Select Page

Pantai Drini Yogyakarta termasuk salah satu pantai yang memiliki pesona khas berupa pulau kecil di sebelah selatannya. Pantai ini berada di Kecamatan Tanjugsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya yang berada di timur Pantai Baron dan Pantai Sepanjang membuat pantai ini ramai pengunjung.

Pantai Drini Yogyakarta berada di jalur yang sama dengan pantai-pantai dengan pemandangan eksotis lain seperti Pantai Kukup, Pantai Krakal, dan Pantai Sundak. Pantai ini dibentengi oleh pemandangan perbukitan hijau dan laut berwarna biru, kontras dengan warna pasirnya yang putih. Di pinggir pantai banyak terdapat gazebo dan perahu-perahu milik nelayan yang bersandar.

Pulau Eksotis yang Membelah Pantai Drini Yogyakarta

Pantai Drini Yogyakarta memiliki pulau kecil yang menjadi magnet bagi wisatawan yang berkunjung. Pulau tersebut berbentuk seperti bukit dan berada di tengah-tengah pantai. Oleh warga setempat, pulau itu dinamai Pulau Drini.

Ketika air sedang surut, Anda bisa menyeberang ke pulau dengan berjalan kaki dan menaiki tangga untuk sampai ke sana. Dari atas pulau, Anda akan disuguhkan pemandangan Pantai Drini Yogyakarta yang terhampar di depan mata.

Pantai Drini Yogyakarta

Pulau Drini banyak ditumbuhi oleh tanaman santigi atau sentigi (Pemphis acidula) atau yang disebut oleh warga setempat sebagai drini. Inilah mengapa pantai dan pulau ini diberi nama drini. Namun saat ini, tanaman drini sudah pupus, digantikan dengan pandan laut dan rumput yang memenuhi pulau.

Pulau ini memisahkan sisi timur dan barat Pantai Drini Yogyakarta menjadi wajah berbeda. Sisi timur diisi perbukitan dan tebing karang yang menghadang ombak, sehingga terbentuk laguna yang indah. Di sini merupakan tempat yang nyaman untuk mandi dan berendam dengan air yang hangat. Terdapat banyak ikan-ikan lucu seperti ikan Goby Pasir, Jambrong, dan Sergeant Major berenang di bawah permukaan air yang jernih.

Panorama Pantai yang Mengagumkan

Anda pun boleh menaiki bukit di sebelah timur pantai untuk menikmati panorama Pantai Drini Yogyakarta. Ada beberapa gubuk yang dapat digunakan pengunjung untuk beristirahat sambil melihat keindahan alam seluas-luasnya. Tempat ini merupakan spot terbaik untuk mengambil gambar keseluruhan Pantai Drini Yogyakarta beserta perbukitan dan pulau.

Di sebelah selatan bukit dan tebing karang, laut biru di kejauhan masih terlihat oleh mata. Air laut di tepian Pantai Drini Yogyakarta cukup tenang karena adanya pulau dan bukit yang menghalangi ombak menerjang pantai. Masih aman untuk bermain air di bibir pantai, namun tidak disarankan untuk berenang hingga ke tengah.

Pantai Drini Yogyakarta

Di bagian tengah pantai, terdapat pasir hitam yang sangat halus membelah hamparan pasir yang putih. Menurut penelitian, pasir hitam ini terbentuk dari aliran sungai bawah tanah yang membawa pasir bermuara di pantai ini.

Sementara di sisi barat, deretan perahu nelayan bersandar setelah semalam mencari ikan di Laut Selatan. Di bagian ini ombak berdebur lebih kuat sehingga menjadi tempat nelayan berangkat melaut dan berlabuh.

Setelah puas berjalan-jalan di pantai, mandi air laut, dan mendaki bukit, Anda dapat beristirahat di gazebo dan warung-warung makan di pinggiran pantai. Nikmati kesegaran air kelapa muda dan ikan segar yang dibakar sembari ditemani angin pantai tentunya sangat menyenangkan.

Fasilitas yang Ditawarkan

Fasilitas umum di kawasan wisata Pantai Drini Yogyakarta cukup lengkap meliputi tempat parkir, kamar mandi, dan tempat makan. Anda juga dapat menyewa kano atau perahu karet di sana untuk berkeliling kawasan laut.

Di pinggir pantai terdapat banyak gazebo dan warung-warung makan yang menyediakan aneka menu kuliner lokal yang beragam.

Lokasi dan Akses ke Pantai Drini Yogyakarta

Pantai Drini berlokasi di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Letaknya sebelah timur dari Pantai Baron, sedangkan dari Pantai Sepanjang, juga ke arah timur sekitar 1 Km saja. Dari pusat kota Yogyakarta, Anda dapat berkendara sejauh 60 km atau sekitar 2 jam. Jalur yang dilewati bisa dari Wonosari, Panggang atau Pantai Parangtritis. Jalan menuju pantai ini sudah halus tetapi sedikit berkelok-kelok.

Untuk masuk ke pantai, dikenakan biaya retribusi sebesar Rp10.000 termasuk ke pantai lain yang sejalur. Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Drini Yogyakarta yang sangat menawan. Jika Anda ingin berkendara ke pantai ini dengan sepeda motor, hubungi kami segera di Jogja Rental Motor. Kami pastikan layanan maksimal untuk kebutuhan kendaraan Anda.