Select Page

Datang ke Jogja dan ingin menikmati keindahan pantainya, maka Pantai Kukup adalah jawabannya. Pantai Kukup Jogja menyimpan pesona keindahan luar biasa dan juga beberapa hal menarik tersendiri yang tidak ditemukan di pantai lainnya. Pantai ini juga termasuk sebagai salah satu pantai di Jogja yang selalu ramai dikunjungi karena popularitasnya yang memang lumayan tinggi.

Berbagai Hal Menarik di Pantai Kukup Jogja

Garis Pantai Kukup tergolong tidak terlalu panjang akan tetapi keindahan dari pantai ini tidak kalah dengan pantai lainnya. Pantai ini diapit oleh tebing karang pada sisi-sisi sampingnya. Namun, yang menjadikan Pantai Kukup istimewa dan lebih unik adalah terdapatnya pulau karang yang terletak di sebelah timur pantai. Pulau tersebut bernama Jumino.

Pantai Kukup Jogja

Ada jembatan penghubung untuk menuju ke Jumino. Di pulau tersebut terdapat gardu pandang untuk menyaksikan keindahan dari Pantai Kukup dari sudut yang lebih tinggi. Jembatan hingga Jumino adalah spot terbaik para pengunjung Pantai Kukup Jogja untuk berfoto. Hal lain yang membuat Pantai Kukup begitu indah adalah terumbu karang karang yang bisa disaksikan dengan jelas ketika air pantai sedang surut.

Namun, berhati-hatilah ketika bermain air di pantai ini karena ada bulu babi maupun landak laut yang bisa melukai Anda. Di bagian barat Pantai Kukup ada beberapa gua karang yang tidak jarang jadi spot bermain para wisatawan. Bahkan juga beberapa gua karang tersebut digenangi oleh air laut serta dihidupi oleh biota-biota laut yang lucu dan indah.

Pantai Kukup Jogja punya pasir yang putih dan air lautnya yang jernih. Tidak heran kalau saat surut, para biota laut bisa dilihat dengan lebih mudah. Keindahan pantainya yang begitu mengagumkan menjadikan para wisatawan betah duduk santai di tepian. Angin sepoi-sepoi semakin menambah kenyamanan dalam menikmati keindahan pantai dari tepian.

Pantai Kukup Jogja

Kalau ingin bersantai di pinggiran pantai tapi takut kepanasan, jangan khawatir, ada patung-payung besar dan lengkap dengan alas yang bisa anda tempati untuk berteduh. Datanglah menjelang matahari terbit ataupun terbenam, maka keindahan sunrise dan sunset di Pantai Kukup Jogja jadi bonusnya.

Fasilitas Pelengkap

Pantai Kukup sudah menyediakan beberapa fasilitas pelengkap agar para pengunjungnya semakin betah berlama-lama. Diantaranya musala, tempat parkir, hingga toilet.

Kalau lapar, tidak perlu khawatir karena Anda tinggal menuju ke beberapa warung makan di sekitaran Pantai Kukup Jogja. Tersedia aneka kuliner seafood maupun kuliner khas Kota Gudeg. Puas berjalan-jalan dan bermain-main di pantai, silahkan menuju toko souvenir yang juga ada di kawasan pantai untuk membeli beberapa oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Ada cukup banyak pedagang souvenir di sepanjang jalan menuju Pantai Kukup.

Tidak ketinggalan juga fasilitas penginapan bisa Anda temukan dengan mudah tak jauh dari Pantai Kukup. Mulai dari yang sederhana sampai dengan mewah bisa dijumpai. Jadi, jika ingin lebih mudah datang pagi ke Pantai Kukup untuk menikmati keindahan sunrise, menginap di salah satu penginapan yang tak jauh dari pantai bisa jadi solusi terbaiknya.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Kukup dibanderol hanya Rp10.000 saja dan itu sudah termasuk bisa menuju ke beberapa pantai lainnya yang berdekatan dengan Pantai Kukup. Harga yang sangat terjangkau bukan? Anda hanya perlu menyiapkan dana lebih untuk menginap maupun menikmati kelezatan berbagai hidangan di pantai ini.

Lokasi dan Akses

Lokasi tepatnya Pantai Kukup ada di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul yang jaraknya dari pusat kota kurang lebih adalah 62 kilometer. Akses menuju ke sana lumayan baik, hanya saja semakin mendekati lokasi pantai, jalannya agak sempit dan perlu berhati-hati jika datang menggunakan kendaraan roda empat.

Nah, kalau ingin lebih mudah menuju ke Pantai Kukup Jogja, silahkan menyewa motor di Jogja Rental Motor. Rute perjalanan menuju Pantai Kukup perlu dilalui dengan perjalanan ke Wonosari yang jaraknya dari pusat Kota Jogja sekitar 40 kilometer. Setelah dari Wonosari, baru melanjutkan perjalanan ke arah Selatan menuju Pantai Kukup berjarak kurang lebih 22 kilometer. Sudah siap berangkat?