Select Page

Daya tarik Kota Yogyakarta yang tidak bisa dipungkiri yaitu wisata sejarah dan budayanya yang menakjubkan. Kekhasan budaya kota ini banyak diabadikan menjadi sebuah museum-museum cantik yang tersebar di seluruh pelosok Jogja. Salah satu museum yang digadang-gadang sebagai museum terbaik di Indonesia yaitu Museum Ullen Sentalu Yogyakarta.

Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu museum yang menyimpan berbagai koleksi pribadi milik para kerabat keraton. Selain itu juga menampilkan budaya dan sejarah keluarga dalem keraton yang termasuk Dinasti Kerajaan Mataram. Di museum ini juga terdapat berbagai macam koleksi batik-batik cantik serta budaya jawa yang kental.

Sejarah dan Ragam Koleksi Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Kata Ullen Sentalu secara bahasa merupakan singkatan dari Bahasa Jawa “Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku”. Sementara itu secara falsafah diambil dari lampu minyak yang diartikan  sebagai penerang arah perjalanan hidup manusia. Lampu minyak tersebut biasa digunakan untuk pertunjukan wayang kulit atau dalam Bahasa Jawa disebut blencong.

Lalu, apa sajakah keseruan yang bisa dinikmati wisatawan di Museum Ullen Sentalu Yogyakarta? Berikut penjelasan singkatnya.

Menyusuri Ruang-Ruang Bersejarah Museum

Salah satu kegiatan menyenangkan sekaligus menambah pengetahuan wisatawan yaitu menyusuri 9 ruang bersejarah yang ada di Museum Ullen Sentalu. Saat masuk museum, wisatawan akan digiring masuk Ruang Selamat Datang. Ruang ini merupakan ruangan untuk menyambut tamu. Dari Ruang Selamat Datang, wisatawan bisa menuju Ruang Seni Tari dan Gamelan.

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Kemudian ada juga ruangan yang menyimpan dokumentasi karya-karya lukis milik Dinasti Mataram yang diberi nama Ruang Guwa Sela Giri. Ruang berikutnya yaitu Ruang Syair yang berisi berbagai macam syair karya kerabat dan teman-teman GRAJ Koes Sapariyam. Ada juga Ruang Room Ratu Mas yaitu sebuah ruangan yang khusus dipersembahkan untuk permaisuri.

Dari Room Ratu Mas, wisatawan bisa menuju Ruang Batik Vorstendlanden yag berisi koleksi batik. Begitupun di Ruang Batik Pesisiran yang juga berisi koleksi batik-batik cantik. Dari ruag ini, ada Ruang Putri Dambaan yang berisi koleksi foto masa kecil hingga menikah dari putri tunggal Magkunegara VII. Dan ruang terakhir yaitu Sasana Sekar Bawana yang berisi beberapa lukisan Raja Mataram.

Menikmati Indahnya Hutan Alami Museum

Nah, setelah lelah berkeliling museum. Wisatawan juga bisa menikmati keindahan hutan alami yang ada di Museum Ullen Sentalu Jogja ini. Udaranya yang sejuk dan masih asri akan menambah rasa rileks setelah lelah berjalan menyusuri museum.

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Lokasi dan Rute Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Museum Ullen Sentalu berada di Jalan Kaliurang Km 25 Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman. Akses menuju objek wisata ini sangat mudah, sehingga Anda bisa datang menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Nah, apabila Anda menggunakan kendaraan umum, gunakanlah Trans Jogja jurusan 2B atau 3B.

Untuk kendaraan pribadi, Anda bisa melalui Jalan Kaliurang. Untuk mempermudah perjalanan, gunakanlah aplikasi Google Maps atau sejenisnya yang ada di ponsel pintar Anda.

Jam Buka, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Museum Ullen Sentalu Jogja terbuka untuk umum setiap Hari Selasa s/d Minggu. Pada Hari Selasa s/d Jum’at buka pukul 08.30 sampai 16.00 WIB. Sementara pada Hari Sabtu dan Minggu buka pukul 08.30 sampai 17.00 WIB, dan khusus pada Hari Senin libur.

Untuk menyusuri museum, setiap wisatawan lokal dikenaka tarif sebesar Rp30.000 per orang untuk dewasa dan Rp15.000 perorang untuk anak-anak. Sementara untuk wisatawan mancanegara dikenakan tarif Rp50.000 perorang untuk dewasa dan Rp30.000 perorang untuk anak-anak.

Fasilitas yang ditawarkan Museum Ullen Sentalu Yogyakartasudah cukup memadai dan lengkap. Diantaranya terdapat tempat parkir yang luas dan nyaman, tempat makan, mushola, toilet dan toko suvenir serta taman yang sejuk dan asri. Satu lagi, untuk mempermudah wisata Anda gunakanlah pemandu wisata yang ada di lokasi tersebut.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Museum Ullen Sentalu Yogyakarta. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda ketika ingin berkunjung di objek wisata tersebut. Nah, apabila Anda berkeinginan menghabiskan liburan di Museum Ullen Sentalu tetapi tidak menggunakan kendaraan pribadi. Anda bisa menggunakan layanan sewa motor di Jogja Rental Motor. Kami senantiasa akan menemani perjalanan liburan Anda selama di Jogja dengan aman dan nyaman.