Select Page

Dunia lukis internasional telah mengenal salah satu sosok maestro dari Indonesia bernama Affandi Koesoema yang telah mendedikasikan hidupnya untuk lukisan. Begitu banyak karya lukis yang telah ditelurkan oleh Affandi hingga ia membangun sebuah museum di Jogja. Itulah yang kini dikenal sebagai Museum Affandi Jogja. Ada tidak kurang dari 300 koleksi lukisan sampai dengan barang-barang kesayangan sang maestro ada di Museum Affandi Jogja.

Bangunan Museum Affandi Jogja yang Unik

Museum Affandi punya arsitektur bangunan yang sangat unik dan khas. Bentuknya seperti istana dongeng dengan atap kuncup berwarna hitam yang juga lengkap dengan adanya pohon-pohon rindang untuk membuat suasana semakin sejuk saat berada di museum yang dulunya adalah tempat tinggal Affandi dan keluarganya.

Museum ini hasil rancangan Affandi sendiri dan dibangun secara bertahap dari satu bagian ke bagian lainnya. Pengunjung Museum Affandi Jogja dapat menemukan berbagai koleksi lukisan karya Affandi, kendaraan pribadi, barang-barang pribadinya sampai dengan peralatan komunikasi.

Koleksi Museum Affandi Jogja

Saat awal memasuki Museum Affandi, pengunjung akan disambut dengan suasana yang sejuk karena pohon-pohon rindang yang ada di area depan museum. Lahan parkir yang tersedia juga luas dan tentu dengan rindangan pohon yang ada. Museum Affandi Jogja mempunyai 4 galeri yang diisi dengan koleksi lukisan karyanya sampai dengan galeri yang digunakan sebagai pusat belajar melukis. Ketiganya dinamai sebagai Galeri I, Galeri II, Galeri III, dan Galeri IV.

Museum Affandi Jogja

Galeri I diisi dengan karya lukis sang maestro dari awal sampai dengan akhir karirnya sebagai pelukis. Ada mulai dari sketsa-sketsa pada kertas, kemudian lukisan cat air, lukisan cat minyak, sampai dengan lukisan pastel. Selain itu, di Galeri I juga tersimpan beberapa barang yang berkaitan dengan perjalanan hidup sang maestro. Ada mobil sedan Gallant, ada sepeda Reliegh, sandal jepit, sarung, sampai dengan perlengkapan melukis.

Berjalan menuju ke Galeri II yang letaknya berada di kiri dari Galeri I. Pada Galeri II  Museum Affandi Jogja ini terdapat makam Affandi, istrinya, serta juga Maryati. Atap serta bentuk bangunan dari Galeri II sangat unik,yakni mirip dengan pelepah daun pisang. Terdapat juga bangunan lantai 3 yang letaknya ada di samping Galeri II. Bangunan lantai 3 tersebut dipakai sebagai gardu pandang untuk menyaksikan keindahan kota Jogja dari atas ketinggian.

Museum Affandi Jogja

Setelah dari gardu pandang, silakan turun menuju ke Galeri III. Karya lukis dari keluarga Affandi dan Maryati adalah koleksi yang bisa dijumpai pada Galeri III. Jika suasana yang artistic sangat dirasakan pada Galeri I dan Galeri II, berbeda halnya dengan Galeri III yang lebih biasa saja. Hanya bangunan biasa yang dilengkapi dengan lukisan-lukisan dibiarkan menyender di tembok, tidak digantung. Sementara khusus Galeri IV diisi oleh karya lukis Dodit yang merupakan cucu dari Affandi.

Keseruan yang Bisa Dilakukan di Museum Affandi

Hal pertama yang pasti seru untuk dilakukan di Museum Affandi Jogja adalah menyaksikan karya-karya besar sang maestro lukis. Kemudian yang kedua adalah belajar melukis di Studio Gajah Wong bersama dengan pelukis-pelukis professional. Bisa juga cukup dengan menyaksikan kegiatan melukis. Kalau ingin lebih santai, datang saja ke Loteng Café untuk menikmati beberapa sajian makanan ataupun minuman.

Harga Tiket Masuk Museum Affandi

Tiket masuk ke Museum Affandi bagi pengunjung lokal adalah Rp25.000 dan khusus untuk anak-anak hanya Rp10.000 saja. Sedangkan kalau wisatawan asing dikenakan biaya masuk Rp25.000. harga tiket masuk tersebut sudah termasuk mendapatkan brosur serta voucher minuman untuk ditukar di Loteng Café. Ada tambahan biaya jika masuk museum ini membawa kamera, yakni Rp20.000 jika membawa kamera digital, serta Rp10.000 untuk kamera ponsel.

Lokasi dan Akses

Alamat lengkap Museum Affandi Jogja ada di Jalan Laksda Adisucipto Nomor 167, Caturtunggal, Depok, Sleman. Lokasinya cukup strategis yang dapay ditempuh dengan bus kota jalur 7, bisa juga dengan TransJogja jalur 1A dari arah Malioboro maupun jalur 1B dari arah Bandara Adisucipto. Anda juga dapat menyewa motor di Jogja Rental Motor. Kami menyediakan fasilitas sewa motor yang terbaik dengan harga yang ramah di kantong.