Select Page

Museum Tembi Rumah Budaya Yogyakarta merupakan objek wisata edukatif yang sangat menarik dan seru. Tempat ini bukan hanya menyimpan berbagai jenis dokumentasi dan berbagai cerita sejarah, namun juga mengenalkan mengenai budaya Jawa Tengah yang mulai memudar agar cerah kembali. Selain itu museum yang menempati luas hingga 1.057 meter persegi ini angat populer karena memiliki fasilitas yang sangat lengkap.

Keseruan Apa Saja yang Bisa Dinikmati di Museum Tembi Rumah Budaya Yogyakarta?

Nah, apa saja kegiatan seru yang dapat dilakukan di Museum Tembi Rumah Budaya Yogyakarta? Berikut ulasannya untuk Anda. Museum merupakan tempat menyimpan koleksi benda-benda berharga dan bersejarah, temasuk Museum Tembi Rumah Budaya Yogyakarta. Dengan melihat koleksi yang ada di sini, Anda akan mengenal lebih dekat mengenai budaya Jawa. Dimulai dari berbagai peralatan rumah tangga yang tradisional, seperti tungku dari tanah liat, dandang, dan berbagai gerabah seperti kendi, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Anda juga dapat melihat senjata khas Jawa, seperti berbagai jenis keris, tombak. Terdapat juga peralatan pertanian tradisional yaitu bajak. Anda juga dapat melihat alat musik gamelan lengkap, sepeda motor kuno yang antik. Jangan lewatkan juga melihat 5.000 naskah kuno di sini.

Ikut Serta di Berbagai Kegiatan Rutin di Museum

Museum Tembi Rumah Budaya Yogyakarta

Jangan sampai melewatkan kegiatan rutin per bulannya yang beraroma budaya dan seni di museum ini. Dari mulai pertunjukan berbagai tarian daerah di Indonesia, pementasan wayang, pameran seni rupa atau musik, kadang juga diadakan pertunjukan membaca puisi. Kegiatan tersebut biasanya diadakan di ruang pertemuan. Kadang juga tempat tersebut sering digunakan untuk seminar maupun workshop.

Bermain di Alam yang Menyenangkan

Museum Tembi Rumah Budaya Yogyakarta

Mendekatkan diri pada alam pastilah sangat menyenangkan. Apalagi jika mengajak anak-anak. Anda akan diajak untuk melakukan berbagai aktivitas seru yang sangat tradisional. Mulai membajak sawah dengan kerbau atau sapi, belajar bermain gamelan, belajar membatik, bermain berbagai permainan tradisioanal anak-anak, seperti gangsing, dll. Pastilah sangat menyenangkan dan mengingat kenangan pada masa kecil.

Lokasi dan Rute ke Wisata Museum Tembi Rumah Budaya Yogyakarta

Lokasi museum ini berada di Jalan Parangtritis Kilometer 8,4. Tepat berada di Kelurahan Tembi Timbulharji, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak hanya menyenangkan, lokasi Museum Tembi Rumah Budaya Yogyakarta juga cukup dekat dengan pusat kota Yogyakarta, sehingga mudah untuk dijangkau. Hanya sekitar 9,8 kilometer perjalanan dengan waktu tempuh sekitar 23 menit menggunakan kendaraan bermotor maupun mobil dengan jalur lancar.

Untuk mempermudahkan perjalanan Anda menuju lokasi, berikut rute menuju museum yang diresmikan 31 Agustus 2007 tersebut. Dari Malioboro, arahkan kendaraan menuju selatan hingga sampai di Jalan Dagen. Kemudian beloklah ke arah kiri sehingga sampai di Jalan Suryatmajan. Setengah kilometer lebih sedikit akan ditemukan belokan, beloklah ke kanan menuju Jalan Mayor Suryotomo. Jalankan kendaraan lurus hingga sampai di Jalan Brigadir Jendral Katamso.

Setelah itu arahkan ke Jalan Brigadir Katamso hingga sampai di Jalan Parangtritis. Kira-kira 6,5 kilometer akan ada persimpangan, beloklah ke kiri menuju Jalan Tembi. Jalan terus sampai menemukan bangunan museum di sebelah kiri.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Tidak ada yang lebih menyenangkan dibandingkan masuk sebuah kawasan wisata tanpa dipungut biaya seperti di Museum Tembi Rumah Budaya Yogyakarta. Yap, museum ini tidak memungut harga tiket alias gratis. Padahal museum ini dibiayai bukan dari pemerintah dan lembaga. Untuk membayar karyawan serta pengeluaran lain-lainnya, digunakan dana dari sumber dana para kolektor, hasil dari rumah makan, sewa tempat singgah, kolam renang, ruang pertemuan, dan lain-lainnya.

Sedangkan jam bukanya, pada hari Senin sampai Jumat dibuka mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB, sedangkan pada hari Sabtu dibuka pukul 08.00 sampai 14.00 WIB. Jangan datang pada hari minggu maupun hari libur nasional, sebab museum menarik ini tidak melayani pengunjung atau tutup.

Seperti yang sudah dikatakan di atas, fasilitas di tempat ini sangat lengkap karena sebagai sumber pendapatan. Fasilitas seperti toilet, lahan parkir, tempat penginapan, rumah makan, kolam renang, ruang pertemuan, dan berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Sudah terbayang liburan menyenangkan di Museum Tembi Rumah Budaya Yogyakarta? Agar kunjungan lebih sempurna, Anda dapat menggunakan kendaraan sewa sehingga tidak perlu ribet memakai kendaraan umum. Untuk itu hubungi saja kami, Jogja Rental Motor. Terjamin amanah, cepat, dan harga terjangkau.