Select Page

Kotagede merupakan sebuah Kabupaten di Yogyakarta yang kaya akan wisata. Selain menarik dengan bangunan-bangunan khas zaman Mataram Islam, kota yang terletak di sebelah tenggara Kota Pelajar tersebut terkenal dengan kerajinan peraknya. Kerajinan perak Kotagede Jogja merupakan daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang tidak pantas jika dihiraukan begitu saja.

Apa saja sih yang dapat Anda lakukan dengan mengungi Kotagede, khususnya mengenai kerajinan perak? Berikut ulasannya untuk Anda.

Kerajinan Perak Kotagede Jogja yang Khas

Kerajinan Perak Kotagede Jogja

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa keistimewaan perak Kotagede dibandingkan di tempat lain? Bedanya pada ciri khasnya yang sungguh menjadikan karya seni tersebut pantas dibanggakan. Ciri khas tersebut yaitu pada relief indah pada perhiasan atau benda yang berwarna hitam maupun putih.

Ada banyak Galeri Kerajinan Perak yang Dapat Dikunjungi

Di Kotagede akan ditemui deretan galeri kerajinan perak. Anda dapat masuk tanpa membayar dan melihat-lihat sepuasnya. Anda akan dibuat terkagum-kagum dengan kalung, gelang, bros, lemari, kursi, hiasan dinding, dan berbagai kerajinan perak lainnya. Benda-benda cantik tersebut tidak hanya dipajang tetapi juga dijual. Jadi, Anda dapat membeli benda yang memikat hati. Harganya cukup terjangkau, dari mulai Rp100.000 hingga jutaan rupiah.

Semakin Menyenangkan dengan Mengikuti Workshop Kerajinan Perak

Melihat-lihat keindahan kerajinan perak Kotagede pastinya membuat Anda ingin mengetahui proses pembuatannya. Ternyata tidak hanya mengetahui prosesnya saja, Anda juga dapat terjun langsung membuat kerajinan perak tersebut. Caranya dengan mengikuti workshop yang disediakan oleh pihak pengelola. Jangan salah, workshop ini sangat diminati baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, lho.

Kerajinan Perak Kotagede Jogja

Lokasi dan Rute ke Kerajinan Perak Kotagede Jogja 

Lokasi berbagai galeri tempat membuat kerajinan perak Kotagede tidaklah jauh dari pusat kota jogja. Dari Malioboro saja hanya berjarak 6 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 18 menit saja menggunakan kendaraan pribadi, baik motor atau mobil. Waktu tempuh tersebut bisa lebih panjang jika keadaan jalan sedang macet. Lokasi tersebut berada di Jalan Kemasan, masuk kawasan Purbayan, Kota Gede, Kota Yogyakarta.

Dengan bantuan Google Map akan mudah sekali untuk menemukan rute menuju lokasi. Namun untuk lebih mempermudahkan Anda berikut rutenya.

Awali perjalanan dari Jalan Malioboro, arahkan ke selatan hingga sampai di Jalan Dagelan. Setelah menempuh jarak sekitar 280 meter, beloklah ke kiri menuju Jalan Suryatmajan. Kemudian bertemu dengan belokan kembali, beloklah ke kanan ke Jalan Surgyotomo lurus terus hingga sampai di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, kemudian belok ke kiri mengikuti Jalan Brijen Katamso.

Selanjutnya, untuk sampai di Jalan Kolonel Sugiyono, beloklah ke kiri. Terus lurus hingga melewati Jalan Supeno, melewati juga Jalan Perintis Kemerdekaan, dan Jalan Ngeksigondo. Setelah itu baru belok ke kiri mengikuti Jalan Retno Dumilah, tak lama Anda akan sampai di Kotagede. Kemudian ambillah arah ke Jalan Kemasan.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Mengunjungi Kerajinan Perak Kotagede tidak dipungkut biaya sama sekali atau bisa dikatakan gratis. Namun, jika Anda ingin mengikuti kursus yang tersedia di sini, Anda dapat datang ke Studio 76 di Jalan Purbayan. Harga kursus  bervariasi dari Rp100.000 sampai Rp700.000 untuk kursus singkat. Sedangkan untuk kursus dengan full day, Anda harus membayar Rp1.000.000 sampai Rp2.000.000.

Sebelum mengujungi wisata menarik tersebut, tentu Anda harus mengetahui jam bukanya. Jam buka Kerajinan Perak Kotagede dibuka mulai pukul 08.00 sampai 16.00, untuk harinya dibuka Senin sampai Sabtu, Minggu libur. Ada berbagai fasilitas di tempat ini, dari mulai belajar membuat kerajinan perak, galeri yang menjual kerajinan perak, toilet, area parkir, warung makan, dan fasilitas lainnya.

Pastilah mengunjungi Kerajinan Perak Kotagede Jogja merupakan penutup liburan paling mengesankan di Jogja. Sebab tidak hanya membuat mata berbinar-binar dengan kecantikan kerajinan perak yang dipamerkan, Anda juga dapat membelinya sebagai oleh-oleh. Nah, jika dalam perjalanan di Jogja Anda membutuhkan kendaraan, Kami, Jogja Rental Motor memberikan penawaran sewa motor di Jogja terbaik. Dari keadaan motor yang selalu prima, pelayanan yang cepat, dan paling penting harga yang ditawarkan terjangkau.