Select Page

Sandi sudah lama digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan rahasia dalam sebuah misi tertentu. Itu sebabnya, tidak sembarangan orang bisa mengubah satu pesan ke dalam sandi. Sebaliknya, tidak mudah juga mengartikan satu sandi menjadi pesan yang bisa dipaham. Tentunya sangat menarik mengetahui seluk beluk sandi di Indonesia. Dan, semua itu bisa Anda telusuri di Museum Sandi Kotabaru.

Mengenal Lebih Jauh Museum Sandi Kotabaru

Selain di Amerika Serikat dan Belanda, ternyata museum kriptografi juga ada di Indonesia. Museum tersebut adalah Museum Sandi. Pendirian museum ini diprakarsai oleh Lembaga Sandi Negara dan Sultan Hamengku Buwono X. Setelah diresmikan pada tahun 2008, tahun 2014 museum ini berpindah dari Mergangsang ke Kotabaru.

Museum Sandi Kotabaru

Ketika Anda datang ke Museum Sandi, biasanya resepsionis menyodori buku tamu untuk Anda isi. Seorang pemandu akan memandu Anda dan menjelaskan seluk beluk sandi seraya berkeliling. Anda akan diajak ke ruang yang menjelaskan tentang tokoh sandi Indonesia, Doktor Roebiono.

Doktor Rubiono ini yang menjadi kepala lembaga persandian. Dengan keahliannya di  bidang sandi, Doktor Rubiono bertugas menjaga komunikasi rahasia antara pemimpin-pemimpin Indonesia. Buku sandi yang disusunnya ada 6 buku. Masing-masing buku yang disebut kode C itu, berisi sekitar 10.000 kata sandi.

Menariknya lagi, Museum Sandi juga mengoleksi barang-barang sejarah yang menceritakan tentang trik kurir menyampaikan sandi. Ada yang memasukkan kertas  pesan berisi sandi ke dalam stang sepeda  onthel. Ada yang memasukkannya ke dalam makanan kecil dan menelannya ketika mendadak ada razia tentara Belanda.

Menelusuri barang dan ruang-ruang di dalam Museum Sandi, benar-benar akan membawa Anda menuju kode-kode rahasia yang terdengar filmis. Kadang-kadang Anda juga akan larut dalam kisah heroik ketika mendengar cerita-cerita tentang penggunaan kode di zaman Agresi Mileter Belanda. Lebih-lebih ini menyangkut kemerdekaan bangsa sendiri.

Beragam Koleksi Menarik Museum Sandi Jogja

Anda akan sangat terbantu dengan ruang introduksi jika mengunjungi Museum Sandi. Ruang ini adalah ruang audio visual yang menjelaskan tentang sandi dari zaman Mesir Kuno hingga zaman kekinian seperti sekarang ini. Setelah itu, Anda bisa beranjak ke ruang lain yang menjadi rumah sandi pertama di Indonesia.

Museum Sandi Kotabaru

Barang asli dan barang replika tentang mesin sandi dan peralatannya, tersimpan baik di Museum Sandi Kotabaru ini. Demikian juga dengan slide sistem, buku kode, lembaran kertas, dan segala bentuk sistem sandi yang sangat berguna pada zaman perjuangan dulu.

Pada dinding-dinding museum, dipajang foto-foto napak tilas, lukisan aktifitas perundingan, juga kegiatan kurir-kurir sandi. Pada ruang tokoh, terdapat keterangan tentang tokoh-tokoh yang telah berjasa pada negara lewat keahlian mereka dalam membuat dan menerjamah sandi.

Anda pasti tidak akan bosan mengunjungi Museum Sandi ini. Ini karena koleksi museum tidak ditampilkan dengan konsep monoton yang begitu-begitu saja. Sebaliknya, Museum Sandi ini dilengkapi juga dengan multimedia yang sudah menggunakan teknologi layar sentuh. Tentu akan sangat menarik untuk Anda kunjungi.

Harga Tiket Masuk Museum Sandi

Tidak ada tiket yang dikenakan untuk masuk museum ini. Anda bisa datang ke Museum Sandi pada jam operasional museum mula