Select Page

Air terjun di tepi laut merupakan salah satu panorama alam yang langka di dunia. Pantai Jogan Yogyakarta yang lokasinya tersembunyi di balik perbukitan kapur Gunungkidul ternyata menyimpan keindahan alam ini.

Air terjun dengan ketinggian 10 meter ini bersumber dari sungai-sungai yang mengalir dari perbukitan karst di sebelah utara. Air terjun yang indah ini sayangnya hanya bisa disaksikan ketika musim hujan. Pada saat musim kemarau, debit air sungai kecil, sehingga tidak ada guyuran air yang deras dari atas tebing.

Air Terjun, Ciri Khas Pantai Jogan Yogyakarta yang Cantik

Air terjun Pantai Jogan Yogyakarta paling tepat dikunjungi ketika peralihan antara musim hujan ke musim kemarau. Menikmati guyuran air dari air terjun hanya bisa dilakukan dengan turun ke bawah.

Pantai Jogan Yogyakarta

Biasanya wisatawan akan menuruni tebing dengan cara rappeling ke bawah menggunakan peralatan panjat tebing seperti wibing, harness, dan carabiner. Ada juga yang turun dengan cara menapaki jalan yang licin dan basah. Terdapat kayu pegangan di sisi jalan ini, tetapi Anda harus berhati-hati karena curam dan licin. Di tempat ini, Anda akan menjumpai gerombolan kupu-kupu yang beterbangan dan bayi-bayi kepiting berwarna transparan yang hidup di lubang-lubang pada tebing karang.

Anda juga boleh berkemah di sekitar pantai dengan izin pengelola. Biasanya Anda hanya akan diminta menjaga kebersihan dan membuang sampah di tempat yang disediakan.

Serunya Canyoning di Air Terjun

Cara lain untuk menikmati keindahan air terjun yaitu dengan melakukan canyoning. Kegiatan ini merupakan olehraga outdoor mengarungi canyon atau tebing berair terjun dengan berjalan, memanjat, melompat, merayap, dan menuruni tebing dengan menggunakan tali. Sebelum melakukan aksi ini, pasang terlebih dahulu pengaman pada batu besar, batang pohon atau objek lain yang kokoh. Anda juga harus memakai perlengkapan keamanan lengkap seperti harness dan helm serta jaket atau keselamatan.

Pantai Jogan Yogyakarta

Olahraga ini sangat menegangkan dan memerlukan keterampilan tinggi, sehingga Anda perlu didampingi oleh instruktur atau pemanjat berpengalaman. Sensasi berpaut pada tali sambil merasakan terpaan air terjun tentu bisa memacu adrenalin sekaligus membuat ketagihan. Pakailah pakaian yang nyaman dan sesuai untuk berbasah-basahan ketika melakukan canyoning di Pantai Jogan ini.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Masuk ke Pantai Jogan Yogyakarta, dikenakan tiket sebesar Rp3.000 per orang termasuk akses ke Pantai Siung. Sementara tarif parkir Rp2.000 untuk kendaraan roda dua. Fasilitas di pantai ini masih terbatas hanya area parkir dan warung di sekitar pantai yang menyediakan makanan dan minuman.

Pantai ini masih sepi pengunjung sehingga fasilitas yang disediakan pun masih terbatas. Ada beberapa toilet dan kamar mandi sederhana yang bisa dimanfaatkan untuk mandi dan berganti baju. Warung-warung kecil yang menjual makanan kecil dan minuman juga ada di lokasi. Kalau Anda memerlukan makanan berat, sebaiknya membawa bekal atau memasak di lokasi dengan peralatan yang dibawa. Untuk Anda yang ingin bermalam, harus pergi ke penginapan atau hotel terdekat yang berada di kawasan Pantai Indrayanti.

Akses Menuju Pantai Jogan Yogyakarta

Pantai Jogan Yogyakarta berada di sebelah barat Pantai Siung. Jarak tempuh pantai ini dari pusat Kota Yogyakarta sekitar 70 km atau sekira 2 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Dari pos retribusi Pantai Siung, hanya berjarak 400 meter untuk sampai ke persimpangan menuju pantai ini. Selanjutnya tinggal mengikuti papan penunjuk arah sampai ke lokasi. Pantai ini berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Rute yang dapat dilalui dari Yogyakarta yaitu melewati Wonosari kemudian Tepus lalu masuk ke Purwodadi dan Pantai Jogan. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik bus jurusan Yogyakarta – Wonosari, kemudian dilanjutkan dengan angkutan jurusan Wonosari-Tepus. Untuk sampai ke Pantai Jogan dari Tepus bisa menggunakan jasa ojek.

Perjalanan menuju Pantai Jogan Yogyakarta tentunya lebih mudah dan cepat jika dilakukan dengan kendaraan pribadi. Jangan khawatir jika tidak membawa kendaraan sendiri, kami menyediakan jasa sewa kendaraan dengan harga dan layanan bersaing. Hubungi kami, Jogja Rental Motor yang akan melayani kebutuhan kendaraan untuk berkeliling Yogyakarta dan sekitarnya.