Select Page

Pantai Indrayanti Yogyakarta merupakan salah satu pantai paling populer di Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini disebut wisatawan sebagai pantai yang romantis.

Perbukitan karang membatasi Pantai Indrayanti Yogyakarta dengan Pantai Sundak. Pasir putih yang membentang luas dan air laut jernih merupakan keistimewaan tersendiri pantai ini.

Bermain di pantai dan berenang di air yang belum terkontaminasi limbah ini menjadi kegiatan wajib bagi wisatawan yang berkunjung. Pengelolaan pantai ini sangat maksimal sehingga di sepanjang garis pantai tak ditemukan sampah sedikit pun. Hal ini disebabkan pengelola yang berani menindak tegas pengunjung yang membuang sampah sembarangan.

Asal Usul Nama Pantai Indrayanti Yogyakarta yang Unik

Ada cerita menarik di balik pemberian nama Pantai Indrayanti Yogyakarta ini. Nama Indrayanti diambil dari nama pemilik restoran yang terkenal di pantai ini. Berawal dari papan nama besar yang terpampang di restoran tersebut, kemudian pantai ini dikenal sebagai Pantai Indrayanti.

Pantai Indrayanti Yogyakarta

Padahal sebelumnya pantai ini telah mempunyai nama resmi yaitu Pantai Pulang Syawal. Namun nama Indrayanti lebih familier bagi wisatawan lokal maupun luar daerah, sehingga kini pantai tersebut lebih dikenal sebagai Pantai Indrayanti Yogyakarta.

Pantai Paling Romantis di Gunungkidul

Pantai Indrayanti Yogyakarta semakin meriah ketika malam hari. Pondok-pondok yang berjajar di tepi pantai dengan hiasan lampu berkelap-kelip menghiasi malam dan memberi kesan romantis bagi pengunjung. Suasana menyenangkan ini akan semakin lengkap kala bersantap malam bersama pasangan, keluarga, atau teman-teman di sekitar pantai. Diiringi suara debur ombak dan semilir angin laut, rasanya di tempat ini tak ada lagi yang akan Anda inginkan kecuali berlama-lama di sana.

Pantai Indrayanti Yogyakarta

Pantai ini juga menawarkan aneka kuliner yang lengkap dan menggugah selera. Selain sajian seafood, Anda pun dapat menikmati soto, gudeng, nasi goreng, dan bakso di tempat wisata ini. Dari warung hingga café dan restoran, semua ada di pantai ini. Penginapan dengan desain menghadap ke pantai juga dapat dijadikan pilihan untuk bermalam menikmati indahnya pantai di berbagai suasana.

Selain menikmati keindahan pantai, Anda juga dapat berjalan ke arah timur menuju perbukitan. Dengan memanjat batu karang itu, Anda bisa menyaksikan luasnya Samudera Hindia dari ketinggian. Ketika senja, tempat ini menjadi titik paling digemari untuk menatap matahari tenggelam.

Rute Menuju Lokasi

Jarak pusat kota Yogyakarta ke pantai ini kurang lebih 66 km atau sekitar dua jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Pantai ini berada di Dusun Ngasem, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya tak jauh dari Pantai Baron dan Pantai Krakal.

Rute yang dapat dilewati untuk menuju ke Pantai Indrayanti Yogyakarta cukup mudah. Dengan kendaraan pribadi, Anda bisa memulai perjalanan dari pusat kota Yogyakarta melewati Piyungan, Patuk, Sambipitu, hingga ke arah Wonosari. Dilanjutkan ke Tepus, sebelum masuk ke Pantai Baron, ambil arah timur ke Pantai Sundak, kemudian melewati Somandeng dan tibalah di Pantai Indrayanti. Tersedia papan petunjuk untuk sampai ke lokasi, sehingga Anda tidak perlu takut tersesat.

Harta Tiket Masuk dan Fasilitas

Harga tiket masuk cukup Rp10.000 per orang yang dibayarkan di pos retribusi. Dengan tiket tersebut Anda dapat mengunjungi pantai-pantai lain seperti Baron, Kukup, Sundak, dan Drini.

Fasilitas toilet dan kamar mandi tersedia. Begitu juga dengan musala dan tempat parkir yang nyaman. Soal keamanan, tidak perlu risau karena ada penjaga pantai yang siaga di lokasi.

Anda juga dapat menyewa jetski dan tempat bermain anak. Dikenakan tarif sekitar Rp250.000 untuk menyewa jetski selama 15 menit. Sementara sewa payung pantai Rp20.000 dan sewa gazebo atau pondok Rp30.000. Tarif ini masih tergolong murah dibandingkan tarif sewa fasilitas di tempat wisata daerah lain di Indonesia.

Pantai Indrayanti Yogyakarta selalu ramai dengan pengunjung di hari libur. Jika Anda menginginkan suasana yang agak tenang, sebaiknya datang di hari biasa. Di saat-saat tertentu, banyak terdapat ubur-ubur di pantai ini, sehingga harus berhati-hati ketika bermain di pantai.

Sangat penting untuk membawa kendaraan sendiri menuju Pantai Indrayanti Yogyakarta, karena lokasinya tidak terjangkau kendaraan umum. Apabila tidak membawa kendaraan pribadi, alternatifnya adalah menyewa. Kami menyediakan kendaraan roda dua untuk mempermudah perjalanan Anda. Dengan tarif yang terjangkau, kami tawarkan layanan terbaik lewat Jogja Rental Motor untuk petualangan Anda di Yogyakarta dan sekitarnya.