Select Page

Gunungkidul memang menjadi pusatnya destinasi wisata alam Jogja. Bagaimana tidak, di Gunungkidul ada begitu banyak obyek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, termasuk tentu adalah pantai. Salah satu pantai di Gunungkidul yang indah adalah Pantai Nguyahan. Nama Pantai Nguyahan Jogja memang belum terlalu dikenal luas oleh wisatawan yang berkunjung ke Kota Gudeg. Namun pantai ini punya nilai keindahan yang patut diacungi jempol.

Sejarah Nama Pantai Nguyahan Jogja

Pada era kependudukan Belanda dulu, Pantai Nguyahan ini dijadikan sebagai tempat untuk memproduksi garam secara tradisional. Garam dalam bahasa Jawa adalah uyah dan itu lah yang menjadikan pantai ini dinamai sebagai Nguyahan karena dulunya merupakan tempat pembuatan uyah.

Pantai Nguyahan Jogja

Tempat pembuatan garam di sini dulunya dikenal sebagai yang terbaik. Salah satu keunikan catatan sejarah dari Pantai Nguyahan Jogja ini adalah tidak banyak menyimpan aroma mistis, berbeda dengan beberapa pantai yang ada di pesisir selatan lainnya. Pantai Nguyahan bisa dikategorikan sebagai salah satu pantai tersembunyi di Jogja. Hal ini pun bisa dilihat dari tempatnya yang diapit oleh pegunungan tinggi di sekitar.

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam dan belari dari keramaian kota, maka Pantai Nguyahan Jogja adalah tujuan yang tepat untuk dipilih. Pantai yang memang belum terlalu ramai pengunjung ini sekarang masih dalam proses perkembangan satu demi satu untuk menjadi bagian destinasi wisata favorit wisatawan yang datang ke Kota Gudeg. Hal ini dibuktikan dengan beberapa fasilitas pendukung yang sudah mulai disediakan.

Keindahan dan Pesona Pantai Nguyahan Jogja

Kebersihan pantai yang sangat kental dengan suasana asri dan alami ini akan jadi suguhan utama pengunjung Pantai Nguyahan Jogja. Pantai Nguyahan diapit oleh tebing karang pada sisi kanan dan kiri yang menambah kesan eksotis. Pantai yang berlokasi dekat dengan Pantai Ngobaran ini menawarkan berbagai kegiatan menarik. Saat air laut sedang pasang, kegiatan paling seru yang bisa dilakukan adalah bersantai di pinggir pantai sembari menikmati kesegaran kelapa muda dan tentunya juga menyaksikan keindahan hamparan air laut yang hijau kebiruan. Bermain pasir pun tidak kalah serunya.

Pantai Nguyahan Jogja

Nah, kalau air sedang surut, silahkan untuk berenang dan bermain di tepian pantai. Ada bonus keindahan yang bisa disaksikan oleh para pengunjung Pantai Nguyahan Jogja jika air laut sedang surut. Pengunjung dapat menjumpai hamparan rumput laut maupun terumbu karang di lautan Pantai Nguyahan. Tak hanya itu, beberapa ikan kecil yang cantik pun bisa disaksikan.

Belum sampai di situ saja, pengunjung Pantai Nguyahan juga bisa menyaksikan kegiatan menarik penduduk yang tengah mengumpulkan suket paris, yang mana kegiatan tersebut hanya dilakukan saat air laut sedang surut saja. Ini akan jadi nilai tambah tersendiri jika Anda datang bertepatan dengan air laut yang tengah surut.

Fasilitas Pendukung

Untuk semakin menunjang kenyamanan para pengunjung, Pantai Nguyahan Jogja sudah menyediakan beberapa fasilitas pendukung selama masa perkembangannya sampai sekarang. Beberapa fasilita pendukung tersebut adalah area parkir kendaraan, Mushollah, area camping, kios makan dan minum, sampai dengan toilet.

Harga Tiket dan Jam Buka

Pantai Nguyahan adalah tujuan wisata yang tidak menghabiskan biaya. Anda hanya perlu membayar tiket masuk senilai Rp5.000 saja. Sedangkan untuk jam bukanya sendiri adalah sejak pukul 09.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Lokasi dan Akses

Pantai Nguyahan lebih tepatnya berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul, Jogja. Untuk akses menuju ke sana, jika dari Bantul, silahkan menuju ke Patuk, Gading serta belok menuju Playen di arah kanan. Baru sampai di Paliyan, akan dijumpai Pasar Trowono, Kanigoro dan tak jauh sudah sampai di Pantai Nguyahan.

Akses paling mudah menuju ke Pantai Nguyahan Jogja adalah dengan menggunakan motor. Karena jika menggunakan transportasi umum seperti bus, Anda perlu turun di terminal bus kota Gunungkidul untuk kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan ojek. Jogja Rental Motor juga menyediakan motor yang siap untuk Anda sewa sebagai transportasi menuju ke Pantai Nguyahan. Tarif sewa motor yang kami siapkan tak akan membuat kantong kering. Jangan lewatkan juga ulasan tentang Museum di Jogja yang menarik dikunjungi.