Select Page

Kelengkapan destinasi wisata di Jogja adalah alasan besar kenapa Jogja banyak dipilih sebagai tujuan masyarakat ketika masa liburan datang. Bosan dengan wisata yang itu-itu saja, Jogja punya Museum Bahari yang dapat dijadikan sebagai tujuan berwisata. Museum Bahari Yogyakarta dibuka dengan tujuan untuk memperluas wawasan masyarakat mengenai kelautan negeri tercinta ini.

Kita tahu bahwa lautan Indonesia begitu kaya. Akan kurang lengkap kalau kita hanya sekedar tahu Indonesia punya kekayaan laut yang berlimpah namun tidak mengenal lebih banyak seperti apa dunia kemaritiman negeri ini. Oleh sebab itulah, selain ke Museum Batik, mengunjungi Museum Bahari Yogyakarta adalah pilihan wisata yang sangat menarik.

Tentang Sejarah Berdirinya Museum Bahari Yogyakarta 

Museum Bahari Yogyakarta diresmikan oleh Laksamana Madya TNI Didik Heru Purnomo pada tanggal 25 April 2009. Sementara untuk pengelolaannya dipegang oleh Paguyuban Tri Sekar Lestari serta Lanal TNI Al Jogja. Museum ini mempunyai berbagai koleksi barang yang ada kaitannya dengan kelautan. Koleksi-koleksi yang ada tersebut sendiri didapatkan dari koleksi pribadi, pemberian teman-teman kerja TNI AL maupun dari cinderamata asal luar negeri.

Pembangunan museum ini berangkat dari kecintaan pada dunia kelautan. Juga keresahan terhadap generasi muda yang kurang perhatian pada kelautan. Dedikasi yang besar dari beliau pun pada akhirnya merelakan untuk menghibahkan rumah pribadi Laksamana Madya TNI Didik Heru Purnomo agar dijadikan sebagai museum. Seluk beluk dunia maritim di Tanah Air bisa dipelajari di Museum Bahari Yogyakarta.

Museum Bahari Yogyakarta

Meskipun jadi museum termuda di Jogja karena baru saja diresmikan pada tahun 2009, namun pengunjung yang datang ke Museum Bahari cukup banyak. Museum ini hanya memajang perlengkapan kelautan sehingga menjadi daya tarik yang cukup besar untuk masyarakat.

Apa Saja yang Ada di Museum Bahari?

Museum Bahari terbagi menjadi empat bagian ruangan yang setiap ruangan punya kelompok koleksi yang bermacam-macam. Mulai dari ruang 1 diisi dengan senjata meriam, bom laut. Kemudian radar, sonar, kompas magnet, ranjau laut, torpedo, pesawat terbang, GPS, sectan, teropong, kemudi kapal, radio, hingga perlengkapan TNI AL. Ada juga beberapa miniatur dari macam-macam kapal.

Berlanjut pada ruang 2, merupakan ruangan koleksi dan juga souvenir. Kemudian ada juga ruang 3 atau ruang anjungan yang berisi tentang berbagai hal yang ada kaitannya dengan anjungan kapal perang. Ruangan anjungan di Museum Bahari Yogyakarta ini pun dilengkapi dengan sistem kendali senjata. Ada juga navigasi dan perlengkapan untuk mengoptimalkan kerja kapal perang.

Sedangkan untuk ruang keempat adalah ruang audiovisual yang berisi perlengkapan audiovisual untuk memutar film. Pengunjung bisa menyaksikan film tentang dunia kelautan Indonesia sejak era Soekarno sampai dengan era kini. Jelasnya hal tersebut akan semakin menambah wawasan pengunjung lebih banyak lagi tentang seperti apa kehidupan kelautan Indonesia dan sekaligus jadi kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat berwisata ke Museum Bahari.

Fasilitas Pelengkap

Museum Bahari pun menyediakan beberapa fasilitas pelengkap untuk menunjang kenyamanan setiap pengunjungnya. Beberapa kelengkapan fasilitas yang disediakan di Museum Bahari Yogyakarta antara lain Musala, lahan parkir, toko souvenir, hingga toilet.

Harga Tiket dan Jam Buka

Museum Bahari Yogyakarta adalah pilihan destinasi wisata yang tidak akan membuat kantong kering. Harga tiket masuk Museum Bahari Yogyakarta hanya sebesar Rp2.000 saja per orang. Silakan untuk berkunjung ke Museum Bahari Yogyakarta setiap hari Minggu sampai Selasa. Untuk hari Senin dan hari besar nasional tutup. Jam bukanya sendiri mulai pukul 08.30 WIB hingga 16.00 WIB.

Lokasi dan Akses

Museum Bahari Yogyakarta terletak di jalan RE Martadinata Nomor 69 Wirobrajan, Jogja dengan akses yang tergolong mudah dari pusat kota. Jika menggunakan transportasi umum, bisa naik bus kota jalur 15 untuk dapat turun langsung di depan kawasan Museum Bahari. Perjalanan menuju Museum Bahari Yogyakarta akan lebih mudah jika menggunakan motor. Nah, untuk Anda wisatawan luar kota Jogja, kami Jogja Rental Motor (JRM) menyediakan motor yang dapat Anda sewa dengan harga terjangkau. Layanan sewa motor Kota Jogja yang kami buka sudah banyak memuaskan pelanggan. Giliran Anda mencobanya.