Select Page

Siapa pun pasti pernah mendengar objek wisata Monumen Jogja Kembali. Namun mungkin banyak yang belum mengetahui sejarah di balik terbangunnya monumen tersebut. Apabila berkunjung ke Kota Jogja jangan lupa menyempatkan diri bertandang dan ikut menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Jogja melawan Belanda pada waktu itu.

Monumen Jogja Kembali merupakan museum yang menjadi saksi bisu sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia di Yogyakarta. Saat ini monumen atau museum tersebut  dikelola oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Yogyakarta. Museum ini sangat cocok untuk dikunjungi semua kalangan terutama para pelajar dan penggiat sejarah.

Sejarah dan Pendirian Monumen Jogja Kembali

Monumen ini didirikan pada tanggal 29 Juni 1985 sebagai bentuk penghargaan terhadap para pahlawan yang telah gugur. Batu pertama monumen setinggi 31,8 meter diletakkan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Paduka Paku Alam VII. Peletakan batu dilakukan setelah upacara penanaman kepala kerbau.

Monumen Jogja Kembali

Nama Monumen Jogja Kembali Yogyakarta merupakan sebuah lambang yang berfungsi sebagai bentuk  kembalinya Pemerintahan Republik Indonesia. Sekaligus sebagai bukti sejarah kekalahan penjajah Belanda pada tanggal 29 Juni 1949. Serta kembalinya Presiden Soekarno, Wakil Presiden Mohammad Hatta dan petinggi lainnya pada tanggal 6 Juli 1949 di Yogyakarta.

Berikut ini beberapa keseruan yang bisa dilakukan oleh wisatawan selama berkunjung ke objek wisata Monumen Jogja Kembali.

Menyaksikan Replika Pesawat dan Senapan Mesin Beroda

Monumen Jogja Kembali berbentuk segitiga seperti sebuah piramid di Mesir. Saat pertama kali memasuki museum wisatawan akan disuguhi dua buah replika pesawat tempur. Pesawat tersebut bernama pesawat cureng yang berada di sebalah timur. Adapun satunya lagi bernama Pesawat Guntai dan berada di sisi sebelah barat. Tidak hanya itu, apabila wisatawan sedikit naik ke teras akan ada dua buah senapan mesin beroda yang berdiri kokoh.

Menyusuri Monumen dan Ikut Menjadi Saksi Sejarah

Untuk menuju bangunan utama Monumen Jogja Kembali terdapat empat jalan yang dikelilingi oleh sebuah kolam renang.  Di lantai satu terdiri dari empat ruang museum yang menampilkan koleksi seputar sejarah 1 maret. Perjuangan sebelum kemerdekaan hingga pada akhirnya Yogyakarta menjadi ibukota Republik Indonesia. Di lantai satu ini juga juga terdapat seragam tentara pelajar dan kursi tandu milik Jenderal Sudirman.

Adapun ruangan berikutnya terdapat sebuah ruang sidang dan ruang untuk keperluan seminar atau pesta pernikahan yang berbentuk lingkaran. Sementara di lantai dua terdapat berbagai ukiran indah di sepanjang dinding. Ukiran relief tersebut menceritakan perjuangan rakyat Indonesia khususnya warga Yogyakarta saat melawan penjajahan.

Nah, di dalam ruangan lantai dua juga terdapat diorama yang mengisahkan kondisi di saat Belanda berhasil menyerang Maguwo. Selain itu juga mengisahkan Perjanjian Roem Royen dan Peringatan Proklamasi 17 Agustus 1949 di Gedung Agung Yogyakarta.

Monumen Jogja Kembali

Di lantai terakhir atau lantai tiga terdapat sebuah ruangan yang berbentuk melingkar. Ruangan tersebut merupakan ruangan hening yang bernama Garbha Graha. Sebuah ruangan dengan bendera merah putih yang bertujuan untuk mendoakan para pahlawan yang telah gugur.

Lokasi dan Rute Monumen Jogja Kembali

Objek wisata ini terletak di Kabupaten Sleman, Jalan Ring Road Utara, Sariharjo, Nganglik, Provinsi Yogyakarta. Akses menuju lokasi wisata cukup mudah dan bisa dilalui oleh motor ataupun mobil.

Untuk sampai lokasi wisata bila Ada bertandang dari Bandara Adisucipto. Ada beberapa pilihan transportasu, yaitu Bus Transjogja jalur monjali. Ada juga Taxi dan ojek motor yang bisa Anda manfaatkan. Apabila dari arah stasiun tugu Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum seperti taxi dan ojek.

Apabila menggunakan kendaraan pribadi, ikutilah jalur berikut ini. Dari perempatan Tugu ‎Yogyakarta lurus ke sampai perempatan ringroad utara. Setelah sampai belok ke kiri ‎kemudian ambil jalur ke arah sebaliknya. Monumen Jogja Kembali berada sekitar 50 meter ‎sebelah barat perempatan ringroad pada sisi utara jalan.‎

Jam Buka, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Monumen Jogja terbuka untuk umum setiap hari Selasa s/d Minggu pukul 08.00-‎‎16.00 WIB. Dan khusus Kembali hari Senin libur. Nah bagi wisatawan yang ingin berkunjung kesini akan dikenakan tarif Rp10.000. Fasilitas yang ada di objek wisata ini terbilang cukup lengkap, seperti tempat parkir, rumah ‎makan, Taman Pelangi untuk anak, Toilet dan lain-lain.

Demikialah ulasan singkat seputar objek wisata Monumen Jogja Kembali. Semoga informasi di atas dapat membantu liburan Anda. Dan bagi Anda yang berminat untuk berkunjung ke objek wisata tersebut tetapi terkendala transportasi. Jogja Rental Motor siap melayani perjalanan dengan aman dan nyaman. Kunjungi saja halaman kami untuk mendapatkan informasi dan penawaran menarik lainnya.