Select Page

Indonesia sebagai kawasan ring of fire atau cincin api memiliki ratusan gunung yang membentang dari Sabang sampai Marauke. Baik gunung yang masih aktif bergejolak maupun yang sudah tidak aktif. Museum Gunungapi Merapi Jogja merupakan sebuah museum yang menjadi potret jejak letusan-letusan gunung berapi di Indonesia bahkan dunia.

Di museum ini, wisatawan akan ditunjukan rekam jejak Gunung Merapi baik dari segi kearifan lokal, legenda dan mitosnya, sisa-sisa erupsi dan sejarah letusannya. Bahkan, wisatawan pun dapat mendengar dengan jelas suara letupan gunung api yang menyesakan dada. Di samping itu juga, pembangunan Museum Gunungapi Merapi ini memang bertujuan sebagai sarana informasi sekaligus pendidikan seputar gunung berapi dan bencana-bencana geologi lainnya.

Mengenal Mebih Dekat Dengan Museum Gunungapi Merapi Jogja

Nah, untuk mengetahui keseruan apa saja yang bisa dinikmati dan dipelajari wisatawan. Simak ulasan singkat mengenai objek wisata Museum Gunungapi Merapi Jogja berikut ini.

Menyaksikan Maket Gunung Merapi yang Bergemuruh

Museum yang memiliki semboyan “Merapi Jendela Bumi” ini merupakan sebuah gedung yang  memilik dua lantai. Di lantai pertama museum ini, terdapat tiga zona utama. Pertama, wisatawan bisa menyaksikan gemuruh dan asap yang dikeluarkan oleh Gunung Merapi. Pada salah satu maket Gunung Merapi tersebut juga terdapat sebuah tombol yang berfungsi untuk mengetahui tahun terjadinya erupsi gunung.

Museum Gunungapi Merapi Jogja

Di zona kedua, ada pula berbagai alat peraga tentang ke gunung setiap negara di dunia beserta papan informasi untuk menjelaskan setiap alat peraga yang terpajang rapi tersebut. Sementara di zona ketiga atau zona khusus Gunung Merapi. Wisatawan dapat menyaksikan berbagai fenomena Gunung Merapi, dari mulai pertumbuhan kubah, legenda dan mitosnya, pos pengamatan, dan lain sebagainya.

Mengetahui Berbagai Alat Peraga Tsunami dan Foto-Foto Erupsi

Setelah puas berkeliling di lantai satu museum, wisatawan bisa naik ke lantai dua. Di lantai dua ini, berbagai macam alat peraga bencana tsunami terpajang rapi. Selain itu wisatawan juga disuguhi dekumentasi erupsi yang terjadi sekitar tahun 1930 sampai tahun 2010. Sehingga wisatawan bisa dengan puas dan jelas menyaksikan detik-detik terjadinya erupsi. Berbagai cara penyelamatan diri saat terjadi bencana letusan pun terdapat di lantai dua.

Museum Gunungapi Merapi Jogja

Dan apabila wisatawan ingin menyaksikan film dokumenter tentang letusan Gunung Merapi. Di lantai dua ini juga menyediakan sebuah teater mini yang berkapasitas 100 orang untuk penayangan film dokumenter berjudul “Di Bawah Langit Merapi” selama 20 menit.

Lokasi dan Rute Museum Gunungapi Merapi Jogja

Objek wisata Museum Gunungapi Merapi Jogja terletak Kecamatan Pakem, Sleman. Atau lebih tepatnya di Jalan Kaliurang, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Yogyakarta. Apabila Anda bertandang dari arah objek wisata Kaliurang, memakan jarak sekitar 5km. Akses jalannya sudah cukup mudah, sehingga Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat untuk sampai ke lokasi wisata.

Untuk sampai ke lokasi wisata, terdapat tiga jalur alternatif. Pertama, melalui Jalan Kaliurang dengan waktu tempuh sekitar 47 menit dengan jarak 23 km. Kedua, melalui Jalan Palagan Tentara Pelajar dengan waktu tempuh sekitar 53 menit dengan jarak 23,9 km. Dan terakhir, melalui Jalan Boyong dengan waktu tempuh 56 menit dengan jarak 25,8 km. Untuk mempermudah perjalanan, gunakanlah aplikasi Google Maps di ponsel Anda.

Jam Buka, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Museum Gunungapi Merapi Jogja terbuka untuk umum setiap Hari Selasa s/d Minggu. Pada Hari Selasa s/d Kamis buka pukul 08.00 sampai 15.30 WIB. Untuk Hari Jum’at buka pukul 08.00 sampai 14.30 WIB. Hari Sabtu s/d Minggu buka pukul 08.00 sampai 15.30 WIB, dan  khusus Hari Senin libur. Agar bisa menjelajah museum, wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk Rp3.000 dan untuk filmnya Rp5.000.

Fasilitas yang tersedia di Museum Gunungapi Merapi Jogja sudah cukup lengkap. Karena sudah dilengkapi dengan toilet, tempat parkir yang luas dan tempat makan yang bervariasi. Harga yang ditawarkan pun sangat murah, sehingga pas dikantong wisatawan.

Demikian ulasan seputar Museum Gunungapi Merapi Jogja, semoga informasi tersebut dapat membantu Anda saat berkunjung ke Jogja. Sementara itu, jika Anda berminat untuk mengunjungi museum tetapi tidak menggunaka kendaraan pribadi. Percayakan semuanya pada jasa sewa motor kami di Jogja Rental Motor. Karena kami siap melayani kebutuhan transportasi nyaman dan aman Anda selama berada di Jogja.