Select Page

Pantai Glagah Yogyakarta merupakan pantai yang paling dikenal di Kulon Progo. Pemandangan matahari tenggelam di ini tak kalah dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Pada waktu tertentu, Anda dapat menikmati sunset yang sempurna. Biasanya pengunjung berkumpul di laguna atau tetrapod ketika matahari tenggelam. Keberadaan tetrapod sebagai pemecah ombak di sini merupakan ikon yang menjadi magnet bagi wisatawan. Apa saja daya tarik lain yang  istimewa dari pantai ini? Simak ulasan berikut.

Serunya Berwisata di Pantai Glagah Yogyakarta

Berbeda dengan laguna di pantai lain yang terbentuk karena adanya penghalang batu karang atau pasir. Laguna di Pantai Glagah Yogyakarta terbentuk dari daratan berkontur cekung yang terisi oleh air pasang. Cekungan ini kemudian menjadi telaga yang luas dan ditumbuhi rerumputan di sekitarnya. Laguna ini kemudian dimanfaatkan untuk kegiatan olahraga air seperti kayuh perahu, kano, dan sampan kecil. Dengan menggunakan ketiga jenis perahu ini, Anda dapat berkeliling mengitari perairan tersebut. Di tempat ini, Anda juga dapat memancing di tempat yang disediakan.

Pantai Glagah Yogyakarta

1. Tetrapod pemecah ombak

Tetrapod merupakan struktur berkaki empat yang terbuat dari beton. Fungsi dari struktur ini adalah untuk memecah ombak agar tidak masuk terlalu jauh ke bibir pantai.

Di tengah tetrapod yang berjajar, terdapat jalan setapak beton yang memanjang hingga ke tengah laut. Jalan ini berfungsi sebagai jalur menuju dermaga. Tak hanya untuk berfoto atau duduk-duduk menyaksikan panorama pantai, Anda pun dapat memancing di lokasi ini. Jalan setapak yang dikelilingi tetrapod menjadi ciri khas Pantai Glagah Yogyakarta yang difavoritkan para pemburu foto.

2. Stupa Glagah

Pantai Glagah Yogyakarta berada di wilayah Desa Glagah. Tak jauh dari pantai ini terdapat situs sejarah yang dijadikan cagar budaya yaitu Stupa Glagah.

Menurut keterangan masyarakat setempat, stupa ini adalah peninggalan masa lampau dari bupati bernama Cangakmengeng yang mememerintah di daerah Kadipaten Sios. Diperkirakan stupa cagar budaya tersebut dibangun pada abad ke-6 Masehi. Tempat stupa ini berada, diyakini merupakan tempat pertapaan Nyi Sekar Kenanga yang tak lain adalah putri Sang Bupati. Selain stupa, di situs ini ditemukan patung Lingga dan Yoni yang merupakan lambang kesuburan.

3. Agrowisata buah naga

Agrowisata Kusumo Wanadri, merupakan perkebunan buah naga di pesisir Pantai Glagah Yogyakarta yang berdiri sejak tahun 2003. Pengetahuan tentang buah naga mulai dari penanaman hingga panen beserta khasiatnya. Kebun buah naga ini juga ditanami berbagai tanaman apotek hidup. Jika Anda menginginkan buah naga dengan harga murah, bisa membeli langsung dari agrowisata ini. Harga yang dipatok untuk setiap buahnya mulai Rp15.000 hingga Rp30.000 tergantung pada ukuran.

Tak hanya kebun buah, Agrowisata Kusumo Wanadri juga memiliki area outbound. Di sini Anda dapat mencoba wahana flying fox dan kano atau bermain voli pantai di sini.

4. Memancing

Masih banyak aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan selain mengagumi keindahan pantai dan alam di sekitarnya. Salah satunya yaitu memancing. Lokasi paling disukai pengunjung dan pemancing lokal adalah laguna dan kawasan tetrapod.

Pantai Glagah Yogyakarta

Memancing di laguna relatif lebih aman dari tetrapod karena kondisi perairan yang tenang. Ikan yang terdapat di laguna pun beragam seperti nila, betik, kakap bakau, gabus, dan belanak. Di laguna, Anda juga dapat menemukan umpan dengan mudah seperti cacing, lumut, dan udang yang ada di tepiannya.

Fasilitas dan Harga Tiket di Pantai Glagah Yogyakarta

Karena pantai ini sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan, fasilitas dan akomodasinya sudah disediakan dengan kondisi yang baik. Terdapat tempat parkir luas, musala, toilet, tempat istirahat, penyewaan wahana air, dan rumah makan.

Retribusi masuk dikenakan sebesar Rp4.000 per orang. Sementara parkir kendaraan roda dua Rp3.000 dan kendaraan roda empat sebesar Rp10.000.

Rute Menuju ke Tempat Wisata

Pantai Glagah Yogyakarta berada di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta jaraknya sekitar 40 kilometer. Ikuti Jalan Wates sampai ke Wates, selanjutnya Anda perlu menyusuri Jalan Raya Wates ke arah Purworejo. Pantai ini berada di kiri jalan.

Berkunjung ke Pantai Glagah Yogyakarta lebih nyaman dan cepat dengan kendaraan pribadi. Namun bagi Anda yang tidak membawa kendaraan sendiri, kami menyediakan sepeda motor untuk disewa. Hubungi saja Jogja Rental Motor untuk sewa motor dengan harga murah dan pelayanan istimewa.