Select Page

Saptosari adalah salah satu kecamatan di Gunungkidul. Daerah ini kerap kali diidentikkan sebagai daerah pegunungan kapur yang selalu mengalami kekeringan ketika kemarau tiba. Akan tetapi ternyata daerah satu ini menyimpan beberapa pantai indah yang memukau. Salah satu pantai yang ada di Saptosari adalah Pantai Ngrenehan. Pantai Ngrenehan Jogja merupakan bagian dari keindahan Gunungkidul yang sayangnya sedikit tersembunyi.

Asal Mula Nama dan Sejarah Pantai Ngrenehan

Berdasarkan informasi catatan sejarah yang berkembang, nama dari Pantai Ngrenehan merupakan pemberian dari Raden Fatah. Konon, suatu ketika Raden Fatah singgah di tempat ini untuk mencari ayahnya, Prabu Brawijaya V bersama dua istrinya, Dewi Lowati dan Bondang Surati. Mereka melarikan diri lantaran tidak ingin jadi muslim. Sayangnya perjuangannya tersebut tidak berhasil.

Pantai Ngrenehan jogja

Karena kejadian tersebut, maka munculah istilah kata ajakan yaitu “reneh” dalam bahasa Jawa yang apabila diartikan ke Bahasa Indonesia berarti “sini” dan kemudian masyarakat setempat menyebut Ngrenehan untuk mengenang kedatangan sang raja ke tempat ini. Pada akhirnya kini pun tempat ini dikenal sebagai Pantai Ngrenehan Jogja yang mulai perlahan dikenal semakin banyak oleh para wisatawan.

Hal Menarik dari Pantai Ngrenehan

Meskipun popularitas Pantai Ngrenahan tidak terlalu tinggi, namun ada banyak keseruan yang bisa dilakukan saat berwisata di sini. Suasana yang klasik dengan nuansa alam begitu asri akan dapat dirasakan setiap pengunjung. Ditambah dengan adanya tebing-tebing tinggi yang mengelilingi pantai dan pepohonan hijau di sekitar. Pasir pantai yang putih sangat cocok untuk jadi tempat santai menikmati keindahan deburan ombak laut.

Posisi pantai yang berada di mulut teluk membuat ombak laut tidak terlalu ganas. Oleh sebab itulah, aktivitas menarik seperti berenang dan bermain air di Pantai Ngrenehan Jogja relatif aman. Setelah letih berenang di pantai, santai sejenak sambil menikmati beberapa makanan dan kelapa muda akan menambah keseruan di tepi pantai.

Menariknya lagi di Pantai Ngrenehan terdapat banyak pilihan kuliner seafood. Hal ini karena memang sebagian besar masyarakat di sekitar pantai adalah nelayan. Tidak sedikit nelayan yang langsung menjual ikan hasil tangkapannya di tempat pelelahangan ikan yang tak jauh dari Pantai Ngrenehan.

Pantai Ngrenehan jogja

Apabila beruntung, Anda bisa membeli ikan langsung di sini yang pastinya dengan harga jauh lebih terjangkau. Selain dijual langsung, ikan hasil tangkapan nelayan sekitar ada juga sebagian yang dijual dalam sajian masakan seafood bercita rasa lezat yang pastinya tak boleh terlewat dicicipi ketika berkunjung ke Pantai Ngrenehan Jogja.

Salah satu kuliner seafood yang direkomendasikan di sini adalah Ikan Goreng Bumbu Sambal Hijau. Kuliner yang satu ini punya cita rasa pedas gurih. Apalagi ikannya yang segar memberikan nilai tambah lagi pada kelezatan kuliner ini. Menikmati kuliner seafood yang lezat dengan menghadap ke arah hamparan pantai yang begitu indah dengan kejernihan air serta pasirnya yang putih tentu merupakan sebuah pengalaman yang sangat menarik saat berada di Pantai Ngrenehan.

Fasilitas dan Harga Tiker Masuk Pantai Ngrenehan

Fasilitas yang ada di Pantai Ngrenehan Jogja tergolong umum cukup menunjang kenyamanan para pengunjungnya. Sudah ada musala, penjual makanan dan minuman, lahan parkir, sampai dengan toilet.

Tidak perlu menyiapkan dana yang besar untuk berwisata ke Pantai Ngrenehan. Karena harga tiket masuknya hanya Rp3.000 saja per orang. Ditambah dengan biaya parkir sebesar Rp3.000 untuk motor, Rp5.000 untuk mobil dan Rp15.000 untuk bus.

Lokasi dan Akses

Pantai Ngrenehan terletak di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Jogja. Akses jalan menuju ke sana yang tidak terlalu sulit karena jalanan sudah beraspal dan juga banyak petunjuk jalan. Hanya saja karena letaknya yang agak tersembunyi menjadikan tidak ada transportasi umum yang melewati jalan menuju Pantai Ngrenehan. Tidak perlu khawatir, kami punya solusi untuk Anda.

Layanan sewa motor Jogja, JRM menyediakan banyak pilihan unit motor untuk memudahkan Anda menuju Pantai Ngrenehan Jogja. Selain harga sewa yang bersaing, kemudahan transaksi adalah salah satu fitur unggulan kami. Cukup dengan tanda pengenal dan SIM, Anda sudah bisa menyewa motor di tempat kami. Buktikan saja