Select Page

Museum Pahlawan Pancasila Yogyakarta merupakan objek wisata edukatif yang ada di Kota Pelajar. Museum dengan gaya arsitektur khas Jawa ini diresmikan pada 1 Oktober 1991. Monumen ini dibangun setelah ditemukannya tempat jenasah kedua pahlawan revolusi, bernama Brigjen Katamso dan Kolenel Sugiyono. Kedua pahlawan tanah air tersebut merupakan korban dari pemberontakan komunis pada tahun 1965.

Berbagai Memori Sejarah di Museum Pahlawan Pancasila Yogyakarta

Untuk mengenang jasa serta mengenalkan kedua pahlawan tersebut pada generasi penerus bangsa, dibangunlah Museum Pahlawan Pancasila Yogyakarta. Selain itu ada apa saja sih yang menarik dan penuh ilmu di museum ini? Berikut ulasannya.

Melihat Bukti Sejarah G 30S/PKI

Ada berbagai bukti sejarah yang pada relief-relief yang menceritakan mengenai sejarah G 30S/PKI yang terjadi pada September 1965. Cukup mengerikan dan membuat miris karena para pahlawan dibunuh dengan cara sadis. Namun, perlu Anda ketahui bahwa sejarah mengenai G30S/PKI masih simpang siur sampai sekarang. Ada yang mengatakan itu sejarah asli, ada juga yang mengatakan itu sejarah buatan pemerintah pada zaman itu.

Melihat Koleksi di Museum Pahlawan Pancasila

Setiap museum memiliki koleksi benda yang berharga, termasuk di museum ini. Di museum ini, terdapat dua patung pahlawan dengan ukuran besar ketika Anda masuk ke museum ini, tepat di pintu masuk. Kedua patung itu adalah Brigjen Katamso dan Kolenel Sugiyono. Anda juga akan menemukan lubang tempat kedua jenasah pahlawan tersebut ditemukan.

Museum Pahlawan Pancasila Yogyakarta

Selain itu, ada barang peninggalan seperti duplikat kendaraan yang digunakan yang digunakan dalam penculikan, serta kendaraan duplikat lain, serta foto-foto kedua pahlawan tahan air yang berjasa tersebut.

Lokasi dan Rute ke Wisata Museum Pahlawan Pancasila

Mengujungi museum tersebut dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun empat, lebih baik menggunakan kendaraan pribadi, dibandingkan kendaraan umum, karena aksesnya lebih mudah. Apalagi, letak museum ini tidaklah jauh dari jantung Kota Jogja, hanya sekitar 8,1 kilometer, dengan waktu tempuh 22 menit dalam keadaan arus jalan lancar.

Catat lokasi Museum Pahlawan Pancasila berada di Jalan Pandega Sakti Kentungan, tepat berada di Kompleks Batalyon 403. Masuk ke dalam Kelurahan Kentungan, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Rute menuju lokasi memang mudah dengan bantuan Google, namun untuk sedikit gambaran, berikut dijelaskan rutenya.

Awali perjalanan dari titik pusat kota, yaitu Malioboro, kemudian arahkan kendaraan menuju selatan hingga sampai di Jalan Dagen. Setelah itu, belok ke kiri hingga menuju Jalan Suryatmajan, kurang dari setengah kilo akan ada belokan lagi. Kali ini belok ke kiri hingga sampai di Jalan Mataram arahkan ke Jalan Mas Suharto Jambu. Kemudian menuju Jalan Tukangan sampai Jalan Krasak Timur. Lurus terus dan ambil lanjut sebelah kanan.

Kemudian arahkan kendaraan ke kiri pada belokan hingga mengikuti Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo atau dikenal dengan Jalan Letkol Subari. Lalu, 400 meter beloklah ke kanan menuju Jalan Kusbini, terdapat belokan lagi, pilih belok kiri sampai ke Jalan Langensari. Lurus ters hingga Jalan Munggur. Akan ada belokan, belok ke kiri sampai di Jalan Laksda Adisucipto. Setelah itu belok kanan ke Jalan Affandi menuju Jalan Anggajaya III. Terus lurus, hingga melewati Jalan Godang Raya, Jalan Sawitsari,  Jalan Pandega Sakti. Sampailah ditujuan.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Mengunjungi museum ini tidak dikenai biaya sama sekali. Untuk jam bukanya, Museum Pahlawan Pancasila Yogyakarta dibuka pada hari Senin sampai Kamis, pada pukul 08.30 sampai 14.00, Jumat waktu bukanya cukup pendek hanya dari pukul 08.00 sampai 11.00, sedangkan pada hari Sabtu dibuka pukul 08.00 sampai 13.00. Jangan datang pada hari Minggu dan hari libur nasional, sebab museum ini tidak beroperasi.

Jika Anda datang bersama rombongan, lebih baik untuk menghubungi pihak pengelola untuk membuat janji, berikut nomornya +62-274-562319. Untuk menujang kenyamanan pengunjung, wisata ini didukung oleh fasilitas yang cukup lengkap. Dari mulai toilet, lahan parkir, pemandu, serta tempat ibadah.

Berkunjung ke Museum Pahlawan Pancasila Yogyakarta haruslah menggunakan kendaraan yang prima. Nah, jika Anda membutuhkan kendaraan dengan kondisi prima, harga terjangkau, cepat, dan berkualitas, kami menawarkan jasa penyewaan kendaraan. Cukup hubungi Jogja Rental Motor, kami akan merespon dengan cepat.