Select Page

Pantai Nglambor Yogyakarta berada di teluk yang dipagari oleh dua bukit karang besar. Pantai ini berbentuk seperti laguna kecil, sehingga memiliki arus air yang tenang, tidak seperti garis pantai yang menghadap ke laut lepas.

Medan yang harus dilalui untuk sampai ke pantai dari area parkir agak curam, sehingga tidak disarankan turun dengan kendaraan bermotor. Terutama bagi yang kurang berpengalaman atau kondisi kendaraan tidak memungkinkan. Berjalan kaki bisa menjadi pilihan sembari menikmati udara segar dan keindahan kawasan tersebut.

Salah satu daya tarik pantai ini ada pada jembatan gantung yang menghubungkan pantai dengan Pulau Nglambor. Seperti di pantai yang lain, bermain pasir pun jadi kegiatan yang wajib dilakukan.

Di pantai ini, masyarakat setempat secara berkala melakukan upacara sedekah laut yang disebut “Ngalangi.” Prosesi ini berupa penangkapan ikan di Pantai Nglambor Yogyakarta yang dilakukan sekali dalam setahun. Masyarakat secara bersama-sama menangkap ikan dengan menggunakan gawar atau jaring dari akar pohon wawar.

Menikmati Keindahan Akuarium Alam di Pantai Nglambor Yogyakarta

Pantai Nglambor Yogyakarta adalah salah satu lokasi favorit ber-snorkeling di Gunungkidul. Kekayaan terumbu karang dan biota laut menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Air laut yang sangat jernih membuat Pantai Nglambor ini sangat sesuai untuk melakukan aktivitas snorkeling. Ada dua buah batu karang besar yang berada di mulut pantai yaitu watu kuntul dan watu kalong. Karang tersebut berfungsi menghalangi pantai dari terjangan ombak ganas laut selatan.

Pantai Nglambor Yogyakarta

Snorkeling hanya bisa dilakukan jika ketinggian air laut dalam paras sedang. Jika sedang surut tentunya aktivitas ini tak dapat dilakukan. Demikian juga jika ombak sedang tinggi dan kuat. Biasanya pengelola akan mengamati kondisi air laut dan ombak terlebih dahulu sebelum memandu wisatawan yang akan melakukan snorkeling.

Ada banyak terumbu karang yang bisa dilihat di perairan Pantai Nglambor Yogyakarta. Di dalamnya berbagai jenis ikan yang indah dan menarik bisa Anda saksikan antara lain ikan trigger, blue devil, dan morish idol.

Pantai Nglambor Yogyakarta

Dengan menyewa peralatan snorkeling Anda pun akan mendapatkan foto di bawah laut sebayak tiga frame. Jasa pemotretan bawah air ini pun menjadi pemikat bagi wisatawan yang ingin fotonya eksis di media sosial. Waktu yang tepat untuk melakukan snorkeling sebaiknya di hari biasa, sebab di akhir pekan atau hari libur jumlah pengunjung selalu membludak dan mengganggu kenyamanan.

Harga Tiket dan Fasilitas yang Tersedia

Untuk berwisata di Pantai Nglambor Yogyakarta, Anda harus membayar tiket di pos retribusi Pantai Siung sebesar Rp6.000. Sedangkan parkir kendaraan roda dua Rp2.000 dan parkir mobil Rp5.000. Sementara untuk menyewa peralatan snorkeling, dikenakan biaya antara Rp50.000 hingga Rp75.000.

Sewa perlengkapan snorkeling sudah termasuk minuman ringan, penitipan barang, ruang ganti, foto di bawah laut, dan pemandu. Ada dua penyedia sewa perlengkapan snorkeling yaitu Pokdarwis Nglambor Lestari dan Bintang Nglambor Snorkeling (BNS). Keduanya dapat Anda hubungi sebelum berkunjung ke lokasi untuk informasi dan booking.

Tips Wisata ke Pantai Nglambor Yogyakarta

  • Anda disarankan memakai sandal trekking yang nyaman dengan sol anti selip karena jalan menuju pantai masih berupa tanah berbatu dan licin pada kondisi selepas hujan.
  • Bawalah topi dan kacamata hitam untuk melindungi diri dari sengatan sinar matahari yang menyilaukan.
  • Sebaiknya membawa baju renang atau baju ganti, sebab di pantai ini belum ada penyewaan baju renang atau tempat yang menjual pakaian.
  • Lakukan snorkeling pada pagi hari atau sore agar Anda dapat melihat kedalaman laut dengan jelas. Pada waktu ini cuaca juga belum terlalu panas. Hati-hati ketika melakukan snorkeling, karena ombak dapat menerjang dengan tiba-tiba.

Cara Menuju ke Lokasi

Lokasi Pantai Nglambor ada di Dusun Ngandong, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Cara menuju ke Pantai Nglambor Yogyakarta dapat dilakukan dengan mengikuti rute Yogyakarta menuju Wonosari kemudian lanjut ke Pantai Nglambor mengikuti papan petunjuk arah yang ada.

Akses kendaraan umum ke pantai ini terbatas hanya sampai ke Wonosari. Sebaiknya Anda datang ke Pantai Nglambor Yogyakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi. Namun, Anda dapat memanfaatkan layanan sewa motor kami di Jogja Rental Motor. Kami menawarkan paket sewa kendaraan dengan tarif bersahabat dan servis yang memuaskan.