Select Page

Tidak dapat dimungkiri pendudukan Belanda di Indonesia pada zaman dahulu meninggalkan banyak jejak di berbagai daerah yang ada di tanah air. Salah satu peninggalannya adalah berupa bangunan kuno yang punya arsitektur khas Belanda. Bangunan itu kini justru menjadi destinasi wisata sejarah, misalnya Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta adalah pilihan destinasi wisata sejarah bagi para wisatawan yang datang ke Jogja. Pengunjung tak hanya sekedar akan berwisata saja di sini, melainkan juga sambil belajar sejarah. Di Museum Benteng Vredeburg ini lah Anda dapat mengenal sebagian catatan sejarah yang ada dalam masa kependudukan Belanda di Jogja dahulu kala.

Tentang Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Benteng Vredeburg adalah bangunan bersejarah peninggalan Belanda. Bangunan ini sudah ada sejak tahun 1760 silam. Pembangunannya sendiri didasari oleh rasa khawatir pemerintah Belanda akan kemajuan dari pemerintahan Keraton Jogja. Belanda membangun banteng yang jaraknya dekat Keraton ini dulunya dengan alasan untuk menjaga keamanan dari Keraton dan sekitarnya.

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Itu pastinya cuman alasan semata, benteng ini dibangun Belanda untuk dijadikan sebagai titik penyusunan strategi dan pertahanan pemerintahan Belanda. Sekaligus juga untuk memblokade Keraton. Sebelumnya Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta ini dibangun dengan nama Benteng Rustenburg yang berarti peristirahatan. Kemudian saat dilakukan renovasi bangunan karena rusak akibat gempa, baru diganti jadi Vredeburg alias perdamaian.

Meskipun pernah mengalami renovasi, namun bentuk benteng ini masih mempertahankan susunan-susunan bangunan awal. Salah satunya adalah masih mempertahankan bentuk bangunan bujur sangkar dengan 4 bastion alias ruang penjagaan yang diletakkan pada setiap sudutnya.

Benteng ini juga dikelilingi oleh parit yang cukup lebar. Sekarang parit tersebut dialiri air serta ditumbuhi pohon kamboja. Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta pun jadi punya suasana yang asri dan menyejukkan. Sehingga wisatawan rasanya tak rugi berlama-lama wisata di sini.

Apa Saja yang Ada di Museum Benteng Vredeburg?

Museum Benteng Vredeburg punya diorama-diorama Perang Diponegoro sampai dengan masa kemerdekaan Indonesia. Diorama-diorama yang ada dibagi dalam 4 bagian dari museum yang kesemuanya ditata dengan baik dan rapi. Setiap bagian ruangan di museum ini menyimpan beragam koleksi benda sejarah yang dikelompokkn berbeda-beda.

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Lebih menariknya adalah, sebelum menuju ke Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, pengunjung terlebih dahulu menyebarangi jembatan melintang yang di bawahnya ada parit. Parit tersebut dulunya dipakai jadi tempat pertahanan. Bangunan-bangunan kokoh dan megah yang bergaya khas Belanda adalah spot menarik dari Museum Benteng Vredeburg untuk dijadikan berfoto.

Kompleks Museum Benteng Vredeburg juga memiliki area bermain yang lumayan luas untuk dijadikan titik bagi anak-anak yang ingin bermain setelah belajar sejarah di dalam museum. Didukung dengan suasana bagian luar ruang museum yang asri, menjadikan aktivitas bermain anak-anak juga semakin menyenangkan tentu.

Fasilitas Pendukung

Karena memang kini merupakan destinasi wisata, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung. Selain fasilitas berupa taman bermain, ada juga area free WiFi bagi pengunjung yang ingin berselancar di internet. Ada juga Indische Koffie yang dapat dijadikan tempat untuk bersantai sembari menikmati aneka kuliner. Bahkan Indische Koffie ini punya konsep fine dining yang menarik sehingga menambah mood juga.

Harga Tiket dan Jam Buka

Hanya perlu mengeluarkan biaya Rp2.000 rupiah saja bagi orag dewasa dan Rp1.000 saja bagi anak-anak sudah dapat memasuki destinasi wisata sejarah Museum Benteng Vredeburg. Namun untuk wisatawan asing, banderol harga tiket masuknya adalah Rp10.000. Harga-harga tersebut semuanya masih bisa ada diskon jika pengunjung datang rombongan.

Sementara untuk jam bukanya sendiri, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dibuka setiap hari Selasa hingga Minggu dari jam 08.00 WIB. Untuk hari Senin hingga Jumat tutupnya jam 16.00 WIB dan untuk Sabtu hingga Minggu tutup jam 17.00 WIB.

Lokasi dan Akses

Lokasi tepatnya Museum Benteng Vredeburg ini adalah di Jalan Margo Mulyo atau Jalan Ahmad Yani Nomor 9, Gondomanan, Kota Jogja. Tidak lain berada di depan Gedung Agung yang merupakan istana kepresidenan yang terdapat di Kota Jogja. Berada di tengah kota, akses untuk menuju ke Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta sangatlah mudah. Silakan menyewa motor pada kami di Jogja Rental Motor dengan harga yang terjangkau dan tidak akan sampai membuat kantong Anda kering.