Select Page

Dibandingkan objek wisata lain, seperti pantai maupun gunung, objek wisata museum memang kalah pamor. Padahal, mengunjungi museum akan membuat liburan Anda tidak hanya menyenangkan, namun juga menambah ilmu. Jadi, tidak ada salahnya bukan untuk berulang kali mengunjungi museum? Di Museum Gumuk Pasir Jogja suasananya beda lo. Sebuah museum yang manis dengan bentuknya seperti gunung. Pokoknta tidak pantas dilewatkan.

Sejarah Singkat Hingga Alamat Museum Gumuk Pasir Jogja

Pastilah Anda penasaran keistimewaan apa yang ditawarkan Gumuk Pasir Jogja, bukan? Nah, berikut ulasannya agar Anda mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai museum unik ini.

Museum Gumuk Pasir Jogja

Melihat Berbagai Koleksi Menarik di Museum Gumuk Pasir

Di museum ini ada banyak koleksi mengenai ekosistem pesisir pantai yang dapat membuat Anda kagum sekaligus belajar. Ada banyak jenis bebatuan, jenis pasir, dan herbarium yang menarik. Tempat ini memang menjadi laboratorium geospasial pesisir Parangtritis, karena itulah merupakan tempat paling cocok untuk belajar ilmu yang biasanya hanya dibaca dari buku maupun diterangkan oleh guru.

Mengenal Serta Memahami Sejarah Singkat Museum Gumuk Pasir

Diresmikan oleh Prof H. Mohamad Nasir, Ph.D, museum ini difasilitasi dengan ruang audio visual. Di ruang tersebut pengujung dapat mendengarkan video lengkap dengan penjelasan mengenai proses terbentuknya gumuk pasir, khususnya gumuk pasir pantai selatan. Anda pasti akan terheran-heran dan membayangkan mengenai Gumuk Pasir Parangkusomo dan mengetahui bagaimana tempat itu terbentuk hingga secantik padang pasir.

Berfoto di Depan Bangunan Unik Museum

Museum Gumuk Pasir Jogja

Yang tidak boleh dilewatkan adalah menyimpan kenangan lewat foto. Apalagi di depan bangunan seunik Museum Gumuk Pasir Jogja. Bangunan berwarna biru dengan bentuk kerucut tersebut memang sangat cantik untuk dijadikan latar belakang foto. Untuk mendapatkan foto yang bagus, Anda dapat berdiri di antara tangga merah museum tersebut.

Lokasi dan Rute ke Museum Gumuk Pasir  Jogja

Alamat atau letak Museum Gumuk Pasir  berada di Pantai Depok. Tepatnya di Parangtritis yang masuk dalam Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk menuju lokasi dianjurkan menggunakan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil. Sebab untuk kendaraan umum cukup sulit untuk menjangkau tempat ini.

Mengenai rute menuju lokasi tersebut, Anda dapat menggunakan bantuan Google Map. Namun untuk lebih mempermudahkan Anda, berikut penjelasan mengenai rute menuju Museum Gumuk Pasir dari pusat kota Yogyakarta. Pertama awali perjalanan dari jantung Kota Pelanjar menuju Jalan Parangtritis, arahkan hingga menuju TPR Pantai Parangtritis. Kira-kira sebelum TPR, Anda akan menemukan belokan, nah beloklah ke kanan.

Jalankan kendaraan Anda mengikuti jalan tersebut, lurus saja sampai menemukan kembali belokan sekitar 200 meter sebelum TPR, kali ini beloklah ke kiri. Kemudian jalanlah kembali, lihatlah ke arah kiri, Anda akan menemukan bangunan berwarna biru berbentuk kerucut seperti gunung. Dengan tangga berwarna merah. Itulah Museum Gumuk Pasir Jogja.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Berlibur dengan harga yang murah, Anda akan mendapatkannya jika mengunjungi Museum Gumuk Pasir. Soalnya, harga tiket masuk museum bercat biru itu. Pastinya, mendatangi objek wisata Jogja yang satu ini akan semakin seru bersama rombongan, bukan? Namun sebelum mengujungi dengan rombongan lebih baik untuk memberikan informasi terlebih dahulu kepada pihak pengelola melalui telepon di nomor 0852-3388-4447.

Tentu saja, Anda perlu mengetahui jam bukanya, sebab objek wisata tersebut tidak buka setiap hari, hanya Senin sampai Jumat, sedangkan Sabtu dan Minggu tutup. Jam bukanya museum dimulai dari pukul 7.30 hingga 16.30.

Walaupun gratis, jangan berpikir fasilitas di tempat ini minim. Sebab sejak awal masuk, Anda akan disambut oleh pemandu ramah yang siap mengajak Anda mengelilingi museum, dan pastinya menjelaskan koleksi-koleksi museum tersebut. Selain itu, fasilitas menarik lainnya antara lain kantor, auditorium, ruang studio audio visual, rumah singgah, dan ruang diklat. Fasilitas umum seperti toilet dan lahan parkir yang luas, pastilah ada.

Sudah tidak sabar untuk mengunjungi Museum Gumuk Pasir Jogja? Agar perjalanan lebih nyaman dan tenang, tanpa bingung mengenai kendaraan yang akan dipakai, lebih baik menyewa kendaraan di Jogja. Dan tidak perlu bingung lagi mencari tempat yang menyewa kendaraan, sebab kami sudah menyiapkan kendaraan yang prima dan berkualitas untuk Anda. Yuk, hubungi kami di Jogja Rental Motor.