Select Page

Jogja memang menjadi tujuan yang tepat untuk berwisata sekaligus belajar banyak hal. Termasuk tentang sejarah di masa lampau dan tentang kebudayaan. Ada cukup banyak pilihan destinasi wisata sejarah dan budaya di kota berjuluk Kota Pelajar ini. Salah satunya adalah di museum terbesar yang ada di Jogja, yakni Museum Sonobudoyo. Museum Sonobudoyo Yogyakarta menyimpan banyak koleksi bersejarah yang patut untuk dikenal.

Tentang Sejarah Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Museum Sonobudoyo adalah museum sejarah dan kebudayaan Jawa, museum terbesar di Jogja serta terbesar kedua di Indonesia setelah Museum Nasional Jakarta. Bangunan museum ini punya gaya arsitektur yang khas klasik Jawa. Diketahui pembangunan museum ini didasari oleh Java Institut yang merupakan yayasan di bidang kebudayaan Jawa, Madura, Bali, juga Lombok.

 

Museum Sonobudoyo dibangun di atas tanah pemberian dari Sri Sultan Hamengkubuwono VIII. Pembangunannya sendiri diawali dengan pembangunan pendopo kecil. Baru kemudian pada tanggal 6 November 1935, Sri Sultan Hamengkubuwono VIII meresmikan gedung ini untuk dijadikan sebagai pusat pengenalan sejarah dan budaya Jawa. Penanda tahun menggunakan candra sengkala yaitu Kayu Winayang ing Brahmana Budha, alias angka tahun 1866 Jawa atau 1935 M.

Apa Saja Koleksi Museum Sonobudoyo Yogyakarta?

Pengunjung Museum Sonobudoyo Yogyakarta dapat menjumpai keramik di zaman Neolitik. Ada juga patung perunggu yang sudah ada dari abad ke-8, berbagai bentuk wayang kulit, senjata tradisional kuno, sampai dengan koleksi keris yang jumlahnya tidak kurang dari 1200 buah. Ada juga topeng-topeng Jawa yang jadi bagian koleksi di museum ini. Diketahui keris-keris yang disimpan di Museum Sonobudoyo berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Menariknya adalah, keris-keris yang ada punya bentuk dan tipe yang beraneka ragam. Mulai dari keris Jawa, ada keris luk 7, kemudian keris luk 11, keris luk 13, sampai dengan keris lurus maupun macam pamor. Selain dari Jawa, ada juga keris yang berasal dari Aceh, seperti keris Rencong, ada juga keris Mandau yang berasal dari Kalimantan, dan masih banyak lagi keris dari berbagai daerah lainnya.

Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Tidak hanya keris saja, Museum Sonobudoyo Yogyakarta juga menyimpan Wesi Buddha. Ini merupakan bahan baku pembuatan keris yang sudah ada sejak tahun 700 Masehi silam. Lalu, koleksi unggulan lainnya adalah topeng emas Puspa Sarira yang bahan dasar pembuatannya adalah emas dan adanya topeng tersebut jadi perwujudan dari Gayatri.

Selain menyimpan begitu banyak koleksi benda bersejarah, museum ini juga memiliki koleksi naskah maupun buku-buku yang berkaitan dengan kebudayaan. Tidak heran kalau Museum Sonobudoyo Yogyakarta kerap dijadikan tujuan untuk mereka yang ingin mencari referensi tentang kebudayaan ataupun melaksanakan penelitian.

Museum Sonobudoyo sendiri kini terbagi jadi dua unit. Untuk unit I ada di dekat Keraton Yogyakarta dan Alun-alun Utara. Sedangkan untuk Unit II berada di daerah Wijilan. Kedua unit punya konsep bangunan yang tak jauh berbeda.

Harga Tiket dan Jam Buka

Harga tiket masuk Museum Sonobudoyo sangatlah murah. Untuk wisatawan lokal dewasa hanya Rp3.000 saja, dan anak-anak hanya Rp2.500 saja. Sedangkan untuk wisatawan asing dikenakan biaya tiket masuk Rp5.000 per orang. Nah, kalau datangnya rombongan, masih ada harga khusus yang lebih murah, yaitu dewasa cukup dengan Rp2.00 dan anak-anak hanya Rp2.000 saja.

Satu tiket berlaku untuk mengunjungi kedua unit Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Jadi, kalau membelinya di unit I, dan kemudian menuju ke unit II tidak perlu lagi membayar tiket masuk. Sedangkan kalau untuk jam buka, museum ini buka setiap hari Selasa sampai dengan Minggu pada jam 08.00 WIB. Sedang untuk hari Senin maupun hari libur nasional tutup. Tutupnya pada jam 15.30 WIB, kecuali Jumat tutup pukul jam 14.00 WIB.

Lokasi dan Akses

Untuk Museum Sonobudoyo Unit I beralamatkan di Jalan Trikora 6, Jogja. Sementara untuk Unit II ada di Ndalem Condrokiranan, Wilijan, Jogja. Keduanya sama-sama berada di lokasi yang cukup strategis sehingga akses untuk menuju ke sana tidaklah sulit.

Untuk akses yang jauh lebih mudah menuju Museum Sonobudoyo Yogyakarta, silakan memanfaatkan jasa kami Jogja Rental Motor. Kami menyediakan jasa sewa motor dengan beberapa fasilitas penunjang yang baik dan kalau soal harga tidak akan sampai menguras kantong terlalu dalam. Dengan menyewa motor pada kami, perjalanan wisata Anda dari Museum Sonobudoyo unit I menuju ke unit II tentu akan lebih mudah.