Select Page

Wisata di Jogja memang sangat lengkap. Bahkan untuk destinasi wisata sejarahnya pun ada yang khusus untuk mengenal sejarah perjuangan TNI. Nama destinasi wisata sejarah tersebut adalah Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama. Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama Yogyakarta ini adalah sebuah tempat yang menyimpan kisah perjuangan di era setelah Indonesia merdeka. Tentu akan jadi destinasi wisata yang menarik dikunjungi. Untuk wisata edukasi, selain Museum TNI AD, di Jogja Anda juga harus mengunjungi Museum Dirgantara agar semakin lengkap.

Tentang Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama Yogyakarta

Pada awalnya gedung Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama di tahun 1950 hingga 1980 menjadi Markas Komando Resirem alias Makorem. Kemudian tahun 1980 beralih fungsi menjadi museum yang sampai dengan sekarang jadi salah satu destinasi wisata sejarah di Jogja.

Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama Yogyakarta

Perintisan museum diawali pada tahun 1956. Harapannya, Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama Yogyakarta ini bisa untuk memberikan gambaran kepada generasi bangsa di era-era berikutnya mengenai sejarah perjuangan TNI AD. Juga untuk mewariskan nilai-nilai perjuangan tersebut kepada generasi masa kini.

Berdirinya museum ini adalah bagian dari kerja biro museum yang dibuat pada lingkungan Sejarah Militer Angkatan Darat. Awalnya, pembangunan museum dilakukan di kompleks Brontokusuman yang sekarang ini dijadikan sebagai Museum Perjuangan. Pembangunan dilakukan atas kerjasama dengan perintis Monumen Setengah Abad Kebangkitan yang pada masa itu dipimpin Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Selanjutnya di tanggal 17 Juni 2968, Museum TNI AD dipindahkan ke tempat tinggal resmi panglima besar Indonesia, Jenderal Sudirman yang barada di Jalan Bintaran Wetan Nomor 3, Jogja. Seiring berjalannya waktu, gedung itu dianggap sudah tidak memadai lagi. Kemudian SMAD mengajukan tempat agar Gedung Markas Korem lah yang dijadikan sebagai lokasi Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama Yogyakarta.

Akhirnya dijadikanlah gedung markas Korem tersebut sebagai lokasi museum sampai dengan sekarang. Peresmiannya endiri dihelat pada tanggal 30 Agustus 1982 oleh Kasad Jenderal TNI Poniman. Banyak peninggalan-peninggalan TNI AD pada masa perjuangan kala itu yang sekarang disimpan di dalam museum ini.

Apa Saja yang Ada di Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama?

Awal memasuki Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama Yogyakarta para pengunjung disambut suasana perjuangan, ketegasan, kedisiplinan dalam menjaga keutuhan Indonesia tercinta ini. Ada juga foto-foto para pejabat TNI AD maupun ruang yang dulunya ditempati oleh Jenderal Sudirman dan ruang kerja Letjen Urip Sumoharjo. Selanjutnya koleksi bentuk seragam TNI dari tahun 1950 sampai sekarang. Beberapa koleksi yang kecil disimpan di lemari kaca dan juga beralaskan karpet. Ada juga koleksi benda bersejarah yang berukuran besar seperti Tank Stuart MK I serta II, kemudian meriam hingga senjata laras panjang.

Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama Yogyakarta

Para pengunjung Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama Yogyakarta juga dapat menjumpai tiruan dapur umum seperti di era peperangan dulu. Dilengkapi dengan tungku kayu bakar, dinding dari anyaman bambu, sampai dengan gentong air di zaman dulu. Museum ini seolah menjadi wajah TNI yang memiliki perjuangan besar dalam menjaga keamanan di Indonesia.

Harga Tiket dan Jam Buka

Para pengunjung Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama tidak dipungut biaya tiket masuk alias gratis. Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama buka setiap hari Minggu sampai dengan Jumat pukul 08.00 WIB dan tutup pada pukul 13.00 WIB di hari Senin, pukul 11.00 WIB di hari Jumat dan pukul 12.00 WIB di hari Minggu. Untuk hari Sabtu dan hari besar nasional libur.

Lokasi dan Akses

Museum TNI AD Dharma Wiratama berlokasi di Jalan Jenderan Sudirman Nomor 75, Jogja. Akses ke museum ini bisa ditempuh dengan mudah dari pusat kota Jogja menggunakan transportasi umum sekalipun. Bisa dengan naik bus kota jalur 2, 4, 10. Arahnya menuju perempatan Gramedia, dilanjutkan berjalan kaki sekitar 100 meter saja.

Nah, kalau ingin lebih sederhana dan mudah lagi menuju Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama Yogyakarta, Anda bisa menggunakan layanan kami. Jasa sewa motor untuk keliling Jogja dari JRM (Jogja Rental Motor). Silakan buka laman website kami dan pilih motor yang Anda sukai, lalu hubungi kami melalui kontak terlampir.