Select Page

Pantai Ngandong Yogyakarta berlokasi di sebelah barat Pantai Sundak atau di sebelah timur Pantai Sadrananan dan Pantai Krakal. Lokasi tepatnya di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Aktivitas yang dilakukan wisatawan di sini umumnya memancing ataupun melakukan susur pantai ke wilayah pantai di sekitarnya. Pantai ini tidak terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan sehingga sangat sesuai untuk Anda yang ingin menepi sejenak dari keramaian.

Pantai Ngandong Yogyakarta mempunyai tempat pelelangan ikan, rumah singgah komunitas roader Crab Resort. Pada waktu-waktu tertentu pantai ini ramai oleh offroader yang mempertontonkan keliahaian mereka bergerak di medan berpasir hingga ke bibir pantai. Kehadiran mereka bisa menjadi hiburan bagi pengunjung dengan aksi-aksi mendebarkan.

Mandi Air Laut, Berlayar, dan Memancing di Pantai Ngandong Yogyakarta

Selain mempunyai pasir putih yang halus, keistimewaan pantai ini ada pada arus air yang tenang dan pantai yang landai. Pantai ini sangat sesuai untuk bermain air terutama anak-anak. Namun Anda tetap perlu waspada dan tidak berenang sampai ke tengah.

Pantai Ngandong Yogyakarta

Anda juga dapat menyewa perahu nelayan untuk berlayar hingga ke tengah lautan. Tempat tersebut merupakan lokasi nelayan mencari ikan sehingga banyak yang menyewakan perahunya ketika tidak digunakan untuk melaut. Nelayan yang membawa perahu dapat menunjukkan tempat-tempat menakjubkan di tengah laut. Misalnya sumber air tawar yang keluar dari dalam lautan bagai air mendidih, dan pemandangan pantai sepanjang pesisir selatan. Di atas perahu tentunya Anda bisa merasakan sapuan angin laut dan percikan air yang tak akan dirasakan bila berada di darat saja.

Spot Terbaik Menunggu Matahari Tenggelam

Di perbukitan sekitar pantai, Anda juga dapat melakukan pendakian untuk melihat panorama alam dari ketinggian. Lokasi ini biasa menjadi spot favorit pengunjung untuk menyaksikan matahari tenggelam di sela-sela perbukitan.

Bagi wisatawan yang ingin bermalam, ada penginapan di sekitar pantai dengan fasilitas kamar yang nyaman dan ber-AC. Dari penginapan ini, Anda bisa melihat aktivitas warga dan keindahan pantai dari dalam kamar.

Pantai Ngandong Yogyakarta

Pemandangan matahari di Pantai Ngandong Yogyakarta sangat sempurna karena pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Indahnya cahaya keemasan yang menyapu pasir putih di kala senja tentunya dapat menenangkan jiwa.

Jika ingin menikmati matahari tenggelam di Pantai Ngandong Yogyakarta ini, pastikan dulu kondisi cuaca agar tidak kecewa setelah sampai di lokasi. Bawa juga perlengkapan fotografi yang memadai untuk mengabadikan gambar lanskap pantai dan dokumentasi aktivitas Andai di tempat wisata ini.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Fasilitas umum yang memadai tersedia di tempat wisata ini seperti tempat parkir, musala, dan kamar mandi. Jika lapar, Anda bisa singgah ke warung-warung yang menjajakan makan dan minuman di sekitar pantai.

Untuk masuk ke area Pantai Ngandong Yogyakarta hanya dikenakan tiket sebesar Rp10.000 termasuk akses ke pantai-pantai lain yang satu kawasan.

Akses Menuju Lokasi Pantai Ngandong Yogyakarta

Dari pusat kota Yogyakarta Anda dapat mengikuti rute lewat Piyungan – Patuk – Sambipitu kemudian menuju Playen – Paliyan – Saptosari. Lalu sebelum masuk ke kawasan Pantai Baron ikuti jalan aspal hingga menemukan pintu masuk Pantai Sundak dilanjutkan ke Pantai Ngandong.

Perjalanan menuju pantai ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar dua jam. Sepanjang perjalanan setelah memasuki Gunungkidul, Anda dapat menikmati pemandangan bukit kapur yang indah. Menggunakan kendaraan umum, Anda juga bisa sampai ke lokasi ini dengan menaiki bus hingga ke terminal Gunungkidul dilanjutkan dengan ojek.

Dari pos retribusi, jarak Pantai Ngandong Yogyakarta sekitar 8 km. Menuju lokasi ini Anda dapat memarkir kendaraan di Pantai Sundak, dilanjutkan berjalan kaki sejauh 200 meter melewati jalanan yang berbatu. Disarankan Anda memakai alas kaki yang aman untuk menghindari terpeleset, terlebih ketika musim hujan.

Itulah informasi tentang wisata ke Pantai Ngandong Yogyakarta. Apabila Anda memerlukan kendaraan untuk mengeksplorasi pantai dan kawasan sekitarnya, hubungi Jogja Rental Motor. Sebagai penyedia jasa sewa motor tepercaya di Yogyakarta, kami pastikan layanan paling memuaskan untuk Anda.