Select Page

Ada satu lagi objek wisata religi yaitu Makam Astana Girigondo Jogja. Makam ini juga khusus diperuntukan bagi raja, keluarga dan kerabatnya. Berbeda dengan Makam Imogiri yang dikhususkan untuk raja-raja Keraton Jogja dan Surakarta. Makam Astana Girigondo diperuntukan khusus raja-raja Pakualaman dan kerabatnya. Makam ini terlertak di Bukit Manoreh, sebuah bukit dengan area hijau pepohonan yang yang berderet luas.

Sejarah Makam Astana Girigondo Jogja

Makam Astana Girigondo Jogja dibangun pada tahun 1900 atas perintah Paku Alam V. Sebelumnya para pangeran, raja, keluarga maupun kerabat kerajaan waktu itu masih di makamkan di Kotagede tepatnya di pesarean Hastana Kitha Ageng. Barulah pada masa Paku Alam V pemakaman dilakukan di Astana Girigondo. Lambang tahun 1900 pun tertera di bagian prasasti gapura. Selain itu Astana Girigondo juga memiliki ratusan anak tangga.

Makam Astana Girigondo jogja

Namun ada yang unik pada anak tangga tersebut karena jumlahnya seakan tidak pernah sama ketika dihitung. Selalu saja berubah-ubah, kadang berjumlah 170 anak tangga tetapi kadang kala hanya berjumlah 150 saja. Namun justru hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung.

Area pemakaman ini juga dilengkapi sebuah masjid yang berada tepat sebelum pintu gerbang. Masjid tersebut biasanya digunakan untuk beribadan maupun memperdalam agama Islam. Selain itu, juga berfungsi sebagai tempat berkumpul untuk menjalin tali silaturahim.

Nama Astana Girigondo sendiri mempunyai arti tersendiri. Hal tersebut seperti yang dituturkan oleh Mas Lurah Rokhanudin selaku juru kunci makam. Menurutya Girigondo berasal dari kata giri yang berarti gunung dan gondo yang berarti harum baunya. Oleh karena itu Girigondo memiliki arti makam yang harum untuk orang bersahaja. Berikut ini beberapa ativitas yang bisa dilakukan di Makam Astana Girigondo Jogja.

Berziarah Ke Makam Leluhur

Aktivitas utama yang bisa dilakukan oleh wisatawan yaitu berziarah sambil mengenal para leluhur. Sebelum menuju ke makam utama, wisatawan harus bersuci dan beribadah di masjid terlebih dahulu. Setelah selesai barulah diperbolehkan ke atas. Dan sebelum masuk ke makam utama biasanya sejenak akan beristirahat sambil mempersiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan.

Makam Astana Girigondo jogja

Tempat Penelitian Sejarah

Makam Astana Girigondo Jogja juga bisa digunakan sebagai tempat penelitian sejarah. Sebagaimana kita ketahui bahwa makam ini memiliki nilai historis yang cukup kental. Sehingga tidak heran jika ada beberapa wisatawan yang sengaja datang hanya untuk melakuka mini research.

Lokasi dan Rute Makam Astana Girigondo

Makam Astana Girigondo berada di Kabupaten Kulon Progo, Desa Kaligantung, Kecamatan Temon, Provinsi Yogyakarta. Akses menuju lokasi terbilang cukup mudah dan bisa diakses menggunakan motor atau mobil. Rute sudah didominasi oleh jalan beraspal yang memudahkan pengunjung untuk berkendara. Selain itu, beberapa papan penunjuk arah juga tersedia untuk memandu jalan.

Bagi yang ingin menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menumpang bus jurusan Wates dari kota Yogyakarta. Sesampainya di terminal Wates, lanjutkan perjalanan dengan kendaraan umum jurusan Purworejo dan turun di Temon Wetan. Setelah itu, perjalanan menuju lokasi Makam Astana Girigondo bisa dilanjutkan dengan ojek.

Jam Buka, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Makam Astana Girigondo Jogja terbuka untuk umum setiap hari. Untuk jamnya sejauh ini belu didapat informasi yang sesuai. Untuk bisa berziarah di makam, wisatawan tidak dipungut biaya tertentu atau gratis. Jika berminat wisatawan pun boleh menyumbang seikhlasanya. Fasilitas yang ada di Makam Astana Girigondo diantaranya masjid, toilet dan tempat parkir.

Meskipun di makam ini tidak ada peraturan khusus bagi wisatawan seperti di Makam Imogiri. Namun tetaplah berlaku dan berpakaian sopan. Jagalah kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Jika merasa bingung jangan sungkan untuk bertanya pada juru kunci.

Nah itulah ulasan seputar Makam Astana Girigondo Jogja. Semoga sedikit informasi tersebut dapat membantu Anda yang ingin berkunjung ke sana. Untuk mempermudah akses ke lokasi, sewa saja motor di layanan kami, Jogja Rental Motor. Kami siap melayani perjalanan liburan Anda dengan aman dan nyaman. Silahkan kunjungi halaman website kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan penawaran menarik lainnya.