Select Page

Pantai Krakal Yogyakarta bisa dikatakan sebagai pantai yang paling dikenal di kawasan Gunungkidul. Namun promosi pantai ini tak semeriah yang dilakukan pada Pantai Indrayanti dan Pantai Baron. Meski demikian panti ini tak pernah kehabisan pengunjung karena keindahan alamnya yang sangat mempesona.

Hamparan pasir putih membentang dengan air laut yang jernih, dapat Anda jumpai di pantai ini. Di bibir pantai terdapat bebatuan karang yang dihuni ikan damselfish yang berwarna kuning dengan garis biru yang menjadi ciri khasnya.

Eksplorasi Tanpa Batas di Pantai Krakal Yogyakarta

Pantai Krakal Yogyakarta terbentuk dari proses alam yang terjadi selama bertahun-tahun. Kemunculan pantai dipercaya akibat peristiwa epirogenesis negatif atau pergerakan kerak bumi yang mengakibatkan naiknya daratan. Proses ini tak hanya menimbulkan garis pantai yang indah, namun juga bentang alam yang menawan di sekitar pantai.

Pantai Krakal Yogyakarta

Batu karang hitam yang besar menjadi pembatas antara  dengan pantai lain di sebelahnya. Batu ini dapat dinaiki sampai ke puncak, karena sudah dibuat jalan setapak yang mudah dilewati. Permukaan batu ditumbuhi bermacam-macam tanaman hijau yang sangat menarik untuk dijadikan spot berfoto.

Bermain pasir di Pantai Krakal Yogyakarta menjadi aktivitas wajib, terutama wisatawan yang membawa anak-anak. Anda juga dapat berjalan ke tengah laut melalui batu karang yang menyembul dari permukaan air seperti jembatan yang memanjang. Batu karang ini juga digunakan oleh nelayan sebagi tempat memancing.

Selain memancing, nelayan juga mencari ikan dengan cara menyelam. Salah satu ikan yang menjadi buruan di pantai ini adalah ikan umbal. Ikan ini hidup di peraiaran dekat pantai dan menempel di batu karang. Ikan umbal ini dijadikan makanan khas setempat yaitu rempeyek umbal yang rasanya sangat gurih.

Sepanjang jalan menuju pantai Anda dapat singgah ke warung-warung pinggir jalan yang menyediakan aneka kuliner seafood. Makanan laut yang mereka sajikan pastinya berasal dari bahan segar karena dekat dengan pantai.

Keindahan Pantai Krakal Yogyakarta semakin memukau ketika senja. Pemandangan matahari tenggelam menjadi pesona yang istimewa di pantai ini. Tak hanya itu, saat matahari terbit pun tidak kalah cantiknya, terlebih jika Anda datang sejak masih gelap.

Inilah Surga Surfing dan Snorkeling Yogyakarta

Berselancar di Pantai Krakal Yogyakarta adalah salah satu aktivitas favorit pengunjung. Tak jarang Anda bisa menjumpai wisatawan asing yang berselancar di pantai ini. Biasanya mereka akan mengambil titik permulaan di batuan karang untuk menanti ombak ganas menerjang.

Sayangnya aksi selancar di pantai ini tidak sesuai dilakukan oleh pemula karena kondisi lautan yang cukup berbahaya. Selain ombak ganas, dasar laut juga dipenuhi batu karang tajam. Lagipula tidak disediakan penyewaan papan selancar, sehingga pengunjung yang ingin melakukan kegiatan ini harus membawanya sendiri.

Pantai Krakal Yogyakarta

Kekayaan bawah laut juga dapat Anda saksikan di bawah air yang jernih dengan olahraga snorkeling. Keindahan terumbu karang dan aneka ragam biota laut pasti dapat membuat Anda terpesona. Perlengkapan snorkeling dapat disewa di tempat dengan harga Rp50.000.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Mengunjungi Pantai Krakal Yogyakarta, Anda hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp10.000 per orang. Tiket ini sudah termasuk akses ke Pantai Sundak, Pantai Kukup, dan Pantai Baron yang berada pada satu jalur.

Fasilitas lengkap sudah disediakan di pantai ini. Tempat parkit, toilet, tempat makan, tempat istirahat dapat dimanfaatkan dan kondisinya juga cukup terawat.

Jika ingin menginap, banyak terdapat penginapan tak jauh dari Pantai Krakal Yogyakarta. Dengan menginap di sini, Anda bisa menikmati suasana pantai dari matahari terbit hingga matahari tenggelam. Ingin menikmati seafood juga tidak sulit sebab banyak sekali tempat makan yang menyediakan menu ini di sekitar pantai.

Cara Menuju Pantai Krakal Yogyakarta

Pantai Krakal Yogyakarta berada di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Dari pusat kota Yogyakarta jarak tempuhnya sekitar 2,5 jam perjalanan. Jarak pantai ini sekitar 65 km dari Yogyakarta, dari Wonosari jaraknya hanya sekitar 21 km.

Dari Yogyakarta langsung saja melewati Wonosari kemudian Tanjungsari lalu ke Pantai Krakal. Terdapat papan tanda penunjuk jalan ke arah pantai, sehingga Anda dapat menemukannya dengan mudah.

Pesona Pantai Krakal Yogyakarta tentunya tak akan habis diceritakan di sini. Apabila Anda berencana mengunjungi kota Yogyakarta, kurang lengkap jika tidak singgah di pantai-pantainya yang indah. Kami menyediakan jasa sewa kendaraan bagi Anda dengan layanan memuaskan. Silakan hubungi kami di Jogja Rental Motor untuk mendapatkan servis terbaik dari kami.