Select Page

Mengunjungi Yogyakarta, tanpa singgah di pantai terpopulernya pastilah liburan akan terasa kurang. Salah satu pantai tersebut adalah Pantai Parangtritis Jogja. Bukan hanya wisatawan lokal saja yang datang, turis pun dapat dengan mudah ditemukan di sini. Mereka semua pasti terpikat dengan keindahan pantai ini.

Menikmati Suasana Pantai Parangtritis Jogja

Pantai Parangtritis jogja

Ada banyak daya pikat dan berbagai kegiatan ditawarkan Pantai Parangtritis. Pantai ini memang sangat berbahaya untuk berenang, karena ombak pantai selatan memang terkenal galak. Tetapi, ada berbagai aktivitas yang dapat dilakukan dari yang romantis sampai seru. Salah satunya adalah menyusuri bibir pantai. Jika Anda ingin merasakan aroma romantis Anda dapat menyusurinya dengan berkuda, apalagi jika berdua bersama pasangan. Sedangkan, jika Anda ingin merasakan keseruan, menyusuri bibir pantai menggunkan ATV bisa jadi pilihan.

Menikmati Keindahan Pantai dari Ketinggian dan Udara

Memiliki adrenalin yang kuat, Anda dapat mencoba olahraga paralayang. Anda akan dibawa terbang dari atas bukit Paralayang Parangtritis. Menikmati udara, langit cerah, dan tentu Pantai Parangtritis dari ketinggian. Indah sekali.

Senja yang Romantis dan Memikat

Pantai Parangtritis jogja

Bali punya Pantai Kuta sebagai tempat menunggu senja. Jogja memiliki Pantai Parangtritis untuk menanti senja yang tak kalah memikat. Sebuah spot favorit menikmati senja di pantai ini berada di atas Bukti Parangndog, yang merupakan landasan paralayang. Perjalanan untuk medaki pantai ini pasti akan terbayar lebih sesampainya Anda mata Anda memeluk senja yang hadir.

Lokasi dan Rute ke Pantai Parangtritis Jogja

Pantai terpopuler di Yogyakarta ini berada di Desa Parangtritis, masuk ke dalam Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya yang tidak jauh dari Malioboro sekitar 29,3 kilometer, dan keindahan nan penuh misteri mampu menyedot pengunjung hingga rela menempuh waktu sekitar 1 jam 1 menit. Itu pun kalau jalan dalam keadaan lancar tanpa macet.

Ada dua rute yang dapat digunakan jika berangkat dari pusat kota, khususnya dari Malioboro. Rute pertama melalui Jalur Parangtritis. Awali perjalanan dari Malioboro ke arah selatan ke Jalan Dagen, kira-kira sepertempat kilometer akan ditemukan persimpangan, beloklah ke kiri ke Jalan Suryatmajan. Selanjutnya arahkan ke Jalan Mayor Suryotomo dengan belok ke kanan. Lurus terus hingga sampai di Jalan Brigen Jendral Katamso, kemudian belok kiri ke Jalan Brigen Katamso.

Lurus terus hingga Jalan Prangtritis. Sekitar 2,5 kilometer perjalanan akan ada persimpangan, belok ke kiri dan jalan sedikit lagi, dan sampailah di Pantai Paragtritis.

Sedangkan rute kedua melalui Imogiri. Perjalanan sama dengan rute pertama, namun ketika sampai di Jalan Brigen Katamso, ambil jalan ke kiri ke Jalan Kolonel Sugiyono lanjutkan dengan belok ke kanan ke Jalan Sisingamangaraja. Lurus dan sampailah ke Imogiri Barat, lanjut belok kanan ke Jalan Bakulan Imogiri. Belok kiri menuju Jalan Parangtritis. Belok kanan ke Jalan Pantai Parangkusumo, setengah meter ada satu belokan lagi Anda belok ke kiri. Luruslah sampai menemukan Pantai Parangtritis.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Harga tiket yang super murah hanya Rp3.000 per orang, pastilah menjadi salah satu alasan tempat ini begitu populer dikunjungi. Apalagi, Anda dapat melihat sunset maupun sunrice sebab jam buka pantai ini 24 jam, setiap hari, Senin sampai Minggu. Ditambah lagi, berbagai fasilitas pendukung yang begitu lengkap. Dari mulai fasilitas strandart seperti toilet, tempat parkir, tempat ibadah, dan warung makan dengan berbagai menu olahan laut yang enak.

Terdapat juga fasilitas pendukung lainnya. Mulai penyewaan kuda, menyewa ATV, bahkan Anda dapat bermain paralayang, lho. Yang terpenting jika Anda ingin menikmati lebih lama pantai misterius nan memikat ini, Anda dapat menginap di berbagai pilihan penginapan dan hotel di sekitar pantai. Penginapan tersebut memiliki daftar harga yang berbeda dari mulai mahal sampai murah. Cukup disesuaikan dengan keadaan kantong Anda.

Sudah bisa membayangkan bagaimana liburan Anda di Pantai Parangtritis Jogja sekarang? Agar perjalanan lebih tertata, penting sekali untuk menyiapkan berbagai keperluan liburan Anda, termasuk kendaraan. Jika Anda membutuhkan kendaraan dengan harga terjangkau namun kualitas tetap nomor 1, kami Jogja Rental Motor siap membantu. Sebagai salah satu jasa sewa motor terbaik di Jogja kami akan menyediakan kendaraan terbaik untuk liburan Anda menjelajahi Jogja.