelola tempat wisata atau perangkat desa, terutama jika datang bersama rombongan. Hal ini untuk mengantisipasi Anda tersesat ketika datang ke desa tersebut. Mereka akan memberikan arahan dan peta lokasi Desa Wisata Nglinggo agar Anda sampai dengan selamat.

  1. Memastikan kendaraan dalam kondisi baik

Rute menuju Nglinggo didominasi jalan berupa tanjakan, turunan, dan tikungan yang menuntut performa terbaik dari kendaraan. Persiapkan kendaraan dalam kondisi prima dan bawalah kendaraan dengan berhati-hati.

  1. Hindari berada di jalan sekitar pukul 7 malam

Cuaca harus Anda perhatikan sebelum memutuskan berangkat menuju desa ini. Karena di daerah pegunungan, kabut tebal akan turun sekitar pukul 7 malam. Kondisi ini membuat jarak pandang sempit dan kabur, sehingga sangat berbahaya untuk membawa kendaraan. Disarankan sebelum jam tersebut sudah sampai Nglinggo, atau menunda perjalanan hingga pukul 8 malam waktu setempat.

Lokasi dan Cara Menuju ke Kebun Teh Nglinggo

Kebun teh ini berlokasi di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Rute menuju Kebun Teh Nglinggo Yogyakarta sangat mudah. Dari pusat kota Yogyakarta, Anda bisa mengambil jalur Godean. Ambil arah barat dari Tugu Jogja sejauh 18 km menuju ke Kulon Progo. Setelah melalui jembatan Kali Progo, belok ke kanan tepat di lampu lalu lintas, sekitar 18 kilometer dari belokan ini Anda akan menemukan lampu lalu lintas berikutnya yaitu perempatan Dekso. Dari sini ambil arah kiri hingga sampai di pasar Plono. Ikuti petunjuk jalan ke arah Kebun Teh Nglinggo sampai ke pos retribusi.

Medan yang harus Anda lalui untuk menuju ke Kebun Teh Nglinggo Yogyakarta ini menanjak dengan penuh dengan tikungan, sehingga kendaraan yang paling tepat digunakan adalah sepeda motor. Akan tetapi jika Anda tidak membawa kendaraan sendiri, kami menawarkan solusi dengan sewa kendaraan. Hubungi Jogja Rental Motor untuk mendapatkan layanan sewa kendaraan bermotor kami dengan harga bersahabat.