Select Page

Wisata sejarah di Jogja memang banyak sekali yang menarik untuk dikunjungi. Keberadaanya menjadi pilihan tujuan berwisata sekaligus untuk mengenal dan mengenal sejarah di masa lalu. Salah satunya yaitu Monumen Serangan Umum 1 Maret. Tempat ini memiliki kisah sejarah yang patut untuk dikenal dan dikenang. Akan sangat menarik jika ke Monumen Serangan Umum 1 Maret Yogyakarta saat jalan-jalan di waktu libur. Masih bernuansa perjuangan, Anda pun bisa mampir ke Museum Sasmitaloka.

Tentang Monumen Serangan Umum 1 Maret Yogyakarta

Monumen Serangan Umum 1 Maret diresmikan tahun 1973 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Dibangunnya monumen ini untuk memperingati serangan pasukan tentara Indonesia dalam melawan Belanda yang terjadi tanggal 1 Maret 1949. Kala itu Indonesia dianggap tidak berkutik lagi dan bahkan Belanda menganggap Indonesia sudah tidak ada. Untuk menunjukkan keberadaan Indonesia di mata dunia, maka direncanakanlah sebuah serangan besar-besaran.

Catatan sejarah menunjukkan bahwa serangan besar-besaran oleh pasukan TNI tersebut dibawah pimpinan Komandan Brigade 10 daerah Wehkreise III, Letnan Kolonel Soeharto. Pada perperangan tersebut, Kota Jogja telah sukses untuk diduduki TNI selama 6 jam lamanya hingga pukul 12.00 WIB. Waktu tersebut sesuai rencana yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Monumen Serangan 1 Maret Yogyakarta

Keberhasilan dalam serangan umum tanggal 1 Maret tersebut membuat moril TNI pun naik serta dapat menghancurkan propaganda dari Belanda. Sekarang ini Monumen Serangan Umum 1 Maret Yogyakarta telah jadi sebuah landmark sekaligus cagar budaya Kota Jogja. Bangunan ini akan mengingatkan pada sejarah perjuangan besar bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan RI.

Ada Apa Saja di Monumen Serangan 1 Maret Yogyakarta

Terdapat pelataran di area Monumen Serangan 1 Maret Yogyakarta yang sering dipakai untuk pelaksanaan berbagai acara. Mulai dari acara seni budaya berskala kecil yang dihelat oleh komunitas maupun berskala besar yang digelar oleh instansi ternama. Kemudian juga acara konser musik, dan pertunjukan-pertunjukan menarik lainnya. Hal ini karena memang letak pelataran monument yang cukup strategis.

Monumen Serangan 1 Maret Yogyakarta

Seolah tidak ada kata sepi pengunjung di Monumen Serangan Umum 1 Maret Yogyakarta. Karena setiap harinya selalu jadi tujuan banyak masyarakat, baik masyarakat sekitar maupun para wisatawan.

Dengan mengenang perjuangan bangsa diharapkan agar nilai perjuangan tokoh-tokoh terdahulu bisa menjadi teladan untuk di masa sekarang. Kegiatan yang tidak kalah seru lainnya lagi adalah berfoto dengan background berupa Monumen Serangan Umum 1 Maret Yogyakarta ini. Tetaplah untuk menjaga kelestarian dari monumen dengan selalu berlaku sopan dan tidak merusak apa yang ada di sekitaran monumen.

Karena letak Monumen Serangan Umum 1 Maret ini yang berada di tengah kota, maka para pengunjungnya bisa dengan mudah untuk mengakses berbagai destinasi wisata lainnya yang ada di sekitar. Mulai dari Taman Pintar, kemudian Pasar Berigharjo, Benteng Vredeburg yang kesemuanya bisa ditempuh bahkan cukup dengan berjalan kaki saja sekitar 15 menit.

Harga Tiket Masuk

Siapa saja bisa menyaksikan Monumen Serangan Umum 1 Maret ini tanpa mengeluarkan biaya alias gratis. Datanglah ke Monumen Serangan Umum 1 Maret Yogyakarta di waktu yang tepat, yakni ketika sedang digelar acara. Soalnya jika tidak ada acara, biasanya monumen ditutup untuk umum, hanya bisa melihat dari luar pagar saja.

Lokasi dan Akses

Monumen Serangan Umum 1 Maret ada di ujung perempatan Nol Kilometer Jogja. Jika melakukan perjalanan dari Malioboro, silahkan menuju ke arah selatan sampai dengan perempatan Nol Kilometer atau Kantor Pos Besar. Anda sudah bisa menjumpai monumen ini di sana. Jika menggunakan transportasi umum, bisa naik TransJogja jalur 1A, 1B, 2A, 2B serta 3A dan turun di halter A. Yani maupun Halte Senopati.

Nah, kalau untuk akses yang lebih mudah lagi ke Monumen Serangan Umum 1 Maret Yogyakarta, silakan memanfaatkan jasa rental motor yang kami sediakan di Jogja Rental Motor. Dengan menyewa motor pada kami, perjalanan Anda untuk menuju ke berbagai destinasi wisata lainnya di sekitar monumen juga akan lebih mudah. Jika transaksi pemesanan sudah berhasil, maka kami bisa mengantar motor yang Anda sewa untuk ke lokasi Anda.