Select Page

Sudah tidak bisa dimungkiri lagi kalau Jogja punya keindahan alam yang tak pernah ada habisnya. Nah, salah satunya adalah Pantai Ngobaran. Pantai Ngobaran Jogja identik sebagai pantai yang kental dengan nilai kebudayaan. Karena kawasan pantai ini menjadi tempat ritual salah satu agama.

Sejarah dan Pesona Pantai Ngobaran Jogja

Pantai Ngobran mempunyai catatan sejarah yang menarik jika dikaitkan dengan Prabu Brawijaya V. Prabu Brawijaya V ini merupakan keturunan terakhir Kerajaan Majapahit yang melarikan diri dari istana bersama dengan dua istrinya, yakni Bondang Surati serta Dewi Lowati. Hal ini terjadi karena beliau menolah untuk diajak menjadi muslim oleh putranya, Raden Patah.

Pantai Ngobaran Jogja

Peristiwa melarikan diri tersebut pada akhirnya berhenti di pantai ini karena sang raja menemui jalan buntu. Akhirnya beliau pun memutuskan untuk lebih baik membakar dirinya saja. Akan tetapi sebelum itu, beliau melontarkan pertanyaan kepada kedua istrinya yang diajak. Beliau bertanya sebesar apa cinta Dewi Lowati dan Bondan Surati kepada Prabu Brawijaya V.

Setelah mendapatkan jawabannya, Prabu Brawijaya V pun memilih untuk mengajak Dewi Lowati masuk ke dalam api yang membara karena menilai rasa cinta Dewi Lowati lebih besar dibandingkan dengan Bondan Surati. Peristiwa masuk ke dalam kobaran api tersebut menjadikan tempat ini pun kemudian dinamai sebagai Ngobaran yang berasal dari kata kobong dalam bahasa Jawa.

Kebenaran cerita asal-usul Pantai Ngobaran Jogja tersebut masih belum dapat dipastikan. Karena ada juga keterangan dari warga setempat yang konon katanya ada warga yang tahu kejadian itu dan yang masuk ke dalam kobaran api bukanlah Prabu Brawijaya V dan istrinya, melainkan anjing. Pendapat tersebut juga didukung dengan ditemukannya petilasan berupa tulang anjing, bukan tulang manusia.

Apa Saja yang Ada di Pantai Ngobaran Jogja?

Terlepas dari cerita asal-usulnya, Pantai Ngobaran menyimpan keindahan dan keunikan tersendiri. Terdapat tempat beribadatan di Pantai Ngobaran seperti masjid yang ada bersebelahan dengan pura. Keduanya dibangun menghadap ke arah laut, dan ada juga tempat ibadah masyarakat kejawen.

Pantai Ngobaran Jogja

Kejawen sendiri adalah aliran kepercayaan peninggalan dari Prabu Brawijaya V. Di kawasan Pantai Ngobaran Jogja juga ada beberapa arca yang kerap kali dipakai menjadi lokasi upacara keagamaan. Berdasarkan cerita asal-usulnya tadi, masyarakat yang menganut aliran kejawen sering melaksanakan ritual di kawasan Pantai Ngobaran.

Kawasan pantai ini juga dijadikan sebagai tempat pelaksanaan upacara Galungan setiap bulan purnama oleh para umat beragama Hindu serta juga upacara Melasti yang jadi bagian dari rangkaian upacara Nyepi. Dengan seringnya dilaksanakan ritual dan upacara keagamaan di sini, tidak heran kalau suasana yang cukup mistis akan dirasakan sejak awal memasuki kawasan Pantai Ngobaran Jogja.

Tidak jauh dari Pura yang ada di sini, terdapat prasasti Ikrar Ksatria dan juga ada beberapa patung yang jadi lambang kekuatan hati. Selain itu, jalan menuju pura tersebut juga terdapat patung Garuda Wisnu Kencana yang tepat menghadap ke arah pantai. Sedangkan di bagian timur dan barat, berjajar bebatuan pantai yang memberikan nilai tambah keindahan di tempat ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngobaran

Harga tiket masuk Pantai Ngobaran Jogja hanya Rp3.000 sebagai tiket masuknya ditambah dengan biaya parkir. Sangat murah bukan? Pastinya pantai ini jadi pilihan destinasi wisata alam yang tak perlu sampai membuat kantong kering.

Lokasi dan Akses

Lokasi Pantai Ngobaran adalah di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunung Kidul, Jogja. Akses jalan sudah cukup memadahi. Akan tetapi, kalau masalah transportasi menuju ke sana, pilihan terbaik adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jika datang ke Jogja tidak dengan kendaraan pribadi, kami Jogja Rental Motor menyediakan solusinya. Layanan sewa motor di Jogja untuk perjalanan ke Pantai Ngobaran akan membuatnya jadi lebih mudah.

Sementara itu, untuk rute perjalanan menuju ke Pantai Ngobaran Jogja bisa dimulai dari pusat Kota Jogja menuju ke Lanud Gading. Kemudian ke pertigaan Gading belok ke kanan menuju Playen. Setelah itu lanjutkan perjalanan ke Paliyan, Trowono hingga Saptosari dan sampai di Pantai Ngobaran. Atau bisa juga dari pusat Kota Jogja menuju ke Wonosari, Paliyan, Trowono dan sampai di Pantai Ngobaran. Selamat berlibur.